Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Fungsi Bimbingan Konseling

Pengertian dan Fungsi Bimbingan Konseling – Kendala atau masalah seringkali dialami oleh seseorang sebagai individu dalam menjalani proses kehidupan.

Permasalahan yang dimunculkan dalam proses kehidupan sehari-hari pun beraneka ragam.

Hal ini tentu membuat seseorang sering merasa frustasi dan putus asa pada pencapaian yang tidak sesuai keinginan.

Masalah-masalah yang muncul tersebut seharusnya bisa diselesaikan dengan baik dan tuntas untuk kembali membuat seseorang merasa nyaman dan memiliki motivasi dalam menjalani kehidupan.

Permasalahan-permasalahan yang muncul ini, sejatinya tak bisa dihindari. Namun, bisa ditanggulangi dengan diberikannya bantuan pada seseorang yang berupa bimbingan khusus.

Dalam hal ini bimbingan konseling dapat mengambil bagian dalam proses kehidupan untuk menuntun seseorang dan memberikan motivasi dalam mengambil sikap dan keputusan.

Bimbingan konseling memiliki spesialisasi khusus pada penanganan berbagai masalah. Penyelesaian masalah bagi individu yang memiliki berbagai kendala dan masalah yang tak bisa diselesaikannya sendirian.

Pengertian Bimbingan konseling adalah pertolongan yang diberikan pada seseorang atau individu dalam mengatasi berbagai persoalan atau masalah yang terjadi dalam hidupnya.

Bimbingan yang diberikan bisa berupa saran atau arahan khusus agar seorang individu bisa mengambil sikap atau keputusan.

Seseorang atau klien dengan dibantu oleh konselor yang terlatih, diberikan arah untuk mengenali dirinya sendiri, memahami keadaan yang sekarang hingga keadaan di masa depannya.

Fungsi lain dari keberadaan bimbingan konseling adalah klien dapat mengulik dan menggali secara mendalam apa yang dimilikinya sendiri. Pencarian jati diri ini, biasanya terjadi pada seorang remaja yang sedang tumbuh dewasa. Selain membutuhkan arahan untuk mengenali dirinya sendiri, seorang remaja tentu tak dapat berpikir matang untuk bersikap dan mengambil keputusan, karena sifatnya masih labil.

Pada masalah seperti inilah bimbingan konseling sebenarnya dibutuhkan.

Arah yang dituju dari keberadaan bimbingan konseling adalah penyelesaian masalah oleh klien atau konseli dengan dirinya sendiri. Jadi aspek yang ditekankan pada bimbingan konseling sebenarnya adalah memberikan arahan, agar seorang individu mampu menghadapi permasalahan-permasalahan yang dialaminya.

Selain itu, kemampuan mengendalikan diri dan mengenali diri secara mendalam dapat menuntun seorang individu dalam membentuk sistem yang baik dalam masyarakatnya.

Maka bimbingan konseling, bisa juga difungsikan sebagai dasar seorang individu dapat menjalin komunikasi yang baik dengan sesamanya.

Baca Juga : Penyebab Terjadinya Gempa

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test