Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Contoh Paradigma

Pengertian dan Contoh Paradigma – Pengertian Paradigma sebenarnya adalah sebuah gabungan kata yang berasal dari Bahasa Yunani, terdiri dari kata “para” yang artinya di sebelah ataupun di samping, dan “diegma” yang berarti teladan, ideal ataupun model.

Namun, secara terminologis, paradigma dapat diartikan sebagai sebuah pandangan atau cara pandang yang digunakan untuk menilai dunia dan alam sekitarnya. Selain itu, para ahli juga turut memberikan pendapat mereka mengenai pengertian paradigma ini, berikut adalah diantaranya :

  1. Robert Freidrich

Paradigma adalah sekumpulan tata nilai yang membuat pola pikir seseorang sebagai titik tolak pandangannya sehingga terbentuk citra subjektif seseorang terhadap realita, sehingga berujung pada ketentuan bagaimana cara untuk menangani realita tersebut.

  1. Ini

Paradigma adalah landasan pikir, atau konsep dasar yang digunakan sebagai model atau pola yang dimaksud para ilmuan dalam usahanya, dengan mengandalkan studi-studi keilmuan yang dilakukannya.

  1. J. Ritzer

Paradigma adalah pandangan dasar para ilmuwan mengenai apa yang menjadi pokok permasalahan yang seharusnya dipelajari oleh satu cabang ilmu pengetahuan tertentu

Dalam keseharian kita, sebenarnya kita telah mengenal beberapa paradigma. Paradigma tersebut mungkin berupa pandangan-pandangan yang telah dianggap wajar secara umum dalam lingkungan bermasyarakat. Berikut adalah beberapa contoh paradigma yang ada di sekitar kita :

  1. Paradigma rekonstruksi teori

Paradigma ini berdasar pada rancangan ulang suatu teori atau metode yang sudah ada dan kembali digunakan untuk penelitian baru. Namun, metode lama tersebut harus bersifat relevan sehingga ada kesinambungan yang jelas dengan penelitian yang baru ini.

  1. Paradigma Piramida

Paradigm ini memiliki metode atau konsep yang bertahap. Misalkan terdapat piramida kecelakaan kerja dengan nilai 1 untuk cedera serius, 29 cedera ringan, dan 300 near miss. Disini berarti ada 1 hal yang dapat menyebabkan ketiga permasalahan diatas, dan dari rasio yang sudah disebutkan diatas, dengan menurunkan tingkat near miss, bisa saja menurunkan tingkat kemungkinan cedera yang ada diatasnya atau bahkan menghilangkannya.

  1. Paradigma kualitatif

Paradigma kualitatif adalah sebuah pandangan awan para pembuat makalah sebagai acuan untuk menentukan teori apa yang akan digunakan dalam penelitiannya. Secara kasar, paradigm ini digunakan untuk mencari gambaran teori sosial melalui metode induktif

  1. Paradigm siklus empiris

Paradigma siklus empiris ini berbentuk sebuah siklus dalam menjelaskan sebuah fenomena ilmiah.

  1. Paradigma deduksi-induksi

Paradigma ini difokuskan untuk metode kualitatif untuk deduksi, sedangkan untuk kuantitatif difokuskan untuk induksi tentunya dengan tahapan dari pengumpulan data hingga kesimpulan.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test