Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Jenis Ekosistem Alami dan Ekosistem Buatan

Pengertian dan Jenis Ekosistem Alami dan Ekosistem Buatan – Ekosistem adalah suatu hubungan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya, antara komponen abiotik dan komponen biotik.

Interaksi tersebut saling memberikan timbal balik sehingga terciptalah suatu ekosistem.

Komponen abiotik adalah komponen tidak bernyawa yang membantu memberikan sumber kehidupan bagi komponen biotik.

Contoh dari komponen abiotik adalah tanah, air, udara, garam, juga panas matahari. Oksigen, nitrogen, dan karbondioksida juga termasuk ke dalam komponen abiotik.

Baca Juga : Pengertian, Penyebab dan Dampak Penebangan Hutan

Komponen abiotik menyediakan habitat sebagai tempat hidup dari komponen biotik.

Sementara itu komponen biotik sendiri adalah komponen yang terdiri dari makhluk hidup, contohnya manusia, hewan, tumbuhan, dan lainnya.

Berdasarkan perannya terdapat dua macam komponen biotik, yaitu heterotrof dan dekomposer.

Heterotrof adalah komponan biotik yang berisi organisme dimana mereka tidak dapat mengolah sendiri sumber energinya melainkan mengambilnya dari organisme lainnya.

Heterotrof disebut juga dengan konsumen. Contohnya adalah manusia, hewan, dan mikroba.

Heterotrof bersifat fagotrof atau makanan yang dimakannya memiliki ukuran yang lebih kecil dari mereka.

Pengurai atau dekomposer adalah organisme yang mempunyai tugas untk menguraikan organisme yang telah mati. pengurai disebut dengan sapotrof atau organisme yang makanannya berukuran lebih besar.

Contoh organisme pengurai adalah jamur, bakteri, dan kutu kayu. Ada tiga tipe proses penguraian yaitu:

  1. Aerob, yaitu proses dimana oksigen ikut terlibat di dalamnya sebagi penerima elektron atau oksidan.
  2. Anaerob, yaitu proses dimana tidak melibatkan oksigen di dalamnya. Sebagi penerima elektron atau oksidannya adalah bahan organik itu sendiri.
  3. Fermentasi, yaitu suatu proses dimana bahan organik yang teroksidasi dpat juga berubah menjadi oksidan, atau bahan organik yang melepaskan elektron dapat juga menerima elektron.

Pada suatu ekosistem terdapat satuan yang terbagi atas individu, populasi, dan komunitas. Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal, contohnya manusia, ikan, ayam, padi.

Populasi adalah kumpulan dari individu sejenis yang menempati suatu daerah, contohnya populasi manusia, populasi ikan di kolam, populasi padi di sawah.

Sementara itu komunitas adalah kumpulan dari populasi tersebut di suatu tempat.  Ekosistem dibagi menjadi dua jenis yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan.

Ekosistem alami

Ekosistem alami adalah ekosistem yang terjadi secara alami tanpa adanya campur tangan dari manusia. Contoh dari ekosistem alami adalah

  1. Ekosistem gurun. Di tempat ini cuaca dapat berubah menjadi sangat ekstrem, pada siang hari suhunya dapat berubah sangat panas dan pada malam hari dapat berubah menjadi dingin. Ekosistem gurun terdiri dari tumbuhan kaktus dan unta.
  2. Ekosistem laut. Ekosistem laut memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah mulai dari berbagai jenis ikan mulai dari yang kecil hingga besar, terumbu karang, laut, dan juga plankton.
  3. Ekosistem hutan hujan tropis. Berada di tempat dengan iklim tropis, memikili curah hujan antara 200 hingga 225 cm per tahun. Ekosistem hutan hujan tropis meliputi populasi kera, harimau, berbagai jenis populasi burung, berbagai jenis populasi pohon.

Ekosistem buatan

Ekosistem buatan adalah suatu ekosistem yang dibuat karena adanya campur tangan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh dari ekosistem buatan adalah

  1. Ekosistem sawah. Ekosistem inin dibuat manusia untuk memproduksi beraas sebagai salah satu sumber makanan bagi manusia. Ekosistem sawah meliputi padi, wereng, tikus, dan keong sawah.
  2. Ekosistem kolam. Ekosistem kolam meliputi ikan hias, bunga teratai, dan terumbu karang.
  3. Ekosistem kebun binatang. Kebun binatang dibuat sebagai salah satu upaya pelestarian hewan. Yang termasuk ke dalam ekosistem kebun binatang adalah berbagai jenis populasi hewan, mulai dari harimau, burung, rusa, gajah, dan lainnya, juga ada beberapa jenis tumbuhan.

Baca Juga : Jenis-jenis Komponen Ekosistem


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test