Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Contoh Reportase

Pengertian dan Contoh Reportase – Mendengar kata reportase seperti acara berita di televise, Reportase pagi, siang, malam. Kenapa kata reportase digunakan dalam acara pertelevisian.

Pasti ada hubungannya. Oleh karena itu kali ini saya akan menyampaikan tentang pengertian dan contoh reportase.

Pengertian reportase

  • KBBI : Pengertian Reportase adalah sebuah pelaporan atau pemberitaan, dikatakan juga sebagai teknik yang diajarkan pada wartawan agar bisa melaporkan kejadian berdasarkan pengamatan atau sumber tulisan.
  • Yanuar Abdullah : Reportase adalah laporan tentang suatu kejadian atau peristiwa yang ditulis untuk dimuat atau disiarkan di media massa, diperdagangkan melalui radio, dan ditayangkan melalui televisi.
  • Yurnaldi : Reportase adalah laporan secara menyeluruh yang berisi berita atau bukan berita serta ditambahi dengan keterangan dan latar belakang, juga dapat disertai kesimpulan-kesimpulan. Dalam arti luas reportase dapat disamakan dengan penerangan, menyampaikan sesuatu keterangan, apa sesungguhnya, di atas fakta, data, dan pendapat yang benar.
  • Steve Weinberg Reportase berasal dari bahasa Latin, reportare yang artinya membawa pulang sesuatu dari tepat lain.
  • Yumaldi : Reportase adalah kegiatan jurnalistik dalam meliput langsung peristiwa atau kejadian di lapangan.

Contoh Reportase

Koesworo membagi reportase menjadi 2 yaitu :

1). Reportase sederhana

Merupakan laporan-laporan yang dibuat wartawan secara sederhana atau berupa laporan perjalanan

2). Reportase mendalam yang terbagi menjadi 3 bagian yakni

  • Reportase interpretative

Merupakan reportase yang mengungkapkan peristiwa disertai usaha member arti pada peristiwa tersebut dan menyajikan informasi.

Charnley member ungkapan “ para reporter menghitung berapa kali audiens mengaplause pembicara, para analis mempelajari apa yang diaplaus dan mencoba memahami mengapa diaplaus”.

Jadi dalam reportase interpretative seorang reporter tidak hanya menghitung tetapi mencoba menjelaskan mengapa sesuatu itu terjadi.

  • Reportase partisipatif

Merupakan reportase yang lebih banyak ditentukan oleh permasalahan yang disajikan, reportase ini dibuat untuk menyajikan kehidupan sosial yang sebenarnya terjadi.

Bentuk laporannya bisa saja berupa dialog dengan narasumber mengenai suatu hal.

  • Reportase investigative

Merupakan reportase yang mengangkat kasus-kasus yang ada. Kasus yang dipilih biasanya kasus yang benar-benar berbobot untuk disajikan.

Reportase ini dilakukan untuk membuat sebuah laporan atau berita penyelidikan, wartawan melakukan penelitian, riset atau pelacakan akan suatu hal secara mendalam agar mendapatkan informasi berupa fakta, kebenaran atau apapun yang bisa menjadi laporan ini, tetapi dalam aktivitasnya tetap sesuai dengan aturan

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test