Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Jenis Gerak

Pengertian dan Jenis GerakRitaelfianis.com – Gerak adalah suatu perubahan atau pergeseran posisi, kedudukan, maupun tempat dari suatu benda dilihat dari titik keseimbangannya.

Titik keseimbangan merupakan titik awal atau kedudukan awal sebelum benda berubah posisi. Gerak dapat terjadi pada benda mati maupun mekhluk hidup.

Gerak bersifat relatif yaitu gerak sangat bergantung pada pengamat maupun titik keseimbangannya.

Berikut beberapa jenis gerak yang dapat terjadi pada benda mati meupun makhluk hidup.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Induksi Elektromagnetik

Berdasarkan lintasannya, gerak dibagi menjadi tujuh macam gerak yaitu :

  1. Gerak relatif atau semu. Gerak relatif adalah suatu benda dinyatakan bergerak hanya apabila dilihat dari satu sudut pandang saja. Contoh apabila kita melihat sebuah meja, menurut kita meja tersebut tidaklah bergerak, namun apabila dilihat dari luar angkasa maka meja tersebut bergerak bersama dengan bumi mengelilingi matahari. Gerak semu merupakan gerak ilusi dimana kita melihat suatu objek seperti mendekati atau pun menjauhi kita padahal sebenarnya objek tersebut diam. Contohnya ketika kita berada dalam mobil yang sedang melaju lalu kita melihat tiang listrik seperti bergerak menjauhi kita padahal tiang listrik tersebut hanya diam di satu tempat.
  2. Gerak ganda. Gerak ganda adalah sebuah gerakan dimana suatu benda bergerak secara bersama-sama terhadap benda disekitarnya. Contohnya adalah ketika seorang penumpang berjalan di dalam suatu kereta yang berangkat meninggalkan stasiun. Dalam peristiwa tersebut terdapat dua gerakan, yaitu gerakan orang terhadap kereta dan gerakan orang terhadap stasiun.
  3. Gerak lurus. Gerak lurus adalah suatu pergerakan dari benda pada lintasan lurus. Gerak lurus dibagi menjadi dua yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Gerak lurus berubah beraturan dibagi lagi menjadi dua yaitu gerak lurus berubah beraturan dipercepat dan gerak lurus berubah beraturan diperlambat.Gerak lurus beraturan atau GLB adalah gerak suatu benda dalam lintasan lurus dengan kecepatan yang tetap dan stabil. Gerak lurus berubah beraturan adalah gerakan suatu benda dalam lintasan lurus yang tidak beraturan dimana kecepatannya berubah-ubah.
  1. Gerak gravitasi. Gerak gravitasi terbagi menjadi dua yaitu gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas. Gerak jatuh bebas adalah gerak lurus vertikal ke bawah dengan kecepatan nol dan mengalami percepatan sama dengan percepatan gravitasi bumi. Gerak vertikal ke atas adalah gerakan benda lurus vertikal ke atas yang memiliki kecepatan awal dan berhenti pada posisi tertinggi dengan kecepatan sama dengan nol.
  2. Gerak menggelinding . Gerak melingkar adalah gerak yang biasa dilakukan oleh benda bulat. Gerak menggelinding terjadi dalam dua gerakan yaitu yang pertama gerakan rotasi mengitari sumbunya dan gerakan translasi benda pada lintasannya. Percepatan antara perputaran terhadap rotasinya sama dengan perputaran terhadap bidangnya.
  3. Gerak parabola. Gerak parabola dibagi menjadi dua yaitu gerak setengah parabola dan gerak parabola atau peluru. Gerak setengah parabola adalah gerakan benda dimana lintasannya awalnya berbentuk horizontal sehingga ketika terjatuh akan membentuk lintasan setengah parabola. Gerak parabola atau peluru adalah gerakan suatu benda yang menyebabkan terbentuknya suatu sudut tertentu.
  4. Gerak melingkar. Gerak melingkar dibagi menjadi dua yaitu gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan. Pengertian dan dasar dari gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan sama seperti dengan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan, yang membedakan hanyalah lintasannya. Pada gerak melingkar lintasan gerak benda adalah melingkar. Contohnya adalah ketika kita menaiki wahana roller coster.

Berdasarkan percepatannya gerak dibagi menjadi dua macam yaitu

  1. Gerak beraturan. Gerak berubah adalah suatu gerak dimana percepatannya sama dengan nul atau a=0. Gerak beraturan berarti jika benda tersebut bergerak dengan kecepatan yang konstan.
  2. Gerak berubah beraturan. Gerak berubah beraturan adalah gerak dimana percepatannya selalu konstan atau a= konstan. Gerak berubah beraturan berarti bahwa benda bergerak dengan kecepatan yang berubah tetapi beraturan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test