Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Definisi Sosiologi

Pengertian dan Definisi Sosiologi – Kita mungkin sering mendengar istilah sosiologi bahkan pernah belajar ilmu sosiologi di sekolah kita masing-masing, lalu tahukah Anda apa yang dimaksud dengan sosiologi?

Baik pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian sosiologi serta definisinya, baik secara umum sehingga menurut para ahli.

sebelumnya perlu kita ketahui bahwa ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masyarakat itu sudah ada sejak berabad-abad lamanya sebelum Masehi, salah satu catatan yang bertahan hingga kini adalah sebuah buku yang berjudul republik karya Plato, dalam buku itu diuraikan bagaimana kita mengorganisir masyarakat secara adil.

Definisi Sosiologi Secara Umum

Pengertian Sosiologi adalah sebuah studi ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Atau bisa juga sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang interaksi sosial masyarakat dalam kaitannya dengan struktur sosial. deskripsi yang diungkapkan dalam definisi ini menekankan sebuah aspek interaksi sosial dan struktur sosial dengan dimensi penting sosiologi.

secara umum memang definisi sosiologi mencangkup aspek yang luas. jadi bisa dikatakan dengan mudah bahwa sosiologi merupakan studi tentang masyarakat dan relasinya dengan, atau ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan masyarakat tersebut.

Untuk memahami definisi sosiologi secara detail, saya akan menjabarkan beberapa definisi sosiologi menurut para ahli, ada banyak tokoh yang mengemukakan mengenai definisi sosiologi itu sendiri.

Definisi Sosiologi Menurut Para Ahli

  • Pitrim A. Sorokin

Beliaumendefinisikan sosiologi sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan serta pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial dan hubungan antara gejala sosial dengan gejala gejala non sosial.

  • Roucek dan Warren

Disini merekamendefinisikan sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antara individu atau manusia dengan kelompok-kelompok masyarakat.

  • William F. Ogburn

beliau mendefinisikan sosiologi sebagai penelitian ilmiah terhadap suatu interaksi sosial serta hasilnya yang berupa organisasi sosial.

  • A Van Dorn dan C. J. Lamners

Mereka mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan tentang struktur dan proses sosial yang ada di masyarakat yang bersifat ajeg, berpola serta stabil.

Baca Juga :

Apa itu saja artikel kita kali ini semoga dapat membantu kalian semua, jangan lupa share agar semakin banyak orang yang tahu, terima kasih.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test