Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

 Pengertian dan Bagian-bagian Nodus Limfa

Pengertian dan Bagian-bagian Nodus Limfa – Nodus limfa merupakan bagian kecil dari sistem limfatik yang berperan penting dalam menyaring zat-zat berbahaya.

Sistem limfatik sendiri terdiri dari cairan limfa, pembuluh limfa dan nodus limfa. Nodus limfa merupakan organ penting yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

Antara Nodus limfa yang satu dengan yang lain dihubunagkan oleh struktur yang disebut pembuluh limfa Nodus limfa berukuran 1-2,5 cm yang berbentuk seperti kacang kecil dan tersebar secara luas di seluruh tubuh.

Baca Juga : Proses Pembentukan Tulang pada Manusia

Sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh, Nodus Limfa berisi sel-sel imun yang memiliki fungsi utama menyerang dan menghancurkan kuman di dalam cairan limfa.

Sel imun yang terdapat di dalam nodus limfa tersebut terdiri dari bagian limfosit yang beperan dalam menyerang virus, bakteri, dan kuman lainnya.

kemudian bagian makrofag yang berperan dalam menghancurkan zat asing yang masuk ke dalam tubuh, dan sel yang rusak.

Fungsi lain dari nodus limfa adalah untuk menyaring cairan limfa yang digunakan, dan mengambil sisa-sisa jaringan atau sel yang berada di dalam cairan limfa.

Kemudian cairan limfa akan mengalir secara lambat ke seluruh tubuh.

Di ujung prosesnya, pada cairan yang telah tersaring, garam-garam mineral, dan protein akan dikembalikan masuk ke system peredaran darah.

Tahukah Kalian? bahwa terdapat sekitar 600 sampai 700 nodus limfa yang tersebar di seluruh tubuh manusia.

Nodus limfa dapat ditemukan di leher, dada, ketiak, rongga perut, dan pangkal paha.

Setelah mengetahui tentang pengertian Nodus limfa, tidak lengkap rasanya jika kita belum mengetahui struktur atau bagian dari Nodus Limfa itu sendiri.

Penasaran apa saja susunan dari nodus limfa? mari kita simak penjelasan berikut ini.

Nodus limfa dalam tubuh diselaputi oleh sebuah kapsul fibrosa yang tersusun dari jaringan ikat.

Terdapat 2 bagian utama dari nodus limfa yaitu korteks dan medula.Pada korteks terdiri sel limfosit B juga sel limfosit T, Sedangkan pada medula terdiri dari plasma sel, makrofag dan sel limfosit T.

Telah dijelaskan sebelumnya antara satu limfa dengan yang lainnya dihubungkan oleh pembuluh limfa yang memiliki struktur hampir serupa dengan pembuluh darah.

Berikut ini merupakan bagian – bagian dari nodus limfa yang terdiri dari 4 bagian utama, yaitu :

1). Kapsul Nodus Limfa

Kapsul nodus limfa merupakan bagian paling luar dari nodus limfa yang memiliki peran sebagai pelindung bagian yang ada dalamnya.

Kapsul ini tersusun dari jaringan ikat yang tak beraturan dan serat kolagen tipis. Kedua susunan ini, kemudian akan membentuk struktur yang menyerupai membran.

2). Subkapsula Nodus Limfa

Subkapsula Nodus Limfa merupakan bagian dari nodus limfa yang berbentuk seperti ruangan yang berfungsi untuk melancarkan pergerakan cairan limfa.

Subkapsula nodus limfa ini sering dikenal dengan sebutan sinus limfa atau sinus marginal.

pada bagian ini sangat berperan penting dalam mendeteksi tahap awal tumor yang dapat tumbuh pada nodus limfa.

3). Korteks Nodus Limfa

Korteks Nodus Limfa merupakan bagian utama yang letaknya berada setelah subkapsula.

Pada korteks terdiri dari bagian luar yang disusun oleh sel limfosit B dan kemudian membentuk folikel.

Sedangkan pada bagian dalam korteks disusun oleh sel limfosit T. Bagian luar dan bahian dalam dari  korteks ini berperan penting untuk melakukan kinerjanya saat terjadinya infeksi.

4). Medulla Nodus Limfa

Medula Nodus Limfa merupakan bagian tpaling dalam dari nodus limfa yang tersusun dari pembuluh darah, saluran sinus dan struktur menyerupai batang yang berisi sel dan berperan penting dalam mensekresikan antibodi.

Baca Juga : Hormon paling dibutuhkan saat membentuk tubuh

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test