Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Definisi Agama

Ritaelfianis.com – Di sini saya akan membahas tentang Pengertian dan Definisi Agama. Tiap manusia pasti memiliki agama masing masing sesuai keyakinan yang di anutnya. Lantas, apa pengertian agama?

Definisi tentang agama.  Mungkin penjelasannya akan sedikit ribet, karena ini adalah tentang agama.

Agama adalah sesuatu yang bisa di bilang jalan menuju hidup lebih baik dan terarah. Oke, langsung saja kita bahas pengertian dan definisinya.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis-Jenis Zakat

Pengertian dan Definisi

Agama memiliki tatanan arti kehidupan sangat penting bagi manusia di manapun berada.

Apapun agamanya tujuan semuanya tetap satu yaitu iman dan percaya pada Tuhan.

Apapun nama dari Tuhannya itu adalah Hak Mereka menamainya sesuai dengan ajaran agama dari turun temurun.

Meskipun berbeda agama dan keyakinan seharusnya kita tetap dipersatukan. Berbeda beda tetapi tetap satu. Di sini saya tidak akan berat sebelah, saya hanya akan membahas tentang agama, bukan perbandingan agama.

Agama dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta tata kaidah tentang pergaulan antar manusia serta manusia dengan lingkungan.

Dalam Bahasa sansekerta agama berarti tradisi. Konsepnya di artikan religi yang artinya “Re” yaitu kembali dan “ligare” yaitu mengikat, jadi mengikat kembali dengan maksud mengikat kembali diri kepada Tuhan.

Menurut beberapa para ahli mengenai definisi agama :

  1. Emile Durkheim : sistem terpadu yang terdiri dari kepercayaan dan praktik yang berhubungan hal suci dan menyatukan penganutnya dalam komunitas yang disebut umat.
  2. Prof Dr M Drikarya : keyakinan suatu kekuatan supranatural yang mengatur dan mencitakan alam semesta dan isinya.
  3. H Moenawar Khalil : perlibatan tingkah laku manusia terhadap kekuatan supranatural sebagai konsekuensi atas pengakuannya
  4. Hendro Puspito : sistem yang mengatur hubungan manusia dana lam semesta dengan keyakinan.
  5. Jappy Pellokild : percaya adanya Tuhan yang maha Esa dan hukum hukumnya.

Di lihat dari pengertian di atas, maka peranan agama ini sangat berpengaruh dan sangat penting.

Penyampaian ilmu agama yang tepat dan sesuai, membuat manusia akan faham dan mengerti arti hidup, saling menghormati, rukun, dan tentunya bersama sama menjunjung tinggi agamanya dengan cara masing masing sehingga manusia mendapatkan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Unsur dalam agama bisa di persingkat seperti :

  1. Adanya Tuhan Yang Maha Esa yang dijadikan sesuatuu yang di tinggikan atau sesuatu yang harus dan wajib ada dalam agama
  2. Adanya Manusia sebagai umat yang iman dan meyakini Tuhan untuk mereka tuju siapa atau apa yang di sembah atau di puja.
  3. Adanya tempat, yaitu tempat peribadatan yang akan di tempati untuk melakukan ritual keagamaan.
  4. Kepercayaan terhadap agama dan apa isi di dalamnya yaitu Tuhan dan tata cara untuk melakukan pemujaan atau menyembah Tuhan dengan cara yang benar.

Jadi kesimpulannya, Tuhan adalah Pencipta Alam Semesta serta isinya. Menciptakan manusia untuk menyembah kepadanya.

Menciptakan tata cara melalui orang atau manusia yang di pilih oleh Tuhan untuk menuntun menuju ajaran agama sesuai kitab, buku, maupun dari contoh yang telah ada sejak lama.

Sehingga banyak bermacam macam agama dengan tata cara mereka sendiri sendiri.

Meskipun perbedaan itu banyak, setiap agama pasti mengajarkan kerukunan, saling menghormati tanpa adanya mana agama yang baik karena tujuannya sama yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

Demikian artikel tentang Pengertian dan Definisi Agama. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Konsep, Sejarah, Tujuan Dan Kelebihan Sistem Ekonomi Syariah

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test