Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Pengertian dan Cara Kerja DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Pengertian dan Cara Kerja DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) – Dynamic Host Configuration Protocol atau disingkat dengan DHCP merupakan salah satu protocol  pada jaringan komputer yang secara otomatis  bisa meminjamkan bahkan memberikan IP address kepada host yang ada pada satu jaringan.

Maka dengan bantuan DHCP tersebut sang administrator  tidak perlu melakukan konfigurasi host secara manual yang ada pada jaringan lokal dan memakan waktu juga.

Sang adminstrator cukup melakukan settingan pada komputer yang menjalankan service DHCP dan IP address secara otomastis akan terbentuk.

Baca Juga : Resiko Yang Harus Anda Tanggung Bila Melakukan Root Android Pada Smartphone

DHCP dapat bekerja jika adanya server yang menjadi penyedia layanan para client dalam satu jaringan. Jadi DHCPserver adalah sebuah komputer yang akan memberikan pijaman IP address kepada seluruh host komputer  atau komputer DHCPclientyang terhubung dalam satu jaringannya.

Sedangkan DHCPclient adalah komputer yang akan menerima pinjaman IP address dari DHCP serveryang terhubung dalam satu jaringannya.

Cara kerja DHCP dalam sebuah jaringan

Dalam proses peminjaman IP address dari komputer DHCPserver ke DHCPClient terdapat 4 tahapan, yaitu:

  • Tahap 1 (IP Least Request)

Pada tahap pertama ini, DHCPClient akan meminta IP Address yang berada pada DHCPserver pada jaringannya.

Tapi sebelumnya si DHCPClient ini akan melakukan pengecekan apakah ada DHCPserver pada jaringan tersebut, jika ada maka si client akan meminta IP address pada DHCPserver.

  • Tahap 2 (IP Least Offer)

DHCP server sakan menerima permintaan IP address dari DHCP client dan server melakukan IP address pada client.

  • Tahap 3 (IP Lease Selection)

DHCP client akan menerima tawaran dari DHCP server atas perminataan IP address yang dikirimnya tadi. Jika si client menerima atau mensetujui  tawaran dari DHCP server tersebut, maka client akan mengirimkan sebuah pesan kepada server yang berisi DHCP server harus meminjamkan salah satu IP address yang ada pada DHCP poolnya. Sedangkan DHCP Pool adala range IP address yang dapat digunakan oleh host untuk terhubung dengannya.

  • Tahap 4 (IP Least Acknowledge )

Inilah tahap terakhir dari 4 tahapan cara kerja DHCP. DHCP server akan menerima pesan dari DHCP client  dan akan langsung mengirimkan paket acknowledge yaitu IP address dan informasi – informasi yang diperlukan.

Setelah IP address di berikan kepada client, maka si server akan melakukan pembaharuan pada databasenya, sedangkan si client akan melakukan penginisialisasi dengan mengikat (binding) nomor IP address yang diperolehnya dari server tadi sehingga DHCP Client dapat beroperasi pada jaringan tersebut.

Jadi ketika sebuah komputer client yang dihubungkan pada sebuah jaringan, maka komputer client tersebut  akan meminta IP address ke DHCP server, jika IP address tersebut tersedia maka si server ini akan menjawab permintaan tersebut dan memberinya informasi yang berhubungan dengan IP address seperti dns, gateway dan subnetmask pada komputer client.

Setelah meminjamkan IP address tersebut, maka si DHCP Server akan melakukan pencoretan IP pada daftar pool  yang dimilikinya, dengan begitu IP address sudah dipinjamkan kepada salah satu client dalam jaringannya.

Tetapi, jika dalam DHCP server tersebut sudah tidak ada IP address yang tersedia, maka permintaan DHCP client akan ditolak dan tidak akan memperoleh IP address DHCP server pada jaringannya, sehingga DHCP client ini tidak bisa mengakses jaringan dan terhubung dlama jaringan.

Biasanya IP address yang dipinjamkannya memiliki batas waktu yang telah di setting oleh sang administrator jaringan, sehingga ketika periode penggunaan IP address selesai maka di anggap sudah berakhir dan dikembalikan ke DHCP server.

Jika menginginkan IP address tersebut dipakai, maka harus melakukan request ulang, karena jika tidak, si DHCP server bisa saja meminjamkan IP address pada komputer client lainnya yang membutuhkan IP Address.

Baca Juga : Ramos i9s Game Edition, Tablet Android 8,9 Inci dengan Kontroller Wireless

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme