Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Ciri, Struktur Dan Jenis Cerpen

Pengertian, Ciri, Struktur Dan Jenis Cerpen – Ritaelfianis.com – Selamat siang readers, apa kabarnya nih?

Semoga baik- baik saja yha! Mengenai cerita pendek tentunya asyik untuk dibahas yha.

Tapi readers tahu nggak apa itu cerpen, ciri  struktur dan jenisnya apa saja?

Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini. Karena pada kesempatan kali ini, informasi yang akan dibahas yaitu mengenai cerita pendek.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Jenis Dan Contoh Nomina (Kata Benda)

Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Apasih yang dimaksud dengan cerpen itu?

Cerita pendek atau yang biasa disebut dengan cerpen yaitu suatu cerita yang menggunakan kurang dari sepuluh ribu (10000) kata dan kurang dari sepuluh (10) halaman.

Cerpen ni termasuk dalam karangan fiksi. Beberapa ahli memberikan penjelasan mengenai pengertian cerpen yaitu sebagai berikut:

  • Nugroho Notosusanto (dalam Tarigan, 1993:176) mengatakan bahwa cerpen adalah cerita yang panjangnya sekitar lima ribu (5000) kata atau kira-kira 17 halaman kuaro spasi yang terpusat dan lengkap pada dirinya.
  • Menurut H.B. Jassin, Sang Paus Sastra Indonesia, mengatakan bahwa yang disebut cerita pendek harus memiliki bagian perkenalan, pertikaian, dan penyelesaian.
  • Menurut A. Bakar Hamid dalam tulisan “Pengertian Cerpen” berpendapat bahwa yang disebut cerita pendek itu harus dilihat dari kuantitas, yaitu banyaknya perkataan yang dipakai antara 500 – 20.000 kata, adanya satu plot, adanya satu watak, dan adanya satu kesan.

Apa ciri-ciri dari cerpen?

Berdasarkan beberapa penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri cerpen adalah sebagai berikut:

  • Dalam penulisannya menggunakan kurang dari 10.000 kata;
  • Bersifat fiksi;
  • Hanya memiliki satu plot;
  • Penokohan yang ada dalam cerpen sederhana;
  • Isi dari cerpen bersumber dari kehidupan sehari-hari;
  • Penggunaan katanya mudah dipahami oleh pembaca;
  • Mengandung pesan yang sangatlah dalam, sehingga jika dibaca pembaca akan ikut merasakan isinya.

Apa saja struktur dari cerpen?

Ketika kita akan membuat sebuah cerpen, maka dibutuhkan struktur atau kerangkanya. Struktur dari cerpen ini terdiri dari: abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan juga koda. Berikut penjelasan detailnya:

  1. Abstrak

Yang dimaksud dengan abstrak yaitu ringkasan dari sebuah cerita. Abstrak sendiri juga dapat disebut sebagai gambaran awal dalam suatu cerita. Abstrak ini sifatnya oposional, maksudnya adalah dalam sebuah cerpen, kita bisa untuk tidak menggunakan abstrak.

  1. Orientasi

Yang dimaksud dengan orientasi yaitu sesuatu yang berhubungan dengan suasana, tempat, serta waktu yang ada dalam sebuah cerita.

  1. Komplikasi

Yang dimaksud dengan komplikasi yaitu rangkaian kejadian-kejadian yang berhubungan dan berisiskan tentang sebab akibat kejadian dalam sebuah cerita.

Dalam komplikasi ini kita dapat menentukan watak atau karakter dari tokoh dalam cerita, karena watak tokoh dapat muncul karena kerumitan permasalahan yang mulai terlihat.

  1. Evaluasi

Yang dimaksud dengan evaluasi yaitu struktur dari konflik-konflik yang terjadi dalam sebuah cerita.

Evaluasi mengarah pada puncak permasalahan (klimaks) dan mulai mendapatkan gambaran penyelesaian dari konflik tersebut. Evaluasi ini sangat penting dalam sebuah cerpen.

  1. Resolusi

Yang dimaksud dengan resolusi adalah penyelesaian dari evaluasi. Resolusi ini sangat dinanti oleh pembaca, karena disini pengarang memberikan solusi mengenai permasalahan yang dialami seorang tokoh atau pelaku dalam cerita.

  1. Koda

Yang dimaksud dengan kota yaitu pelajaran yang dapat diambil dari cerita tersebut. Koda bisa saja berupa nasehat, peringatan, maupun pelajaran.

Apa saja jenis dari cerpen?

Jenis cerpen sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu jenis cerpen berdasarkan jumlah katanya; dan jenis cerpen berdasarkan teknik pengarangnya. Berikut penjelasannya:

  1. Berdasarkan jumlah katanya
  • Cerpen flash (mini), yaitu cerpen yang terdiri dari 750-1000 kata;
  • Cerpen ideal, yaitu cerpen yang terdiri dari 3000-4000 kata.
  • Cerpen panjang, yaitu cerpen yang terdiri dari 4000-10000 kata.
  1. Berdasarkan teknik pengarangnya
  • Well made short-story atau cerpen sempurna, yaitu teknik penulisan dimana pengarang dalam menulis cerpen hanya terfokus pada satu tema dan plotnya jelas serta endingnya mudah dipahami. Cerpen sempurna ini berifat konvensional dan berdasarkan fakta.
  • slice of life short story atau cerpen tak utuh, yaitu teknik penulisan dimana pengarang dalam menulis cerpen temanya terpencar atau tidak fokus pada satu hal, serta endingnya ngambang. Cerpen tak utuh ini bersifat kontemporer yaitu cerita yang ditulis berdasarkan gagasan.

Nah readers, gimana?

Sudah paham kan mengenai apa itu cerpen. Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali.

Sekian dulu yha informasi kali ini. Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian.

Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan Macam-macam Syair

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test