Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Jenis-jenis Kelenjar Saliva

Pengertian dan Jenis-jenis Kelenjar Saliva – Kelenjar Saliva atau yang biasa kita kenal kelenjar air liur adalah kelenjar eksokrin pada mamalia yang mampu memproduksi air liur (suatu cairan oral yang kompleks dan tidak berwarna) dan memiliki salurannya sendiri.

Saliva atau ludah atau air liur ini dikeluarkan untuk membantu mencerna makanan di dalam rongga mulut.

Kelenjar saliva tersusun oleh jaringan epitel pada dindingnya dan dikelilingi oleh jaringan ikat.

Jaringan ikat yang mengelilingi bagian luar seluruh kelenjar disebut kapsul, sedangkan jaringan ikat yang membagi kelenjar menjadi lobus-lobus di bagian dalam disebut septa.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Struktur Dan Fungsi Jaringan Saraf

Pada bagian kapsul dan septa ini terdapat pembuluh darah dan saraf yang mensuplai kelenjar.

Sel epitel yang memproduksi saliva disebut sel sekretori. Terdapat dua jenis sel sekretori, yaitu sel mukus dan sel serous.

Sesuai dengan namanya, Sel mukus menghasilkan cairan mukus sedangkan sel serous menghasilkan cairan serosa.

Sel Sekretori yang ditemukan berkelompok disebut sel acinus.

Tahukah kamu? bahwa pembentukan kelenjar ludah sudah dimulai sejak awal kehidupan janin (4 – 12 minggu) sebagai invaginasi epitel mulut yang akan berdiferensiasi ke dalam duktus dan jaringan asinar.

Saliva berupa lapisan setebal 0,1-0,01 mm yang melapisi seluruh jaringan rongga mulut. Komposisi penyusun saliva pada kelenjar sangat tergantung pada usia, jenis kelamin, makanan yang dimakan saat itu, intensitas dan lamanya rangsangan yang di berikan, kondisi biologi dan mengidap penyakit tertentu.

Manusia memproduksi sekitar 1000-1500 cc air ludah dalam kurun waktu 24 jam, yang umumnya terdiri dari 99,5% air dan 0,5 % lainnya merupakan garam-garam , zat organik dan zat anorganik.

Komposisi bahan organik yang menyusun saliva antara lain protein, lipida, glukosa, asam amino, amoniak, vitamin, asam lemak.

Sedangkan komposisi anorganik yang menyusun saliva yakni, Sodium, Kalsium, Magnesium, Bikarbonat, Khloride, Rodanida dan Thiocynate (CNS) , Fosfat, Potassium.

Komposisi yang memiliki konsentrasi paling tinggi dalam penysunan saliva adalah senyawa kalsium dan Natrium.

Dalam tubuh manusia terdapat 4 jenis kelenjar saliva. Pada umumnya, fungsi tiap jenis kelenjar adalah hampir sama.

Jenis-jenis kelenjar saliva tersebut adalah kelenjar parotis, kelenjar submandibula, kelenjar sub lingua, dan kelenjar saliva minor.

  • Kelenjar Parotis

Kelenjar parotis merupakan kelenjar saliva terbesar pada manusia dan dapat menghasilkan 25% dari keseluruhan air liur di rongga mulut.

kelenjar parotis ini terletak di bawah telinga yaitu diantara prossesus mastoideus dan dibelakang ramus mandibula.

Kelenjar parotis berjumlah dua buah (sepasang) dan dibungkus oleh jaringan ikat padat.

Kelenjar parotis berfungsi untuk mensekresikan air liur melalui sebuah saluran yang disebut duktus stensen menuju rongga mulut.

  • kelenjar Submandibula

Kelenjar Submandibula merupakan sepasang kelenjar saliva yang terletak di dalam  rahang bawah (korpus mandibula).

Kelenjar ini memiliki duktus ekskretoris (Duktus Wharton) yang bermuara pada dasar rongga mulut yang menyalurkan produksi air liur yang terdiri dari campuran dari serosa dan mukosa.

Kelenjar ini dapat meproduksi 70% dari total air liur di rongga mulut.

  • Kelenjar Sub Lingua

Kelenjar Sublingua merupakan kelenjar saliva terkecil yang letaknya di bawah lidah di dekat kelenjar sub mandibula.

kelenjar ini memiliki saluran yang disebut dengan duktus Rivinus. Kelenjar Sub lingua dapat menghasilkan sekitar 5 % dari seluruh air liur yang masuk ke rongga mulut.

  • Kelenjar Saliva Minor

Kelenjar ini merupakan kelenjar kecil-kecil dan terdapat sangat banyak (sekitar 600) yang terletak di dalam mukosa atau submukosa.

Sebagian besar kelenjar terletak di dalam lapisan lamina propria mukosa oral. Kelenjar-kelenjar ini merupakan sejumlah sel asini yang saling berhubungan dalam lobulus kecil.

Baca Juga : Pengertian, Struktur, Bagian Dan Fungsi Alat Ekskresi Pada Manusia


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test