Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Fungsi Keyboard pada Laptop dan Komputer

Pengertian dan Fungsi Keyboard pada Laptop dan Komputer – Ritaelfianis.com – Keyboad merupakan salah satu hardware atau perangkat keras penting pada perangkat komputer.

Sudah tidak asing lagi, bahwa keyboard berperan dalam kinerja sebuah komputer maupun laptop.

Berikut ini akan kami jelaskan lebih rinci mengenai Pengertian dan Fungsi Keyboard pada Laptop dan Komputer.

Pengertian Keyboard

Keyboard merupakan alat input dan salah satu perangkat keras pada komputer yang terdiri dari berbagai jenis tombol dengan fungsinya yang beragam.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi OS (Sistem Operasi)

Keyboad merupakan komponen penting pada komputer karena memegang peranan dalam hal kinerja komputer.

Jika komputer tidak memiliki keyboard maka penginputan data tidak akan bisa dilakukan, meski dalam beberapa perintah masukan dapat dibantu oleh mouse.

Dengan kata lain, keyboard memiliki fungsi sebagai pemberi perintah pada komputer agar melakukan pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak.

Keyboard dapat dihubungkan menggunakan CPU, kabel USB maupun perangkat wireless seperti bluetooh yang juga menggunakan USB.

Bedanya keyboard wireless atau tanpa kabel dapat hidup hanya dengan menggunakan baterai.

Fungsi Keyboard

Keyboard memiliki fungsi utama sebagai alat ketik. Keyboard bertugas menampilkan inputan pada layar komputer seperti berupa huruf, angka, dan symbol.  Berikut penjelasan lebih rinci mengenai fungsi keyboard pada komputer :

  • Berdasar tombol ketiknya, keyboard digunakan untuk kepentingan input data dokumen yang kemudian ditampilkan pada layar monitor.
  • Berdasarkan tombol kontrolnya, keyboard dapat menjalankan perintah pada sistem operasi
  • Berdasar tombol fungsinya, keyboard dapat menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat komputer
  • Berdasar tombol alternatenya, seperti tombol ENTER, ALT, SHIFT, ESC, dan TAB keyboard berguna dalam pengoperasian dokumen dan komputer
  • Berdasar tombol navigasinya, keyboard dapat berfungsi untuk menaik-turunkan layar maupun memindahkan kursor

Pada keyboard ada beberapa jenis tombol dengan susunan tertentu. Berikut penjelasan :

  • Main typing keypad, merupakan jenis tombol utama yang berisi huruf mulai A sampai Z, angka mulai dari 1 sampai 0, dan tanda baca yang digunakan dalam input data pada sistem komputer seperti input teks pada Microsoft Office atau browser internet.
  • Directional Keys, merupakan jenis tombol pada keyboard yang menunjukkan arah. Terdiri dari 4 tombol yang memiliki fungsi menggeser kursor maupun layar sesuai keinginan
  • Numeric/Directional Keypad, merupakan jenis tombol keyboard yang menampilkan angka dan tombol pemindah arah. Tombol ini biasanya pada sisi kanan main typing keypad, dan memiliki fungsi untuk mempermudah dalam input pada sistem.
  • Function keys, merupakan tombol keyboard yang berada di atas main typing keypad, yaitu mulai tombol F1 hingga F12. Tombol ini memiliki fungsi dalam pengaturan beberapa jenis perintah seperti menyimpan dukumen, memunculkan menu help saat melakukan pengetikan pada Microsoft Word, dan lainnya.
  • Special Keys, merupakan jenis tombol keyboard yang berada di atas tombol directional keys yaitu berupa Print screen, pause break, insert, delete, Home, Page Up, Page Down, dan End.
  • Modifier Keys, tombol keyboard yang termasuk dalam jenis tombol ini Shift, Ctrl dan Alt. Ketiga tombol ini dapat memodifikasi tombol lain untuk memunculkan perintah saat tombol tersebut ditekan bersamaan. Misal Ctrl+C membentuk perintah copy, dan Ctrl+V membentuk perintah paste. Kombinasi tombol ini disebut juga shortcut keys
  • Lock Keys / Status Light, merupakan indicator cahaya yang menjadi penanda saat suatu tombol digunakan dalam pengaturan fungsi. Misal tombol Caps lock yang dapat memungkinkan pengetikan huruf capital saat pengaktifan tombol numeric key.
  • Windows Keys, merupakan jenis tompol pada keyboard yang ditandai dengan tombol bertanda logo Microsoft Windows. Tombol ini memiliki fungsi menampilkan menu pada jendea windows.

Demikianlah, pembahasan mengenai Pengertian dan Fungsi Keyboard pada Laptop dan Komputer. Semoga informasi dapat membuat anda lebih memahami mengenai fungsi esensial pada keyboard. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Hadware, Sotware dan Brainware pada Perangkat Komputer

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test