Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Dan Jenis-Jenis Tenaga Endogen

Pengertian Dan Jenis-Jenis Tenaga Endogen – Ritaelfianis.com – Selamat siang readers, apa kabarnya nih?

Semoga baik- baik saja yha! Mengenai tenaga endogen tentunya asyik untuk dibahas yha.

Tapi readers tahu nggak apa itu tenaga endogen, terus jenisnya apa saja? Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini.

Karena pada kesempatan kali ini, informasi yang akan dibahas yaitu mengenai tenaga endogen.

Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Proses Terjadinya Gempa Bumi

Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Apa yang dimaksud dengan tenaga endogen?

Tenaga endogen pastinya sudah familiar di telinga kita. Pelajaran mengenai tenaga endogen telah kita dapati ketika di bangku sekolah.

Tenaga endogen biasa disebut dengan tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen inilah yang menyebabkan perubahan di kulit bumi.

Ciri khas dari tenaga endogen ini yaitu bersifat konstruktif (membangun) sehingga membentuk relief yang tidak rata pada permukaan bumi, seperti danau, gunung, bukit, dan lain-lain.

Tenaga endogen dibagi menjadi tiga, yaitu tektonisme, vulkanisme, dan seisme atau yang biasa disebut dengan gempa. Sumber dari tenaga endogen yaitu magma.

Apa saja jenis- jenis dari tenaga endogen?

  1. Vulkanisme

Yang dimaksud dengan vulkanisme yaitu semua gejala alam yang terjadi karena adanya kegiatan magma yang terkadung di dalam perut bumi.

Magma yang ke luar sampai ke permukaan bumi disebut dengan lava, dan aliran material vulkanik dianggap lahar.

Dibalik itu, dari aktivitas vulkanik ini adapun hasil-hasil yang di dapatkan, antara lain: efflata (benda padat), seperti debu, pasir, batu-batu besar maupun kerikil, lapili, dll.; effusive (benda cair), bahan cair yang dikeluarkan oleh aktivitas vulkanisme ini seperti lava, lahar panas maupun lahar dingin.; ekshalasi (benda gas), benda gas yang dikeluarkan oleh aktivitas vulkanisme yaitu seperti solfatar, fumarol, dan juga mofet.

  1. Tektonisme

Yang dimaksud dengan tektonisme yaitu tenaga yang ada di dalam bumi yang berupa tekanan dengan arah lotrecht maupun horizontal yang menyebabkan terjadinya perubahan letak atau dislokasi.

Berdasarkan luas wilayah dan waktu yang dipengaruhinya, tenaga tektonik dibagi menajdi dua, yaitu gerak epirogenesis (epirogenesa) dan gerak orogenesis (orogenesa).

Gerak epirogenesis ini berlangsung dalam waktu yang relative lama dan meliputi daerah yang luas. Sedangkan, gerak orogenesis berlangsung dalam waktu yang relative cepat dan meliputi daerah yang sempit.

  1. Gempa bumi atau seisme

Jenis tenaga endogen yang terakhir yaitu seisme atau gempa bumi. Gempa bumi adalah hal biasa yang pernah di alami manusia.

Saat gempa bumi terjadi, bumi akan bergoyang yang disebabkan oleh kekuatan yang berasal dari dalam bumi. Gempa bumi bisa terjadi kapanpun.

Nah readers, gimana? Sudah paham kan mengenai apa itu tenaga endogen serta jens- jenisnya apa aja.

Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali.

Sekian dulu yha informasi kali ini. Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian.

Selanjutnya aku bakal ngasih banyak lagi informasi yang bermanfaat buat kalian.

Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Pengertian Dan Jenis-Jenis Lapisan Permukaan Bumi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test