Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Dan Macam-Macam Tenaga Eksogen

Pengertian Dan Macam-Macam Tenaga Eksogen – Selamat siang readers, apa kabarnya nih?

Semoga baik- baik saja yha! Mengenai tenaga eksogen tentunya asyik untuk dibahas yha.

Tapi readers tahu nggak apa itu tenaga eksogen, terus macamnya apa saja?

Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini.

Karena pada kesempatan kali ini, informasi yang akan dibahas yaitu mengenai tenaga eksogen.

Baca juga : Pengertian, Ciri, Struktur dan Karakteristik Saturnus

Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Apa yang dimaksud dengan tenaga eksogen?

Tenaga eksogen biasa disebut dengan tenaga yang berasal dari luar bumi. Tenaga ini memiliki sifat yaitu merusak.

Perubahan yang dilakukan oleh tenaga eksogen ini terhadap permukaan bumi disebut dengan istilah geomorfi.

Tenaga eksogen dapat bersumber dari atmosfer (perubahan suhu maupun temperatur), air, gerakan ar, hujan, hempasan gelombang laut, aktivitas makhluk hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan), dll.

Apa saja macam dari tektonisme?

  1. Pelapukan

Yang dimaksud dengan pelapukan yaitu suatu proses penghancuran batuan yang disebabkan oleh tenaga eksogen. Pelapukan dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:

  • Pelapukan fisis. Yaitu proses pelapukan yang disebabkan oleh tenaga-tenaga fisis. Tenaga fisis yang mengakibatkan pelapukan yaitu suhu. Dengan adanya tenaga fisis ini batuan akan menjadi hancur.
  • Pelapukan kimia. Adalah proses pelapukan yang disebabkan karena zat kimia. Pelapukan kimia menyebabkan terjadinya perubahan susunan kimia batuan. Contoh yang menyebabkan pelapukan secara kimia yaitu air.
  • Pelapukan biologis. Adalah pelapukan yang di sebabkan oleh makhluk hidup. Pada pelapukan biologis terjadi penghancuran batuan yang di sebabkan karena adanya makhluk hidup yang hidup di sana. Contoh pelapukan biologis yatu penghancuran batuan yang disebabkan oleh lumut.
  1. Erosi (pengikisan)

Erosi atau yang biasa disebut dengan pengikisan yaitu suatu proses perusakan batuan yang di akibatkan oleh tenaga eksogen. Erosi dibagi menjadi empat macam, yaitu sebagai berikut:

  • Erosi air yang mengalir. Pada erosi ini, batuan yang terkena air mengalir lama-kelamaan akan mengalami pengikisan. Contoh dari erosi ini adalah pengikisan yang terjadi di sungai.
  • Erosi gelombang laut. Contoh pada erosi ini adalah gelombang laut yang mengikis daerah pantai sehingga daerah pantai tersebut menjadi rusak. Pengikisan gelombang laut biasa disebut juga dengan abrasi.
  • Erosi gletser. Yang dimaksud dengan gletser yaitu salju yang mencair. Kemudian salju yang mengalir ini lambat laun akan mengikis daerah- daerah yang di lewatinya tersebut.
  • Erosi angin. Sebenarnya erosi angin ini yang dapat mengikis yaitu benda-benda yang terbawa oleh angin. Pengikisan yang disebabkan oleh angin ini biasa disebut juga dengan deflasi.
  1. Sedimentasi (pengendapan)

Sedimentasi atau yang biasa disebut dengan pengendapan yaitu suatu proses pengendapan materi yang merupakan hasil dari proses pengikisan. Sedimentasi disebabkan oleh:

  • Air sungai yang mengalir. Contohnya yaitu terbentuknya endapan di muara sungai atau yang biasa disebut dengan delta.
  • Salju yang mencair mengalir mengikis daerah yang dilewatinya dan kemudian di endapkan di daerah lain sebagai hasil dari materi yang di bawanya.
  • Contoh dari sedimentasi angin yaitu bukit pasir di padang pasir.

Nah readers, gimana?

Sudah paham kan mengenai apa itu tenaga eksogen serta macamnya apa aja. Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali. Sekian dulu yha informasi kali ini.

Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian. Selanjutnya aku bakal ngasih banyak lagi informasi yang bermanfaat buat kalian.

Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Struktur, dan Karakteristik Planet Yupiter

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test