Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan jenis-jenis saham

Pengertian dan jenis-jenis sahamRitaelfianis.com – Saham merupakan salah satu produk  keuangan yang bisa digunakan untuk berinvestasi. Bagi anda yang ingin bermain saham atau berinvestasi diproduk keuangan ini, tentu saja wajib mengetahui pengertian dari saham.

Saham dapat diartikan sebagi surat berharga yang menunjukan kepemilikan pada suatu perusahaan. Secara sederhana, jika seseorang membeli saham salah satu perusahan maka dia sudah membeli perusahaan tersebut.

Meskipun dalam jumlah kecil, karena jumlah kepemilikan saham menentukan seberapa besar dia memiliki bagian dari perusahan tersebut.

Seseorang yang memiliki saham perusahaan, berhak mendapatkan atas keuntungan (deviden) dari perusahaan itu. Selain itu, kita juga dapat menghasilkan keuntungan dengan memperjual-belikan saham yang dimiliki.

Secara umum, saham terbagi menjadi dua kategori, yakni:

Saham biasa

Saham biasa merupakan sertifikat atau piagam yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan dari satu perusahaan, dan berbagai aspek penting lainnya. Pemegang saham berhak menerima pendapatan tetap atau deviden perusahaan.

Si pemilik saham mempunyai hak mengelola perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya. Semakin besar persentase saham yang dimilikinya, semakin besar juga kewenangannya mengelola atau mengontrol perusahaan.

Pemegang saham biasa juga memiliki kewajiban yang terbatas. Maksudnya adalah bila perusahaan tersebut bangkrut, maka kerugian yang ditanggung hanya sebatas investasi saham yang dimilik.

Ciri-ciri atau karakteristik saham biasa adalah sebagai berikut:

  • Pemegang saham memiliki hak suara menentukan atau memilih dewan komisaris
  • Jika saham baru diterbitkan oleh organisasi penerbit, pemilik saham biasa didahulukan haknya
  • Tanggung jawabnya terbatas, sesuai kepemilikan saham

Saham Preferen (Preferred Stock)

Berbeda dengan pemilik saham biasa, pemilik saham preferen mempunya hak lebih dari pemilik saham biasa. Si pemilik saham memiliki hak suara lebih dibandikan pemilik saham biasa.

Contohnya adalah saat menentukan pemiliha direksi. Sehinggga dalam menerima deviden pun, pemilik saham preferen lebih diutamakan oleh jajaran manajemen. Karena dia dapat melengserkan direksi yang terpilih saat itu.

Saham ini memiliki cirri gabungan antara obligasi dan saham biasa, karena dapat menghasilkan pendapatan tetap sama seperti obligasi, namun bisa juga tidak mendapatkan hasil seperti yang diinginkan investor.

Berikut persamaanya saham preferen dengan oblikasi, diantaranya:

  • Terdapat klaim untuk laba dan aktiva sebelumnya
  • Devidennya tetep
  • Memiliki hak tebus dan bisa ditukar dengan saham biasa

Sedangkan karakter dari saham preferen sendiri sebagi berikut:

  • Mempunyai beberapa tingkatan dengan karakter yang berbeda
  • Tagihan pada aktiva dan pendapatan
  • Prioritasnya lebih tinggi dari saham biasa
  • Devidennya bersifat komulatif
  • Konvertabilitas

Sedangkan jika dilihat dari kinerja perdagangan, saham dikelompokan menjadi lima jenis, yakni:

  1. BlueChip Stocks
  2. Income Stocks
  3. Rowth Stocks – terdiri dari well-known dan lesser-known
  4. Speculative Stock
  5. Counter Cyclical Stockss

Itulah pengertian dan jenis-jenis dari saham yang ada di pasaran saat ini. Dengan mengetahui jenis dan pengertiannya, jadi kita bisa menentukan jenis saham mana yang cocok untuk berinvestasi.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis Dan Bentuk-Bentuk Investasi


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test