Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Dan Contoh Metamorfosis Sempurna

Pengertian Dan Contoh Metamorfosis Sempurna – Yang dimaksud dengan pengertian dari metamorfosis sempurna adalah sebuah proses terjadinya perkembangan / perubahan Biologi yang umum berlaku di dalam tubuh makhluk hidup yaitu berawal dari bentuk telur hingga menjadi makhluk hidup dewasa melalui fase / tahapan sempurna dan hanya mengalami beberapa perubahan kecil dalam bentuk Anatomi, Morfologi, ataupun Fisiologi.

Perubahan mencolok terjadi pada fisik yang disebabkan oleh adanya ‘diferensiasi’ sel disertai dengan proses pertumbuhan yang bersifat radikal maupun dinamik.

Pengertian Metamorfosis adalah sebuah proses terjadinya perkembangan Biologi dengan banyak melibatkan perubahan – perubahan dalam bentuk struktur disertai dengan adanya perubahan fungsi organ – organ tubuh pada makhluk hidup.

Salah satu contoh dari tahapan metamorfosis sempurna

Secara garis besar metamorfosis sempurna terjadi melalui fase yang berbeda – beda, contohnya adalah fase Telur, Larva, Pupa dan Nimfa. Pada beberapa kasus sering dijumpai sebuah proses tanpa melalui fase Pupa atau Nimfa yang berakhir menjadi makhluk dewasa disebut dengan nama Imago.

Berikut ini kami jelaskan masing – masing tahapan untuk lebih memudahkan para siswa / wi mengerti dan memahaminya sebagai contoh metamorfosis sempurna.

1. Telur

Sel – sel telur adalah calon bakal dari makhluk hidup untuk jenis betina, di masa depan akan mengalami perubahan menjadi ‘zigot’ usai melalui sebuah proses pembuahan oleh ‘spermatozoa’ pejantan. Hewan betina selanjutnya akan meletakkan telur – telur yang sudah dibuahi pada sebuah tempat yang aman untuk berkembang hingga menjadi anak – anak. Contohnya adalah terjadi pada Nyamuk betina yang menyimpan telur – telurnya di dalam air tergenang karena larva nyamuk yang baru menetas akan tumbuh subur dengan hidup di dalam genangan air. Sama dengan Kupu – Kupu, telur – telurnya tertata rapi dan menempel kuat pada dedaunan tanaman liar di ladang atau area persawahan, dimana ketika telur menetas dan menjadi larva, mereka adalah pemakan daun.

2. Nimfa

Nimfa adalah salah satu bentuk dari hewan muda yang prosesnya sama dengan ketika mereka sudah berbentuk makhluk dewasa, namun memiliki ukuran lebih kecil. Pada fase ini ditemukan beberapa organ yang belum seratus persen tumbuh dewasa. Bentuk Nimfa hanya ditemukan dalam metamorfosis tak sempurna.

3. Larva

Setelah melalui beberapa hari maka telur – telur mulai menetas dan akan menjadi larva / hewan muda. Fase ini biasa terjadi dalam metamorfosis Amfibi dan Serangga. Larva memiliki bentuk yang berbeda – beda apalagi jika sudah dewasa. Contohnya adalah larva Nyamuk atau jentik – jentik Nyamuk yang berbeda sekali dengan Nyamuk dewasa. Untuk Serangga jenis tertentu, mereka melalui proses berganti kulit yang dikenal dengan istilah ‘molting’ atau ‘ekdisis’ dimana kondisi ini terjadi karena ukuran tubuh mereka kian hari menjadi tumbuh membesar dimana mereka mulai bisa merasakan lapar lalu makan dengan sangat rakus / aktif.

Ketika tiba waktunya, larva akan mengurangi bahkan berhenti makan untuk selanjutnya memasuki fase pupa.

4. Pupa

Pupa atau kepompong merupakan fase ‘transisi’ dimana melalui kondisi ini Serangga dalam keadaan ‘inaktif’ / tidak makan. Adalah media bernama ‘kokon’ yang melindungi kepompong dari daerah luar yang sangat ganas, dimana di dalam kokon tubuh pupa melakukan gerakan – gerakan aktif metabolisme guna pembentukan organ – organ hingga menjadi hewan dewasa. Segala macam keperluan energi mereka diperoleh melalui cadangan makanan dalam tubuh larva. Fase pupa hanya terjadi pada Serangga atau hewan yang mengalami rangkaian metamorfosis sempurna. Contohnya adalah pada Nyamuk dan Kupu – Kupu.

5. Imago

Hingga tiba waktunya menjadi fase dewasa / Imago, dimana diketahui bahwa masing – masing hewan memiliki perbedaan terutama dalam hal waktu yang dibutuhkan hingga benar – benar mampu melakukan metamorfosis menjadi hewan dewasa. Seperti diketahui bahwa fase hewan dewasa adalah tahapan reproduksi dimana Imago selanjutnya saling melakukan perkawinan antara yang jantan dengan betina, nantinya akan melahirkan ratusan telur lalu mulai lagi dari awal mengikuti siklus perkembangbiakan dan pertumbuhan hewan secara berulang – ulang.

Contoh beberapa hewan yang melakukan metamorfosis adalah Kupu – Kupu, Tawon, Nyamuk, Lalat, Ngengat, Semut, Lebah Kutu, Kumbang, Kecoak, Belalang, Capung, Kepik, Rayap, dan Jangkrik. Dari sekian banyak kelompok hewan yang melakukan metamorfosis tersebut di atas selanjutnya dibagi menjadi 2 bagian yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tak sempurna.

Baca Juga :

Demikianlah kami menjelaskan secara singkat tentang pengertian dan contoh metamorfosis sempurna tersebut di atas. Semoga bermanfaat !

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test