Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Biosfer

Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Biosfer –¬†Biosfer jika diartikan dibagi menjadi 2 kata yaitu Bio dan Sphere.

Bio dan Sphere berasal dari Bahasa Yunani yang dapat diartikan Bio adalah hidup dan Sphere yang berarti lapisan, jika digabung lapisan hidup.

Jika diartikan dari 2 kata tersebut maka berarti lapisan yang melindungi dan memungkinkan adanya kehidupan karena adalanya lapisan pelindung tersebut.

Maka dari itu Bumi dapat ditinggali oleh makhluk hidup danya biotik dan abiotic yang saling berkesinambungan dan atmosfer adalah lapisan yang melindungi makhluk hidup tersebut sehingga aman.

Pengertian mudahnya, biosfer adalah sistem ekologis yang menyatukan makhluk hidup dengan lingkungannya seperti litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara).

Lingkungan yang mampu ditinggali oleh makhluk hidup dan yang kita ketahui planet bumi adalah planet satu satunya yang dapat ditinggali atau di tempati karena memiliki biosfer yang mendukung dengan kehidupan.

Makhluk hidup memiliki cara dan peranannya tersendiri dalam biosfer. Biosfer sendiri dibagi 2 wilayah yaitu di daratan dan dilautan.

Jika dilautan habitat dan kehidupan makhluk laut dengan lingkungannya, jika daratan ini makhluk hidup yang hidup di darat termasuk burung karena masih termasuk di habitat daratan.

Sehingga ada faktor faktor yang dapat mempengaruhi biosfer itu sendiri.

Faktor yang Memperngaruhi Biosfer

Biosfer memiliki faktor yang dapat mempengaruhi. Faktor faktor yang dapat mempengaruhi biosfer antara lain :

  1. Faktor Abiotik

Faktor abiotik ini dapat mempengaruhi biosfer. Faktor abiotik ini berhubungan dengan faktor penunjang kehidupan biosfer bukan makhluk hidupnya. Misalkan makhluk hidup itu butuh makanan dan tempat tinggal untuk bertahan hidup.

  1. Faktor Iklim

Dalam biosfer faktor iklim ini juga dapat mempengaruhi, dari iklim yang tropis atau sub tropis.

Dari yang hanya memiliki 2 iklim musim atau 4 iklim musim. Sehingga tidak semua makhluk hidup sanggup hidup di semua tempat.

Sehingga menciptakan ligkungan yang berbeda beda dan beraneka ragam makhluk hidup seperti ada makhluk hidup yang sanggup hidup di tempat dingin bersalju, ada yang sanggup hidup di daerah panas dan sebagainya.

  1. Faktor Geologi

Selain dari iklim faktor yang mempengaruhi lainnya adalah faktor geologi. Faktor geolongi adalah faktor seperti kelembapan udara, jumlah air, tingkat temperature suhu, dan kadar lingkungan sekitar.

Sehingga semakin lengkap wilayah biosfer itu maka persentase makhluk hidup untuk hidup akan muncul dan bermunculan untuk ditinggali.

  1. Ketinggian Tempat

Faktor tempat ini juga dapat mempengaruhi biosfer karena ada yang mampu hidup di tempat tinggi seperti dataran tinggi maupun di dataran rendah.

Apa yang dibutuhkan makhluk hidup ini juga tergantung dengan tempatnya dan apa yang ada untuk melengkapi sehingga makhluk hidup itu mampu tinggal disana.

  1. Faktor Biotik

Faktor biotik ini juga sangat mempengaruhi biosfer. Faktor biotik ini adalah makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan sebagainya. Faktor biotik ini juga membuat makhluk hidup ini mendukung kehidupan makhluk hidup lainnya.

Contoh saja manusia butuh makan, mereka mengambil dari makhluk hidup yang lainnya seperti tumbuhan dan hewan. Hewan juga butuh tumbuhan, tumbuhan juga butuh faktor abiotik untuk hidup. Dari sini terlihat jika faktor faktor ini memiliki siklus yang berputar dan stabil.

Tetapi tergantung dari biotik dan dari alam juga jumlah naik turun dari faktor diatas dapat mempengaruhi biosfer di bumi sampai sekarang ini.

Demikian artikel saya tentang Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Biosfer, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga : Pengertian dan Proses Siklus Biogeokimia di Alam


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test