Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Cara Pemanfaatan Daur Ulang Limbah

Pengertian dan Cara Pemanfaatan Daur Ulang Limbah – Limbah adalah suatu zat atau bahan sisa buangan yang dihasilkan dari suatu proses hasil sisa atau buangan dari berbagai kegiatan manusia.

Bentuk dari suatu limbah dapat berupa tumpukan barang sisa yang sudah tidak terpakai atau tidak berguna lagi.

Faktor limbah ini dapat berpengaruh terhadap keseimbangan lingkungan yang daapt menjadi terganggu jika jumlah hasil sisa buangan tersebut sudah melebihi ambang batas toleransi lingkungan yang disyaratkan.

Dampak negatif yang dapat terjadi adalah pengaruhnya terhadap kesehatan manusia yang hidup, sehingga perlu dilakukan tindakan yang serius terhadap keberadaan limbah tersebut.

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan iklim tropis dan sub tropis

Pemanfaatan Daur Ulang Limbah

Pemanfaatan daur ulang limbah adalah suatu sistim penggunaan kembali bahan-bahan sisa yang sudah tidak digunakan, di proses kembali menjadi bentuk bahan lain yang dapat digunakan kembali dengan aman.

Macam-Macam Limbah Yang Dapat Di Daur Ulang

  • Kertas. Dalam hal ini semua jenis kertas pada dasarnya dapat didaur ulang, seperti kertas koran ataupun jenis kardus.
  • Gelas. Jenisnya dapat berupa botol kecap, botol sirup, dan gelas atau piring, serta semua barang yang dikategorikan sebagai barang pecah belah. Semua jenis tersebut dapat digunakan kembali untuk membuat barang yang sama dalam bentuk baru.
  • Aluminium. Jenisnya dapat berupa kaleng bekas makanan dan minuman yang dapat dimanfaatkan kembali berupai kaleng pengemas dalam bentuk baru.
  • Baja. Jenis baja sisa dari bahan kontruksi bangunan akan sangat berguna sebagai bahan baku didalam pembuatan baja baru.
  • Plastik. Jenis limbah plastik dapat dilebur dan diproses kembali menjadi bentuk bahan pembungkus baru yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, dapat dijadikan sebagai tas, botol minyak pelumas, botol minuman, dan botol sampo.

Beberapa jenis limbah ada yang dapat dimanfaatkan secara langsung atau pun dilakukan melalui proses daur ulang:

  • Ampas tahu

Ampas tahu merupakan bahan limbah yang dapat digunakan kembali sebagai bahan makanan ternak.

Limbah tersebut sangat dipercaya mempunyai kandungan  gizi tinggi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak.

  • Eceng gondok

Eceng gondok dapat difungsikan menjadi suatu limbah perairan apabila populasinya dibilang terlalu banyak.

Didalam kondisi saat ini, daun dari enceng gondok dapat dipergunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan barang kerajinan seperti tas.

  • Sampah organik

Jenisnya dapat berupa daun-daunan ataupun berupa kotoran ternak. Kedua jenis sampah organik tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami atau yang biasa dikenal sebagai kompos.

Manfaatnya akan sangat berguna bagi pertumbuhan dan perawatan tanaman. Manfaat lain bagi penggunaan pupuk organik ini adalah tidak akan  merusak kesuburan tanah.

Mengurangi Limbah dalam Kehidupan Sehari-hari Dengan Cara Penggunaan Kembali.

  • Pemanfaatan kembali atau re-use, yaitu pemanfaatan kembali barang bekas tanpa perlu adanya pengolahan bahan, untuk suatu tujuan yang sama atau dapat juga berbeda dari tujuan asalnya. Contohnya: penggunaan kembali bahan-bahan plastik atau kertas bekas untuk dapat dijadikan benda-benda souvenir,  ban bekas dijadikan tempat pot atau kursi taman dan lain sebagainya.
  • Recycle, yaitu pengolahan kembali atau recycle, yaitu pemanfaatn kembali suatu barang bekas dengan cara mengolah bahan tersebut untuk dapat digunakan kembali. Contohnya: sampah atau berbagai kertas bekas, pecahan barang pecah belah, atau kaca, besi atau logam bekas dan sampah organik.
  • Reduce, yaitu mengurangi atau reduce, adalah berupa semua bentuk kegiatan atau berupa bentuk perilaku yang dapat bertujuan dapat mengurangi produksi sampah yang terjadi. Contohnya: Misalnya, dengan melakukan pengurangan penggunaan jumlah kantong plastik di bumi, dan lebih banyak menggunakan tas atau kantong yang dapat digunakan kembali.
  • Replace, Sifatnya untuk dapat menggantikan dengan bahan yang dapat dipakai kembali atau replace. Hal ini merupakan suatu upaya untuk mengubah kebiasaan buruk yang dapat mempercepat produksi sampah, terutama sampah yang sifatnya sukar untuk dapat diolah kembali dan sampah yang berbahaya.
  • Refill, Yang mempunyai pengertian untuk dapat mengisi kembali packaging ataupun wadah produk yang sudah dipakai.
  • Repair, Mempunyai pengertian melakukan suatu pemeliharaan atau perawatan untuk menjaga agar produksi limbah tidak bertambah.

Baca Juga : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Penguapan

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test