Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Contoh Listrik Dinamis

Pengertian dan Contoh Listrik Dinamis – Listrik merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Segala aktivitas manusia pada kehidupan sehari-harinya tak lepas dari peran energi listrik. Mulai dari menjalankan mesin-mesin, sampai dengan keperluan sehari-hari seperti pemakaian lampu dan peralatan dapur. Saat ini pun diketahui pula banyak sekali pembangkit yang digunakan sebagai sumber listrik. Bahkan pada perkembangan saat ini, pembangkit listrik tidak hanya menggunakan tenaga kinetik saja.

Listrik dinamis sebenarnya hanya terjadi atau melalui konduktornya saja. Sedangkan isolator atau sumbernya disusun sedemikian rupa untuk menghindarkan pengguna dari sengatan listrik. Meski demikian, orang tidak bisa sembarangan dalam mempelajari aliran listrik ini. Dalam mempelajari bahkan untuk bisa membuat suatu aliran, perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang khusus. Jika tidak, aliran listrik yang bermanfaat ini bisa menjadi sesuatu yang berbahaya.

Baca Juga :

Pada listrik diketahui ada dua jenis yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Perbedaan keduanya terletak pada aliran atau perpindahan elektronnya. Pada listrik dinamis, aliran elektron dapat berlangsung terus menerus. Selain itu, listrik dinamis juga dapat diukur dengan alat ukur tertentu. Listrik dinamis ini banyak digunakan pada peralatan sehari-hari. Pemakaiannya biasanya diikuti oleh sumber energi untuk mendukung seperti aki,dynamo, dan lain sebagainya.

Listrik dinamis dapat bergerak atau mengalir pada suatu rangkaian listrik yang baik. Pergerakan ini merupakan pergerakan elektron yang berpindah. Muatan yang dihasilkan dapat melewati penghantar atau konduktor pada tiap satuan waktunya. Arah arus listrik pada listrik dinamis ini akan searah dengan gerakan muatan positif dan banyaknya muatan listrik yang mengalir melalui penghantar.

Pemakaian langsung dapat ditemukan misalnya pada bel rumah. Sumber listrik akan menghantarkan aliran elektron melalui kabel atau kawat pengantar lainnya sehingga sampai bel bisa berbunyi. Aliran ini terjadi terus menerus sampai ketika bel tidak dipencet lagi. Sehingga aliran elektron akan terhenti.

Pada contoh lainnya, seperti pada motor listrik, atau pada lampu senter yang menyala. Aliran listrik akan tetap mengalir ketika motor dinyalakan. Aliran akan berhenti juga ketika mesin motor dimatikan. Aliran itulah yang disebut dengan listrik dinamis. Hal ini disebabkan karena aliran listrik bergerak terus menerus sampai mesin dimatikan dan aliran elektron berhenti.

Baca Juga :

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test