Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Dampak dan Contoh Chauvinism

Pengertian, Dampak dan Contoh Chauvinism – Ritaelfianis.com – Arti Chauvinisme merupakan suatu ajaran dan suatu faham tentang fanatisme seseorang terhadap negaranya secara berlebihan sehingga merendahkan kualitas negara lain atau menganggap bangsa lain sebagai bangsa yang mempunyai kualitas lebih rendah.

Bentuk dari suatu faham Chauvinisme ini adalah suatu sikap percaya dengan ciri mempunyai satu pandangan saja tanpa memikirkan kelebihan dan kekurangan ataupun baik dan buruknya pandangan dari faham lainnya.

Faham dan sejarah chauvinisme dalam bentuk perwujudan chauvinisme digunakan sejak tahun 1960.

Baca Juga : Pengertian, Prinsip, Manfaat, Contoh dan Tujuan Ergonomi

Cikal bakal Chauvinisme berasal dan tumbuh dari nasionalisme barat yang pada akhirnya melahirkan suatu semangat dan pahaman agresif yang dimiliki oleh kaum pria terhadap wanita.

Istilah demikian sampai sekarang tetap digunakan, namun hanya segelintir saja yang mengetahui arti harafiah dari chauvinisime itu sendiri.

Contoh bentuk faham Chauvinisme yang pernah terjadi saat dikemukakan oleh Albert Hitler yang mengeluarkan suatu motto “Deutschland Uber Alles in der Welt” dengan peengertian bahwa “Jerman di atas segala-galanya dalam dunia”.

Motto ini menjadi teriakan penyemangat yang sering di gunakan Jerman untuk memberi semangat pada kejuaraan sepakboleh Eropa Tahun 2000.

Pengertian Chauvinisme Menurut Para Ahli

  1. Inoviana

Faham Chauvinisme adalah suatu istilah yang dipergunakan untuk menunjukan atas suatu pencerminan pada suatu bentuk kesetiaan yang fanatik terhadap suatu pihak tanpa mau mempertimbangan sudut pandang dari faham pihak lain.

  1. Mirandalaurensi

Arti Chauvinisme adalah suatu bentuk tindakan yang mengagung-agungkan negaranya akan tetapi menganggap negara lain rendah. Ciri khas chauvinisme ialah suka menghina atau merendahkan negara lainnya.

  1. St-Times

Definisi Chauvinisme adalah suatu bentuk kebanggaan atau rasa cinta terhadap tanah air secara berlebihan, dan meremehkan atau melecehkan bangsa lain.

  1. Wikipedia

Pengertian chauvinisme menurut wikipedia adalah suatu bentuk ajaran mengenai cinta terhdap tanah air secara berlebihan-lebihan.

Negara yang Pernah Menerapkan Paham Chauvinisme

  1. Jerman

Bangsa Jerman yang memang sudah menganut ideologi atau faham Chauvinisme sejak lama ini notabene pernah memiliki seorang pemimpin yang kejam, kaku, menghujat kaum yahudi, anak cacat dan kaum kembar. Keadaan inilah yang memicu terjadinya perang dunia I dan dipimpin oleh Adolf Hitler.

  1. Jepang

Jepang merupakan suatu negara yang memiliki kmajuan yang sangat pesat dalam membangkitkan negaranya kembali setelah dihancurkan oleh bom atom dan juga bencana tsunami.

Hal ini dikarenakan oleh kepopuleran mereka yang terkenal akan  kecerdasan akan teknologinya.

Negara ini pernah dipimpin oleh seorang  chauvinisme bernamaTenno Haika yang menganggap negara lain tidak lebih baik dari negaranya.

  1. Italia

Italia adalah negara yang mempunyai sejarah unik, pelopor beberapa nama parfum dan menjadi fashion dunia ini, pernah dipimpin yang juga menganut paham Bennito Mussolini yang menganggap negara lain adalah negara peniru dan tidak kreatif sehingga pahamannya dikenal sombong dan juga kaku.

Dampak Negatif Chauvinisme

  • Dapat memunculkan peperangan dan pertikaian antar bangsa dan Negara
  • Dapat menyebabkan keruh dan rusaknya perdamain dunia.
  • Dapat menimbulkan ketergangguan dalam pembagunan, karena perasaan tertutup terhadap negara lain (tidak menerima saran).
  • Dapat menjadikan jiwa seseorang menjadi lebih terisolasi dengan ketertutupan dan sulit bersosialisasi dengan orang lain
  • Cenderung melupakan TUHAN yang maha esa sebagai pencipta alam semesta
  • Dapat membuat seorang pemimpin tidak mempunyai rasa takut sedikitpun untuk bersikap ekstrim atau agresif menyerang negara lain demi kekuasaan
  • Dapat membuat seseorang tidak mampu berfikir positif tentang kebaikan bangsa lain

Dampak Positif Chauvinisme

Meskipun cenderung bersifat negative, ternyata paham chauvinisme dapat menimbulkan sikap posif.

Contohnya dampak postif chauvinisme adalah dapat mempersatukan warga negaranya menjadi satu kesatuan yang tunduk pada pemerintahan.

Hal ini pernah terjadi padaa Nicolas Chauvin yang merupakan salah satu penganut faham Chauvinisme yang pertama.

Dia adalah seorang prajurit Napoleon Bonaparte, yang sangat fanatik dan loyal terhadap pimpinan negaranya.

Baca Juga : Pengertian, Proses, Contoh dan Dampak Akulturasi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test