Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Beberapa Ciri Makhluk Hidup

Pengertian dan Beberapa Ciri Makhluk Hidup – Makhluk hidup merupakan struktur biologi dengan sifat tertentu yang membuatnya dapat dikatakan ‘hidup’. Ada beberapa ciri yang membedakan antara makhluk hidup dengan benda tak hidup.

Berikut kami paparkan mengenai pengertian dan ciri-ciri makhluk hidup beserta penjelasannya

Pengertian Makhluk Hidup

Makhluk hidup adalah struktur biologi dengan sifat-sifat tertentu yang membuatnya dapat dikatakan sebagai makhluk hidup.

Karakteristik itulah yang membuat makhluk hidup dapat beradaptasi dengan adanya perubahan lingkungan.

Baca Juga :

Secara garis besar, penyusun tubuh makhluk hidup ada 5 tingkatan. Dimulai dari sel yang merupakan unit structural terkecil, lalu sel berkumpul dan membentuk jaringan.

Jaringan kemudian berkumpul menjadi organ, dan organ pun akan membentuk sistem organ. Terakhir sistem organ membentuk suatu organisme.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

1. Bernapas (Respirasi)

Bernapas atau respirasi merupakan proses pertukaran gas dengan masuknya oksigen dan keluarnya karbondioksida.

Proses ini sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, karena oksigen merupakan komponen utama yang dibutuhkan makhluk hidup untuk melakukan aktivitas.

Proses respirasi setiap makhluk hidup berbeda-beda tergantuk kelompoknya.

Manusia dan sebagian besar hewan yang hidup di darat menggunakan paru-paru sebagai organ pernapasannya, sementara sebagian besar hewan yang hidup dilaut menggunakan insang sebagai organ pernapasan.

Sedang untuk tumbuhan organ pernapasannya disebut dengan stomata.

Adapula sekelompok makhluk hidup yang menggunakan organ tubuh lain sebagai organ pernapasannya, seperti cacing tanah yang menggunakan kulit sebagai organ pernapasannya.

2. Membutuhkan Makanan (Nutrisi)

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan atau nutrisi untuk dapat bertahan hidup. Berdasarkan pemenuhan kebutuhan nutrisinya, makhluk hidup dikelompokkan menjadi dua, yaitu :

  • Autotrof, merupakan makhluk hidup yang dapat memenuhi kebutuhan makanannya sendiri. Makhluk hidup yang termasuk autotrof adalah semua tumbuhan yang memiliki klorofil atau zat hijau daun.
  • Heterotrof, merupakan makhluk hidup yang tidak dapat memproduksi kebutuhan makanannya sendiri sehingga pemenuhan kebutuhan makanan mengambil cadangan makanan dari organisme lain. Contoh makhluk hidup yang termasuk heterotroph adalah hewan, jamur dan tumbuhan yang tidak berklorofil.

3. Bergerak

Yang dimaksud gerak adalah adanya perubahan posisi dari suatu kesetimbangan.

Setiap makhluk hidup pasti melakukan pergerakan meskipun sangat lambat.

Untuk melakukan pergerakan makhluk hidup membutuhkan alat gerak seperti kaki, sayap, sirip dan anggota tubuh lainnya.

4. Tumbuh dan Berkembang

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran, massa, dan volume dari makhluk hidup sehingga menyebabkan pembesaran sel dalam tubuh.

Pertumbuhan memiliki sifat permanen dan irreversible atau tidak dapat kembali.

Contoh dari pertumbuhan makhluk hidup seperti bertambahnya tinggi dan berat badan pada manusia, bertambah panjangnya ukuran batang pada tumbuhan dan sejenisnya.

Perkembangan adalah proses perubahan makhluk hidup menuju kedewasaan. Berbeda dengan pertumbuhan yang dapat diukur dan dapat dinyatakan secara kuantitatif, perkembangan tidak dapat diukur dan sifatnya kualitatif.

Contoh dari perkembangan adalah bagaimana manusia yang saat bayi hanya bisa menangis kemudian mulai bisa berbicara, atau pada tumbuhan yang mulai tumbuh buah dan bunga.

Makhluk hidup akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan hingga mencapai batas dan kemudian mati.

5. Berkembang Biak (Reproduksi)

Reproduksi merupakan upaya makhluk hidup untuk mempertahankan jenisnya dengan memperbanyak keturunannya.

Setiap makhluk hidup memiliki cara perkembangbiakan yang berbeda-beda .

Pada hewan, cara berkembang biak dibagi menjadi 3 yaitu vivipar (melahirkan), ovipar (bertelur) dan ovavipar (bertelur  dan beranak) Sedangkan pada tumbuhan, cara berkembang biak dibagi menjadi dua yaitu secara generative (kawin) dan vegetatif (tidak kawin),

6. Adaptasi        

Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. Kemampuan adaptasi akan membentuk tubuh, fungsi alat tubuh juga tingkah laku sesuai dengan tempat tinggalnya.

Adaptasi dibagi menjadi 3 yaitu adaptasi morfologi atau adaptasi dari bentuk dan struktur tubuh, adaptasi fisiologiatau adaptasi dari fungsi tubuh maupun organ, dan adaptasi tingkah laku atau adaptasi sari perbuatan maupun sifat makhluk hidup.

7. Melakukan Metabolisme

Merupakan terjadinya reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh makhluk hidup. Reaksi tersebut dapat berupa penguraian maupun penyusunan zat tertentu agar dapat diserap oleh tubuh.

8. Mengeluarkan zat sisa (ekskresi)

Makanan yang telah masuk ke dalam tubuh akan diolah dalam proses metabolisme. Kemudian zat yang tidak dibutuhkan akan dikeluarkan melalui proses ekskresi.

9. Peka terhadap Rangsang (Iritabilitas)

Iritabilitas adalah bagaimana makhluk hidup dapat memberikan respon terhadap rangsangan disekitarnya seperti berupa cahaya, suara, sentuhan dan lainnya.

10. Pengaturan Tubuh (Regulasi)

Regulasi merupakan pengaturan tubuh oleh beberapa struktur biologis dan kimia agar mampu menjalankan fungsi dengan baik.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian dan Beberapa Ciri Makhluk Hidup. Semoga bermanfaat.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test