Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Definisi Kepemimpinan Menurut Ahli

Pengertian dan Definisi Kepemimpinan Menurut Ahli – Kata ‘kepemimpinan’ tentunya sudah akrab banget dengan kehidupan kita.

Kalau mendengar kata kepemimpinan, maka bayangan kita akan mengarah ke bidang industri dan organisasi.

Namun banyak dari kita yang menyebut- nyebut kata kepemimpinan tanpa tahu apa arti yang sebenarnya.

Maka dari itu, di artikel kali ini kita akan membahas mengenai kepemimpinan. Langsung saja yuk! Berikut penjelasannya!

Apasih kepemimpinan itu?

Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi (Nurkolis, 2003).

Selain definisi kepemimpinan dari Nurkolis, di bawah ini ada beberapa definisi kepemimpinan lainnya menurut para ahli tentunya.

  1. William G. Scott

Menurut Scott, kepemimpinan adalalah sebagai proses mempengaruhi kegiatan yang diorganisir dalam kelompok di dalam usahanya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

  1. Ordway Tead

Menurut Tead, kepemimpinan adalah sebagai perpaduan perangai yang memungkinkan seseorang mampu mendorong pihak lain menyelesaikan tugasnya.

  1. Tannenbaum, Weschler, dan Massarik

Tannenbaum, Weschler, dan Massarik mendefinisikan kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, yang dijalankan dalam situasi tertentu, serta diarahkan melalui proses komunikasi, kearah pencapaian satu atau beberapa tujuan tertentu.

  1. George R. Terry

Terry mendefinisikan kepemimpinan yaitu hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

  1. Kartini kartono

Menurut sosiolog Kartini Kartono, kemempinan itu sifatnya spesifik, khas, diperlukan bagi satu situasi khusus. Sebab dalam suatu kelompok akan melakukan aktivitas- aktivitas tertentu dan mempunyai suatu tujuan serta peralatan- peralatan yang khusus.

  1. Duben

Duben mendefinisikan kepemimpinan yaitu aktivitas para pemegang kekuasaan dalam membuat keputusan.

  1. Katz dan Kahn

Definisi kepemimpinan menurut Katz dan Kahn adalah peningkatan pengaruh sedikiy demi sedikit pada dan berada diatas kepatuhan mekanis terhadap pengarahan- pengarahan rutin organisasi.

  1. John W. Gardner

Menurut Gardner kepemimpinan sebagai proses pembujukan dimana individu- individu merangsang anggotanya meneruskan objektif yang ditetapkan oleh pemimpin dan dikongsi bersama oleh pemimpin dan pengikutnya.

  1. S. Bogardus

Borgadus mendefinisikan kepemimpinan sebagai kepribadian yang beraksi dalam kondisi- kondisi kelompok. Menurutnya, kepemimpinan bukan saja suatu kepribadian dan suatu gejala kelompok; ia juga merupakan suatu proses sosial yang melibatkan sejumlah orang dalam kontak mental dimana seseorang mendominasi orang- orang lain.

  1. C. Davis

Definisi kepemimpinan menurut Davis, yaitu kepemimpinan sebagai kekuatan dinamika yang pokok yang mendorong memotivasi dan mengkoordinasikan organisasi dalam pencapaian tujuan- tujuannya.

  1. M. Bellows

Menurut Bellows, kepemimpinan yaitu sebagai poses pengaturan suatu situasi sedemikian rupa, sehingga anggota- anggota kelompok termasuk si pemimpin, dapat mencapai tujuan bersama dengan hasil maksimum dan dengan waktu kerja minimum.

  1. M. Bundel

Menurut Bundel, kepemimpinan adalah seni mendorong atau mempengaruhi orang- orang lain untuk mengerjakan apa yang dikehendaki seseorang pemimpin untuk dikerjakannya.

  1. I. Munson

Definisi kepemimpinan menurut Munson yaitu, kepemimpinan sebagai kemampuan/ kesanggupan untuk menangani atau menggarap orang- orang sedemikian rupa untuk mencapai hasil yang sebesar- besarnya dengan sekecil mungkin pergesekan dan sebesar mungkin kerja sama.

  1. James M. Black

James mendefinisikan kepemimpinan adalah kemampuan yang sanggup meyakinkan orang lain supaya bekerja sama dibawah pimpinannya sebagai suatu tim untuk mencapai tujuan tertentu.

Nah readers, itu tadi definisi kepemimpinan menurut para ahli. Semoga artikel kali ini bermanfaat yha. Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test