Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian CPU, Ram dan VGA

Pengertian CPU, Ram dan VGARitaelfianis.com – Artikel kali ini akan membahas seputar komponen-komponen yang terdapat dalam piranti komputer, seperti CPU, RAM serta VGA.

Semoga penjelasan di bawah ini dapat menambah pengetahuan para pembaca sekalian, ya!

PENGERTIAN CPU

Para pembaca tentu tidak asing dengan piranti komputer yang satu ini. Bentuknya yang tak jauh besar dari monitor mudah sekali untuk terdeteksi penglihatan kita.

Namun, tahukah Anda mengenai CPU ini?

CPU atau Central Processing Unit ialah termasuk piranti keras atau hardware yang berfungsi sebagai pemroses data utama dalam piranti komputer.

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan antara LCD dengan LED

CPU juga dapat dikatakan sebagai ‘otak’ dari komputer karena komponen ini bertugas untuk mengatur tiap aktivitas dalam komputer serta menjalankan semua program yang ada di dalamnya, seperti software maupun aplikasi lainnya.

Tanpa adanya CPU ini, maka komputer yang kita pakai tidak akan bisa melakukan apapun ataupun menjalankan program di dalamnya.

Di dalam CPU pasti terdapat sebuah ‘prosesor’ yang berbentuk chip tanam yang memiliki fungsi untuk mengkalkulasi program komputer.

Seiring berkembangnya teknologi dan pengetahuan manusia, sebuah CPU saat ini dapat memiliki lebih dari satu chip prosesor atau dapat disebut dengan ‘processor core’.

Mungkin para pembaca seringkali mendengar beberapa istilah yang berkaitan dengan CPU, seperti ‘dual core’ yang berarti bahwa sebuah CPU tersebut tersusun dari dua processing core ataupun ‘quad core’ yang dimana didalamnya terdapat empat  processing core. CPU yang sangat canggih bisa saja memiliki enam bahkan delapan processing core.

Terdapat beberapa fungsi yang dimiliki oleh sebuah CPU, seperti mengambil dan memanggil data yang tersimpan dalam hard disk CPU yang telah diberi sebuah nama atau alamat sebelumnya.

Selain itu, CPU juga berfungsi untuk menerjemahkan suatu program yang hendak dieksekusi agar dapat terbaca oleh CPU sebelum program tersebut dijalankan, hal ini membantu CPU untuk bekerja lebih cepat dan efisien bagi pengguna komputer.

Fungsi CPU lainnya ialah sebagai pengeksekusi sebuah program yang hendak digunakan oleh pengguna komputer, dimana CPU akan mengkalkulasi atau melakukan penghitungan menggnakan ALU (Arithmetical Logical Unit) yang gunanya memecahkan hitungan matematika dan logika yang terdapat dalam komputer.

CPU juga berfungsi sebagai pemindah data dari perangkat memori yang satu ke perangkat memori lain.

Fungsi terakhir CPU ialah sebagai tempat penyimpanan data secara permanen pada perangkat kompter.

Apabila pengguna ingin menyimpan dengan cepat namun sementara, maka CPU akan menyimpannya pada RAM sedangkan data yang bersifa permanen akan disimpan dalam hard disk.

PENGERTIAN RAM

RAM atau Random Access Memory ialah suatu perangkat keras dalam komponen komputer yang dapat mengakses memori secara cepat dan acak yang membuat perangkat ini dapat menampilkan data lebih cepat dan efisien.

RAM pada komputer dapat menjadi tempat penyimpan sementara sebuah data sebelum disimpan pada hard disk.

RAM merupakan komponen komputer yang paling cepat dibandingkan dengan HDD (Hard Disk Drive) maupun SSD (Solid State Drive).

Kekurangan dari RAM ialah apabila data yang disimpan dalam piranti keras tersebut akan hilang apabila komputer dimatikan.

Dalam menambahkan kecepatan dalam piranti komputer untuk menampilkan data, maka yang dapat kita lakukan ialah memperbesar ukuran RAM yang terdapat dalam perangkat komputer milik kita.

RAM sendiri memiliki beberapa fungsi bagi para pengguna komputer, seperti membaca atau menampilkan data lebih cepat dibandingkan dengan hard disk meskipun kita sedang membuka beberapa data atau berpindah dari data satu ke data yang lain.

Selain itu, RAM berfungsi sebagai tempat penyimpan data sementara saat komputer sedang mengeksekusi sebuah aplikasi.

Contohnya, saat kita menulis sesuatu pada Ms Word, maka komputer akan secara otomatis menyimpan perubahan yang kita tulis pada RAM dan data tersebut akan hilang saat komputer kita mati.

Untuk mencegah hilangnya data, maka segeralah simpan data yang telah selesai ke dalam hard disk.

Besaran suatu ukuran RAM pada komputer dapat menampilkan kecepatan dari perangkat komputer itu sendiri; semakin cepat sebuah komputer maka semakin besar pula ukuran RAM di dalamnya.

PENGERTIAN VGA

Seringkali kita mendengar istilah VGA di kalangan para pengguna komputer yang gemar bermain game, tapi tahukah Anda apa itu VGA dan apa fungsinya?

VGA atau Video Graphics Accelerator memiliki fungsi sebagai pengolah grafis pada layar monitor komputer.

VGA sendiri mempunyai prosesor tersendiri yang disebut GPU atau Graphic Processing Unit.

Pada tahun 1987, standar VGA pertama kali dipasarkan melalui IBM yang merupakan produsen piranti komputer pertama di dunia.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, standar VGA semakin ditinggalkan oleh para produsen komputer.

Meski begitu, Windows masih setia menggunakan standar VGA dikarenakan VGA yang didukung sejumlah produsen monitor serta kartu grafis.

VGA sendiri juga merujuk pada resolusi layar dengan ukuran 640×480. Dalam video permainan sendiri VGA berfungsi untuk menerjemahkan grafis ke layar monitor dengan kartu grafis berdaya tinggi.

Produsen dari kartu grafis yang saat ini dikenal secara umum ialah nVidia dan ATI.

Di sisi lain, VGA juga merujuk pada konektor VGA 15-pin yang ternyata masih digunakan untuk menyalurkan sinyal video analog ke monitor.

Sekarang ini, standar VGA telah resmi terganti oleh standar IBM dan juga XGA, namun di sisi lain, VGA telah diganti oleh Super VGA.

Fungsi utama VGA ialah mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dari komputer ke tampilan grafis pada monitor.

Kartu VGA sendiri memiliki fungsi sebagai penerjemah output komputer ke layar monitor pada aplikasi gambar, desain grafis maupun game. VGA terdiri dari beberapa jenis, seperti:

  • Kartu VGA ISA, yang dapat dimasukkan ke slot ekspansi ISA atau Industry Standard Architecture bus yang bersistem I/O 8-bit atau 16-bit.
  • Kartu VGA EISA, yang dapat dimasukkan ke slot ekspansi EISA atau (Estended Industry Standard Architecture bus yang bersistem I/O 32-bit.
  • Kartu VGA PCI yang dapat dimasukkan ke slot ekspansi PCI atau Peripheral Component Interconnect bus yang bersistem I/O 32-bit atau 64-bit.
  • Kartu VGA AGP yang dapat dimasukkan pada slot ekspansi AGP atau Accelerated Graphics Port bus bersistem I/O 128-bit atau 256-bit.
  • Kartu VGA PCI Express atau PCIe yang dapat dimasukkan pada slot ekspansi PCIe atau Peripheral Component Interconnect Express bus yang merupakan rangkaian seri sistem I/O dengan kecepatan transfer hingga 32 GByte/s.

Baca Juga : Pengertian, jenis dan manfaat jaringan Komputer

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test