Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan macam-macam Surga dan Neraka

Pengertian dan macam-macam Surga dan Neraka – Surga dan Neraka adalah tempat manusia kembali kelak di akhirat. Disanalah kehidupan kekal terjadi dimana segala perbuatan manusia selama di dunia di pertanggungjawabkan.

Surga adalah tempat yang dijanjikan untuk mereka yang beriman, tempat itu dipenuhi dengan kesenangan dan kebahagiaan.

Sementara neraka adalah tempat penuh kesangsaraan dimana manusia harus menebus dosa yang mereka lakukan selama di dunia. Lalu bagaimana sebenarnya pengertian dari surga dan neraka itu sendiri?

Apa saja macam-macamnya?

Baca Juga : Pengertian, Sebab, Tata Cara dan Rukun Mandi Wajib

Berikut penjelasannya.

Pengertian Surga dan Neraka

Menurut asal kata, surga berasal dari bahasa Sansekerta yaitu dari  suku kata Suar dan Ga. Suar berarti cahaya dan Ga yang berarti perjalanan. Dari dua suku kata ini pengertian surga kemudian berkembang menjadi ‘perjalanan menuju dunia cahaya’. Pengertian ini populer digunakan dalam ajaran Hindu-Budha.

Sementara menurut agama  islam, Surga yang merupakan terjemahan bahasa arab dari kata Jannah – bentuk jamak dari Jinan, memiliki makna kebun atau taman.

Makna ini sangat sesuai dengan penjelasan dalam Al-Qur’an, yang menyebutkan bahwa Al-Jannah (surga) adalah tempat yang sangat indah dengan pepohonan rindang dan air sungai jernih yang mengalir di dalamnya.

Segala sesuatu yang berada di Surga sangat memikat dan menyenangkan sanubari. Kenikmatan di surga jauh lebih besar dari kenikmatan dunia karena sifatnya yang kekal abadi. Keindahan Surga belum pernah terlintas dalam benak, belum pernah terlihat oleh mata dan belum pernah terdengar oleh telinga.

Macam-macam Surga dan Neraka

Adapun lebih jelasnya, nama-nama surga yang diciptakan Allah adalah sebagai berikut :

  • Surga Firdaus merupakan surga tertinggi dan yang paling mulia. Surga ini diperuntukkan bagi mereka yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, senantiasa menjaga amalan dan menjauhi segala larangan-Nya
  • Surga Adn merupakan tempat yang kekal abadi bagi mereka yang senantiasa bertakwa kepada Allah
  • Surga Na’im adalah surga dengan segala kenikmatan bagi mereka yang beriman dan beramah shalih.
  • Surga Ma’wa, yakni surga bagi golongan yang takut akan kebesaran Allah SWT dan dapat menahan diri dari nafsu.
  • Surga Darussalam, merupakan surga bagi mereka yang memiliki iman dan islam kuat.
  • Surga Darul Muqamah, yakni surga bagi mereka yang senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.
  • Surga Al-Maqamul Amin, merupakan surga untuk orang-orang yang bertaqwa.
  • Surga Khuldi, yaitu surga yang diperuntukkan bagi mereka yang taat menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT.

Sementara itu dalam terminologi Al-quran, Neraka disebut dengan kata naar yang memiliki arti api yang menyala. Secara istilah, neraka dapat diartikan sebagai tempat penebusan dosa berupa siksaan, bagi mereka yang telah melakukan kesalahan.

Tidak ada tempat yang lebih buruk dan hina dari neraka. Neraka penuh dengan siksaan dan penderitaan bagi mereka yang telah durhaka kepada Allah. Neraka bersifat abadi dan penghuninya akan kekal didalamnya. Ada beberapa macam dan tingkatan neraka yang Allah ciptakan, diantaranya :

  • Neraka Hawiyah merupakan tempat bagi mereka yang amal kebaikannya ringan
  • Neraka Ladza, neraka yang gejolak apinya mampu membuat kulit kepala terkelupas.
  • Nerakan Sair, merupakan neraka dengan gejolak api yang menyala-nyala.
  • Neraka Saqar, yakni neraka yang diperuntukkan bagi mereka ang meninggalkan sholat, tidak memberi hak pada orang miskin, dan mereka yang suka membicarakan hal bathil
  • Neraka Hutama, merupakan neraka yang gejolak apinya mampu membakar hingga ulu hati.
  • Neraka Wail, yakni neraka bagi mereka yang melalaikan sholat.
  • Neraka Jahim, merupakan neraka dengan gejolak api yang dapat menghanguskan manusia dalam seketika. Neraka ini diperuntukkan bagi mereka yang menyekutukan Allah.
  • Neraka Jahannam, merupakan neraka paling dasar dengan siksa yang paling berat. Neraka ini merupakan tempat bagi mereka yang kafir dan bagi para Iblis (Syaitan) beserta pengikutnya.

Itulah penjelasan seputar Pengertian dan macam-macam Surga dan Neraka. Semoga pembahasan ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tentang surga dan neraka, sehingga kita bisa lebih menaati perintah dan menjauhi larangan-Nya agar kita menjadi salah satu penghuni surga. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Hukum, Syarat dan Rukun Shalat

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test