Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Contoh Kosa Kata

Pengertian dan Contoh Kosa Kata – Pengertian kosa kata adalah merupakan aspek bahasa yang keberadaannya dalam khasanah Bahasa Indonesia cukup penting untuk diperhatkan. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (menurut Dekdikbut, 1996 : 527) mengartikan kosa kata sebagai perbendaharaan kata – kata.

Pendapat berbeda diberikan oleh Rahayu (1999 : 6), menjelaskan bahwa kosa kata adalah semua tentang kata – kata atau sekumpulan / perbendaharaan kata atau istilah yang tujuannya mengacu kepada konsep – konsep tertentu dikuasai oleh seseorang ahli atau erat hubungannya dengan suatu bahasa yang berlaku di dalam suatu lingkungan dalam lingkup kecil.

Pendapat Dowdowski (1982 : 1454) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kosa kata adalah keseluruhan dari sekumpulan kata – kata yang termasuk bagian dari sebuah bahasa dimana kosa kata merupakan hal – hal terhubung dengan kata – kata yang telah tersedia di dalamnya dan sudah mulai digunakan oleh para pembaca dan penulis termasuk kosa kata pasif yang umum dilakukan oleh pembaca dan pendengar.

Hal yang sama dilakukan oleh Adiwinarta – Husen (1994 : 7) menjelaskan bahwa : kosa kata adalah semua yang berhubugan dengan kata – kata yang terkandung di dalam sebuah bahasa dan kata – kata yang dikuasai oleh seseorang / segolongan orang di dalam lingkungan sejenis. Kosa kata juga berhubungan dengan sejumlah kata – kata terkait dengan frase terhadap susunan suatu bahasa yang bersifat alfabetis disertai dengan batasan – batasan diberi keterangan.

Menurut Swahnell (1986 : 633) menjelaskan bahwa makna kosa kata adalah pengaplikasian sebuah kata dalam bahasa, buku, sebuah karangan atau cabang ilmu pengetahuan lainnya berhubungan dengan penyusunan kata – kata di dalam rangkaian sebuah bahasa.

Dari beberapa pendapat tersebut diatas dapat diambil sebuah kesimpulan tentang pengertian dari kosa kata adalah perbendaharaan kata – kata yang dikuasai dan dimiliki oleh seseorang mengacu kepada konsep – konsep tertentu yang mempunyai aturan beserta kaidah – kaidah tertentu diaplikasikan guna memberi dan menerima informasi.

Kosa Kata Dalam Bahasa Inggris Untuk Anak – Anak

Kosa kata di dalam hubungannya dengan Bahasa Inggris adalah sebuah atau beberapa kata yang mengandung makna berhubungan dalam pengaplikasian dengan Bahasa Inggris yaitu sebuah / beberapa kata yang mengandung makna / arti tertentu bersyarat dan ‘terimplikasi’ yang nantinya akan digunakan di dalam kalimat / kiasan untuk pemanfaatan kehidupan sehari – hari baik itu yang sifatnya positif atau negatif. Contohnya adalah ‘idiom di dalam Bahasa Inggris.

Di bawah ini kami berikan contoh kosa kata yang bermakna dalam struktur / tata Bahasa Inggris disertai arti masing – masing merupakan contoh – contoh kosa kata Bahasa Inggris yang patut untuk dipraktekkan sehingga terbiasa nantinya digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

  1. Two wrong’s don’t make a right. Membalas kejahatan dengan melakukan kejahatan lain tak akan membuat kondisi menjadi lebih baik.
  2. When the going get’s tough, the tough get’s going. Saat perjalanan mulai terasa sulit, orang yang kuat akan tetap melakukan perjalanan.
  3. A picture is worth a thousand word’s. Sebuah gambar dapat merefleksikan lebih banyak arti dibandingkan dengan kata – kata.
  4. Do not pray for easy live’s. Pray to be stronger men. Hindari berdoa untuk kehdupan yang lebih mudah, berdoalah untuk menjadi orang yang kuat.
  5. Getting up early in the morning is a sign that you can achieve the life’s goal better than yesterday. Bangun pada waktu pagi hari adalah tanda bahwa anda akan mampu mencapai tujuan menjadi lebih baik dari hari kemarin.
  6. Practise makes us right, repetition’s make us perfect. Dengan melakukan praktek nyata akan membuat anda merasa benar, sedangkan pengulangan menyebabkan anda menjadi sempurna.
  7. Never lose hope, because it’s the key to achieve all your dreams. Hindari untuk patah harapan, karena itu bisa merupakan sebuah kunci guna meraih semua harapan kalian.
  8. If we never try, we will never know. Apabila anda tidak pernah berani mencoba, maka anda tak akan pernah tahu.

Demikian kami menjelaskan tentang pengertian kosa kata, semoga memberikan manfaat.

Baca Juga :

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test