Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Dan Fungsi Hormon Gas ‘Etilen’ Pada Tumbuhan

Pengertian Dan Fungsi Hormon Gas ‘Etilen’ Pada Tumbuhan – Ada banyak jenis hormon pada tumbuhan beserta fungsinya masing – masing yang merupakan salah satu faktor untuk mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangbiakan tumbuh – tumbuhan dalam skala kecil seperti penyaluran hobi atau skala besar seperti pada area pertanian.

Hormon tumbuhan yang dimaksud dihasilkan di dalam tubuh tanaman yang berbeda – beda dimana keberhasilannya adalah ditentukan juga oleh faktor kondisi dari luar tumbuh – tumbuhan tersebut seperti lingkungan dimana mereka tumbuh dan campur tangan petani / manusia.

Fungsi Hormon Gas Etilen

Yang dimaksud dengan gas etilen adalah gas yang dihasilkan atau dibuat oleh tumbuh – tumbuhan yang mampu mempercepat terjadinya proses pemasakan pada buah – buahan.

Gas ini biasanya didapatkan dari pelepasan oleh buah – buahan terutama mulai terjadi ketika buah yang bersangkutan terlihat mulai ranum dan sebentar lagi matang di pohonnya.

Juga perlu untuk diketahui sebagai bahan informasi adalah gas estilen bisa dihasilkan dengan cara – cara alami tetapi dewasa ini lebih mudah untuk mengaplikasikan gas ini dengan cara buatan yaitu dikenal dengan nama ilmiah ala ilmu Biologi adalah ‘etilen sintetik’ yaitu ‘etepon’.

Gas etilen buatan bermanfaat untuk para pedagang buah dalam skala besar guna mempercepat proses pematangan buah dengan daging buah bercita rasa manis dan berair.

Di samping mempercepat proses pematangan buah, gas ini berfungsi juga sebagai media untuk menghambat pemanjangan batang – batang kecambah yang tak berguna, mendorong terjadinya proses tanaman menggugurkan daun – daun yang sudah berusia tua, membantu menebalkan batang dan memacu agar proses perkecambahan biji berjalan sesuai dengan waktunya.

Fungsi terakhir, sebagai media untuk menurunkan dominasi fungsi akar terhadap keseluruhan kondisi tanaman, serta menunda pembungaan.

Agar fungsi – fungsi tersebut di atas berjalan dengan sempurna, maka di dalam prakteknya hormon gas etilen dibantu oleh hormon – hormon sejenis seperti tersebut di bawah ini :

1/Hormon ‘Asam Absisat’

Merupakan salah satu jenis hormon tanaman hijau yang mempunyai fungsi sebagai media penghambat yaitu proses pembentukan hormon terhadap dedaunan yang kurang berguna pada sebatang pohon.

Fungsi lengkap dari hormon asam absisat adalah :

  • Berfungsi untuk membantu memperlancar pengguguran bunga.
  • Berfungsi mengatur pembukaan atau penutupan pada ‘stomata’.
  • Berfungsi untuk menurunkan percepatan pembelahan sel.
  • Sebagai media untuk mempercepat pengguguran pada bagian yang berusia tua.
  • Berfungsi sebagai media yang menyebabkan munculnya dormansi.
  • Berfungsi untuk mengurangi pemanjangan sel – sel.

2/Hormon ‘Sitokin’

Merupakan salah satu jenis hormon pada tumbuhan yang memiliki fungsi mengkhusus pada area sistem perakaran saja.

Fungsi lengkap dari hormon ini adalah sebagai berikut :

  • Berfungsi untuk merangsang pertumbuhan ke samping dan ke puncak tanaman.
  • Mempercepat terjadinya pelebaran daun.
  • Merangsang terjadinya pembentukan pucuk.
  • Merangsang pertumbuhan akar menjadi lebih memanjang dan cepat.
  • Menunda penuaan dedaunan pada tanaman hijau.
  • Memacu terjadinya pertumbuhan sel dalam jaringan ‘meristematik’.
  • Sebagai media untuk membantu perkecambahan biji.

Demikianlah pengertian dan fungsi hormon gas etilen pada tumbuhan dapat kami jelaskan secara singkat semoga bermanfaat !

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test