Pengertian dan Fungsi Organ (Diafragma)

By On Thursday, November 23rd, 2017 Categories : Manusia

Pengertian dan Fungsi Organ (Diafragma)Tubuh manusia memiliki banyak organ, Salah satunya adalah diafragma.

Disini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan fungsi organ (diafragma). Bagaimana pengertian dari organ?

Pengertian diafragma?

Fungsi dari diafragma?

Oke, langsung saja saya akan menjelaskannya untuk anda dengan mudah, singkat dan jelas supaya menambah ilmu tentang organ dalam manusia.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian Hipotalamus

Pengertian

Sebelum membahas tentang pengertian dan fungsi dari diafragma. Sebelumnya apa itu organ.

Organ adalah kumpulan beberapa macam jaringan yang bekerja sama melakukan tugas tertentu di dalam tubuh makhluk hidup untuk memudahkan dalam kehidupan.

Struktur organ dari makhluk hidup berbeda beda menurut tempat hidup dan adaptasi mereka.

Organ tersusun dari banyak atau beberapa jaringan yang berbeda. Semakin banyak organ yang dimiliki, semakin sempurna dan kompleks juga makhluk hidup itu untuk hidup dan beradaptasi.

Nah, sekarang adalah pengertian dari diafragma. Diafragma adalah organ yang terletak diantara rongga dada dengan rongga perut yang berfungsi sebagai organ yang membantu dalam sistem pernafasan pada manusia. Diafragma adalah organ yang sangat penting.

Diafragma adalah bagian yang memisahkan antara rongga dada yang banyak berisi organ organ penting seperti paru paru dan jantung dengan rongga perut.

Diafragma memiliki jenis diafragma yaitu, diafragma dada (thoraks), diafragma mata, diafragma urogenital, dan diafragma panggul.

Diafragma memiliki gerak yaitu melakukan proses inspirasi dan ekspirasi. Diafragma melakukan inspirasi yaitu dimana manusia menarik nafas, kerja diafragma akan berkontraksi dan bergerak ke bawah.

Sebaliknya, paru paru akan mengembang sesuai dengan ukuran volume yang di ambil.

Sehingga udara yang masuk dapat lebih mudah, leluasa, dan lancar. Sedangkan proses ekspirasi yaitu saat otot diafragma berelaksasi dan bergerak keatas.

Paru paru akan mengempis sehingga udara terdorong keluar. Udara yang keluar akan mudah dan lancar.

Diafragma memiliki kerja yang sangat penting untuk kehidupan makhluk hidup untuk membantu pernafasan.

Fungsi

Diafragma juga memiliki beberapa fungsi yang juga tidak kalah pentingnya. Fungsi penting dan fungsi lain dari diafragma adalah sebagai berikut :

  1. Fungsi yang paling penting dari diafragma adalah membantu proses pernafasan dada yang dilakukan oleh paru paru. Sehingga banyak tidaknya, lancar tidaknya juga dari kinerja dari paru paru dan kerja dari diafragma. Jika dafragma rusak maka kinerja dari melakukan pernafasan akan terganggu.
  2. Fungsi lain dari diafragma yaitu mengatur proses keluar masuknya udara dari dan keluar tubuh melalui proses inspirasi dan ekspirasinya. Dari kedua proses itulah pernafasan lebih mudah dan lancar karena prose tersebut memudahkan kerja dari paru paru.
  3. Fungsi diafragma juga memiliki fungsi diluar pernafasan, fungsi diafragma untuk membantu saat kita akan muntah sehingga muntah bisa keluar dari mulut, membantu keluarnya feses dari anus, keluarnya urin dari penis, dan kegiatan di dalam tubuh manusia yang membutuhkan kerja dari otot diafragma.
  4. Diafragma dapat mencegah cairan asam lambung menuju ke esophagus dan kerongkongan sehingga cairan tidak mengalir menuju ke daerah tersebut.
  5. Kontraksi diafragma dapat menyebabkan suatu fenomena yang biasa dialami manusia, yaitu suatu yang dikenal dengan nama cegukan. Penyebab dari cegukan adalah pita suara yang semakin menutup karena banyaknya udara masuk menuju paru paru. Fenomena cegukan ini tidak berbahaya karena hanya sementara. Cegukan juga dapat kita hilangkan sendiri dari cara yang umum dilakukan.

Demikian artikel dari pengertian dan fungsi organ (diafragma). Semoga anda paham dan mengerti, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian-Bagian Kelenjar Prostat

Pengertian dan Fungsi Organ (Diafragma) | ritaelfianis | 4.5