Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Contoh dan Manfaat Gelombang Elektromagnetik

Pengertian, Contoh dan Manfaat Gelombang Elektromagnetik – Ritaelfianis.com – Gelombang Elektromagnetik merupakan gelombang yang mampu merambat meski tidak ada medium.

Pada umumnya, gelombang elektromagnetik memiliki bentuk yang serupa dengan gelombang transversal. Berikut ini kami sampaikan informasi mengenai gelombang elektromagnetik, dari pengertian, contoh dan manfaatnya.

Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Gelombang Elektromagnetik merupakan sebutan untuk gelombang yang dapat merambat sekalipun tidak ada medium yang dilewatinya.

Baca Juga : Pengertian Energi Kinetik dan Energi Potensial

Energi elektromagnetik pada gelombang akan merambat dengan beberapa karakter yang dapat diukur seperti panjang gelombang atau wavelength, amplitudo, frekuensi, dan kecepatan.

Amplitudo merupakan tinggi gelombang, sementara panjang gelombang merupakan jarak antara dua puncak. Frekuensi merupakan jumlah dari gelombang yang melewati titik dalam satuan waktu.

Frekuensi bekerja sesuai dengan cepat rambat gelombang. Karena energi elektromagnetik memeiliki kecepatan yang tetap, maka frekuensi dan panjang gelombang memiliki nilai yang berbanding terbalik.

Semakin panjang suatu gelombang, maka frekuensi yang didapatkan semakin rendah. Begitu pula sebaliknya, semakin pendek gelombang maka frekuensinya semakin tinggi.

Energi elektromagnetik dapat dipancarkan maupun dilepaskan oleh semua masa yang ada di alam semesta dengan level yang beragam. Semakin tinggi level energi, maka panjang gelombang dari energi yang dihasilkan akan semakin rendah, sementara frekuensinya akan semakin tinggi.

Adanya perbedaan pada karakteristik gelombang digunakan dalam pengelompokan jenis energi elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik umumnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan gelombang transversal, hanya saja pada gelombang elektromagnetik terdapat muatan enegi magnetik dan listrik dimana medan listrik akan selalu tegak lurus pada medan magnet, keduanya kemudian menuju arah gelombang.

Dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan mengenai sifat gelombang elektromagnetik, yaitu sebagai berikut :

  • Tidak membutuhkan media rambat
  • Memiliki sifat yang sama seperti gelombang transversal dan termasuk ke dalamnya.
  • Tidak membawa massa, tapi membawa energi
  • Energi yang dibawa memiliki nilai sebanding dengan jumlah frekuensi gelombang
  • Medan listrik selalu tegak lurus dan sefase terhadap medan magnet.
  • Mempunyai momentum
  • Terbagi ke beberapa jenis tergantung dengan panjang gelombang maupun frekuensinya

Contoh dan Manfaat Gelombang Elektromagnetik

  • Sinar X, merupakan gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang yang pendek dan frekuensi yang tinggi. Sinar X dapat dengan mudah menembus bahan yang sulit ditembus gelombang cahaya lainnya. Sinar X dimanfaatkan dalam bidang kesehatan, seperti untuk melihat organ dalam tubuh, agar mempermudah diagnosa pasien. Selain itu, sinar X juga digunakan di bandara untuk melihat isi koper tanpa membukanya, sehingga proses pemeriksaan menjadi lebih cepat.
  • Gelombang mikro, merupakan gelombang elektromagentik dengan panjang gelombang berorde beberapa sentimeter dan memiliki frekuensi yang mendekati resonasi alami pada molekul dalam zat cair maupun zat padat. Dengan ini dapat dilihat bahwa gelombang mikro dapat diserap mudah oleh molekul air pada makanan. Contoh : pada oven microwave yang menggunakan mekanisme pemanasan gelombang mikro
  • Sinar inframerah, merupakan gelombang elektromagnetik yang tidak terlihat namun dapat di deteksi. Sinar inframerah biasanya digunakan untuk memindahkan energi yang tidak terlalu besar, seperti pada konsol game maupun berbagai jenis remote sehingga memungkinkan pengguna dapat mentransmisikan data dalam bentuk energi tanpa media kabel.
  • Gelombang radio, merupakan gelombang elektromagnetik dengan rentang yang cukup besar. Gelombang jenis ini digunakan dalam transmisi jarak yang sangat jauh yang tidak bisa dicapai oleh gelombang inframerah. Meski begitu, besar energi yang ditransmisikan oleh gelombang radio tidak sebesar pada gelombang inframerah. Gelombang radio digunakan pada stasiun radio, stasiun TV dan lainnya dalam transmisi sinyal komunikasi. Selain itu, gelombang jenis ini juga dipakai dalam radar untuk menginformasikan letak benda yang berada diatas permukaan bumi, serta digunakan dalam pencitraan satelit ke bumi dalam pembuatan peta 3 dimensi.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian, Contoh dan Manfaat Gelombang Elektromagnetik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Teori dan Contoh Hukum Newton 1,2 dan 3

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test