Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Dan Jenis Hukum Pidana

Pengertian Dan Jenis Hukum Pidana – Pengertian dan definisi hukum pidana merupakan semua sumber dari peraturan yang menentukan perbuatan hal yang dilarang dalam hukum, serta mencakup semua hal yang termasuk dalam kumpulan tindakan pidana.

Hukum pidana ini mempunyai konsekuensi berupa hukuman yang akan dijatuhkan kepada pelaku yang melakukan pelanggaran pidana tersebut.

Sedangkan pengertian dan definisi hukum pidana menurut para beberapa ahli mempunyai pengertian dan definisi sebagai berikut:

Menurut Prof.Moeljatno, S H

“Hukum Pidana merupakan sebuah bagian dari keseluruhan hukum yang berlaku didalam suatu Negara, yang mengadakan aturan-aturan dan dasar-dasar untuk:”

  1. Membuat suatu ketentuan akan suatu perbuatan dengan jalan membedakannya mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak diperbolehkan dimata hukum. Ketentuan ini mempunyai bentuk sanksi berupa hukuman pidana bagi setiap orang yang melakukan pelanggaran pidana tersebut.
  2. Hukuman pidana akan dapat dijatuhkan dengan melihat dasar dari waktu terjadinya pelanggaran, dan perihal apa yang menyebabkan terjadinya pelanggaran.
  3. Selain itu hukuman dalam kegori ini juga akan dapat menentukan bagaimana sistim ataupun cara bekerja suatu hukuman dijatuhkan dan dikenakan pada seseorang yang melakukan pelanggaran.

Menurut Sudarsono

“Hukum Pidana merupakan hal yang mengatur tentang pelanggaran serta kejahatan terhadap kepentingan umum dan perbuatan itu diancam dengan hukuman pidana yang merupakan suatu penderitaan”

Melalui pengertian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa hukuman pidana bukan merupakan suatu hukuman yang membuat norma hukum sendiri,namun sudah terletak pada norma lain serta sanksi pidana.

Hukum pidana ini dibuat agar norma-norma hukum yang berlaku dapat ditaati seperti norma-norma hukum lainnya seperti norma agama dan kesusilaan.

Jenis-jenis Hukum Berdasarkan Pengertian Dan Definisi Hukum Pidana

  • Hukuman Mati

Jenis hukuman ini sebagian tidak dijalankan di beberapa Negara di dunia, contohnya Belanda. Di Indonesia masih menjalankan hukuman ini, dengan melihat tingkat dari kesalahan yang dilakukan.

  • Hukuman Penjara

Ada dua jenis hukuman penjara yang diberlakukan di Indonesia, yaitu berupa hukuman penjara dengan masa tahanan 1 – 20 tahun dan hukuman penjara seumur hidup.

  • Hukuman Kurungan

Hukuman Kurungan termasuk hukuman yang paling ringan dalam kategori hukum pidana, sebagai hukuman atas kejahatan pidana yang ringan atau yang sifatnya berupa pelanggaran.

Bentuk hukuman ini biasanya mengandung unsur keleluasaan untuk dapat memilih antara hukuman dalam bentuk denda ataupun kurungan dibawah 1 tahun.

  • Hukuman Tutupan

Biasanya dijatuhkan untuk tahanan yang melakukan pelanggaran berat karena berhubungan dengan politik.

Prinsip Hukum Berdasarkan Pengertian Dan Definisi Hukum Pidana

  • Asas Legalitas

Yaitu asas yang digunakan dalam prinsip tidak akan adanya tindakan hukuman penjara kecuali dijatuhkan oleh otoritas aturan pidana dalam perundang undangan negara.

  • Prinsip Ada Kejahatan Tanpa Kesalahan

Pengertiannya adalah suatu hukuman dapat dijatuhkan apabila telah ditemukan unsur kesalahan terhadap pihak yang membuat pelanggaran.

  • Prinsip Teritorial

Merupakan suatu ketentuan hukum pidana yang berlaku di Indonesia, dimana wilayah cakupan pelanggarannya terjadi di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Baik itu berada di area perairan, darat dan udara, serta para Konsul yang bertugas di luar Negara Indonesia.

  • Prinsip Kewarganegaraan Aktif

Ketentuan hukum pidana yang berlaku di Indonesia, dan berlaku untuk seluruh warganegara yang melakukan tindak pidana dan menetap di seluruh wilayah Indonesia.

  • Prinsip Kewarganegaraan Pasif

Pengertiannya adalah bahwa ketentuan hukuman pidana ini berlaku untuk semua jenis tindak pidana yang terjadi di Indonesia dan mengakibatkan kerugian negara.

Demikian sekilas info tentang pengertian dan definisi hukum pidana yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Semoga dapat bermanfaat…!


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test