Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Dan Dampak Erosi

Pengertian Dan Dampak Erosi – Melalui kesempatan kami kali ini akan khusus membahas tentang erosi atau terjadinya pengikisan pada tanah dalam kondisi tertentu yang merupakan sub materi mencakup tentang pengertian erosi, dan hal – hal lainnya yang berhubungan dengan definisi dan dampak dari erosi.

Pengertian erosi adalah merupakan salah satu bagian dari tenaga yang bersifat ‘eksogen’ selain kejaian – kejadian umum seperti pelapukan, dan ‘sedimentasi’ dimana berikut ini adalah ulasan berdasarkan rangkuman tentang erosi itu sendiri yang mungkin sudah banyak artikel – artikel sebelumnya pernah membahas untuk anda baca sebagai media memperkaya ilmu bagi para siswa / wi.

Selanjutnya adalah usai terjadinya permukaan bebatuan yang melapuk, akan muncul aliran bertenaga Kuda yang sangat kuat guna membawa semua material hasil dari pelapukan tersebut ke arah hilir sehingga terjadilah erosi. Dalam hal ini yang dimaksud dengan erosi adalah terjadinya proses pengikisan pada lapisan permukaan kulit bumi yang sebagian besar disebabkan karena adanya aliran es, air terlalu berlebihan / banjir dan angin besar.

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Erosi

Di bawah ini akan kami berikan beberapa faktor yang mudah untuk mempengaruhi lambat atau cepatnya erosi berlangsung pada suatu lapisan permukaan tanah, antara lain sebagai berikut :

  • Tergantung dari curah hujan yang banyak atau sedikit pada suatu tempat.
  • Tergantung dari kondisi tekstur tanah, dimana kondisi tanah yang resisten dengan aliran air maka akan kesulitan mengalami erosi dibandingkan dengan tanah yang tidak resisten.
  • Tergantung dari kondisi kemiringan tanah, dimana semakin miring maka semakin banyak munculnya tanda – tanda akan terjadinya erosi.
  • Tegantung dari tutupan tanah / vegetasi tanah, dimana tahah yang gundul akan lebih mudah untuk terjadinya erosi dibandingkan dengan tanah yang subur ditumbuhi oleh pepohonan di atasnya.

Dampak Dari Terjadinya Erosi

Tentu saja lebih banyak akan menemui kerugian besar dimana erosi jarang memberikan keuntungan bagi warga setempat dimana erosi tersebut sedang terjadi. Meskipun demikian ada sekelumit dampak positif yang bisa dianalisa dari terjadinya erosi yaitu alam akan membentuk bentang alam baru yang terlihan unik, cantik dan menarik secara alami, selain memberikan dampak negatif.

Menurut tim penelitian dari para ahli menjelaskan bahwa sekitar 50 % permukaan dari bumi ini terbentuk karena adanya sebuah proses skala besar dengan dibantu oleh air dan angin. Nah apabila erosi melanda tanah – tanah pertanian maka secara barangsur – angsur tanah di sekitarnya menjadi kurang subur karena menipisnya kondisi lapisan – lapisan tanah subur yang menutupi dasar tanah yang dimaksud.

Apabila terjadi pada daerah peisisr pantai maka akan menyebabkan garis pantai mudah berubha – ubah. Dampak terakhir yang bisa kami gunakan sebagai contoh adalah erosi yang dimaksud dalam hal ini sebagai polutan dan endapan terhadap jenis erosi yang terbawa oleh air, akan menyebabkan menumpuknya lapukan material di suatu tempat.

Jika area penumpukan terjadi dekat dengan waduk atau danau maka akan menyebabkan kedua tempat tersebut menjadi dangkal dan mudah ditumbui oleh tanaman air.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test