Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Definisi Dataran Tinggi

Pengertian dan Definisi Dataran Tinggi –┬áDataran tinggi atau biasa disebut Plateau atau plato merpakan tanah datar yang berada pada ketinggian di atas tujuh ratus meter di atas permukaan laut.

Dataran ini terbentuk melalui proses erosi dan sedimentasi, proses sedimentasi dan erosi yang berlangsung dalam waktu yang panjang telah membentuk sebuah area yang datar dan biasanya daerah ini dikelilingi pegunungan.

dataran-tinggi

Biasanya dataran tinggi terbentuk cukup jauh dari pantai, dank arena letak geografisnya yang tinggi di perbukitan biasanya dataran tinggi akan lebih dekat ke hulu sungai.

Dengan letak dataran tinggi di atas tujuh ratus meter di atas permukaan laut , maka area ini memiliki iklim yang sejuk dan cocok untuk industry agraris, terutama holtikultura dan buah-buahan.

Ada dampak yang kurang baik dari dataran tinggi, karena areanya yang dikelilingi gunung dan perbukitan, kontur dari dataran tinggi cenderung lebih variatif atau lebih beraneka ragam karena menyesuaikan dengan perbukitan di sekitarnya.

Dengan kontur demikian pembangunan akan memiliki tantangan yang lebih karena kontraktor perlu menyesuaikan bangunan dengan kontur tanah yang ada.

Contoh beberapa dataran tinggi antara lain Dataran Tinggi Dekkan, Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Malang, dan Dataran Tinggi Alas.

Selain terbentuk karena proses erosi dan sedimentasi, dataran tinggi juga bisa terbentuk dari kaldera yang luas, biasa terbentuk di bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif. antara lain adalah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah Indonesia.

Secara singkat dataran tinggi merupakan tanah datar yang berada di atas tujuh ratus meter di atas permukaan laut, daerah ini tentunya memiliki kesuburan yang tinggi karena proses erosi dan sedimentasi yang membawa tanah humus dari pegunungan akan terakumulasi di sini. Secara geografis daerah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dataran tinggin diantaranya:

  • Memilki iklim yang relative sejuk
  • Subur
  • Dekat dengan hulu sungai
  • Resiko banjir rendah

Sedangkan kekurangannya:

  • Tanah berkontur dan tidak sepenuhnya datar akan menyulitkan dalam pembangunan
  • Akses ekonomi yang terbatas dibandingkan dataran rendah
  • Pilihan usaha industry yang terbatas dibandingkan dataran rendah
Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test