Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Ciri, Proses dan Syarat Pembentukan Kelompok Sosial

Pengertian, Ciri, Proses dan Syarat Pembentukan Kelompok Sosial – Kelompok Sosial dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang membentuk kelompok tertentu karena merasa memiliki tujuan dan pandangan yang sama.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas mengenai kelompok sosial yang secara tak sadar banyak tumbuh berkembang di sekitar kita. Berikut adalah penjelasannya

Pengertian Kelompok Sosial

Joseph S Roucek dan Roland S Warren menyebutkan bahwa kelompok sosial adalah suatu kelompok yang terdiri dari dua manusia atau lebih dan memiliki pola interaksi yang dipahami oleh setiap anggotanya maupun orang lain secara keseluruhan.

Baca Juga : Pengertian, Penyebab, dan Dampak dari Kenakalan Remaja

Jika ditinjau secara sosiologis, kelompok sosial memiliki arti sebagai suatu perkumpulan orang dengan hubungan dan interaksi satu sama lain sehingga menimbulkan perasaan bersama.

Pada kehidupan bermasyarakat, ada banyak jumlah kelompok sosial yang tengah berkembang dengan dasar pembentukan yang beragam.

Pembentukan kelompok sosial ini dipengaruhi oleh  sifat manusia yang ingin memenuhi hasrat pokoknya sejak dilahirkan, yaitu hasrat menjadi satu dengan manusia lain dan hasrat untuk menjadi satu dengan situasi alam.

Ciri Kelompok Sosial

  • Ada motif atau tujuan yang sama antara individu satu dengan individu lainnya, sehingga tercipta kerja sama dan interaksi dalam mencapai tujuan yang sama dengan lebih mudah
  • Adanya hubungan timbal balik antar anggota satu dengan anggota lainnya
  • Adanya struktur sosial dan kesungguhan anggota dalam perannnya, yang dapat menunjang keberlangsungan hidup kelompok
  • Adanya aturan yang dapat mengatur hubungan masing-masing anggota.
  • Adanya kesatuan sebagai pembeda dengan kelompok sosial lainnya

Proses Pembentukan Kelompok Sosial

Abdul Syani, menjelaskan bahwa terbentunya kelompok sosial karena naluri manusia yang selalu ingin hidup bersama dengan orang lain.

Manusia membutuhkan kelompok untuk komunikasi sehingga terjalinnya ikatan dan pengaruh psikologis yang timbal balik.

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa manusia memiliki dua hasrat pokok, yaitu untuk hasrat bersatu dengan manusia lain dan hasrat bersatu dengan situasi alam di sekitarnya.

Dengan dia hasrat pokok manusia ini keinginan untuk membentuk kelompok sosial akan timbul secara alami.

Dua faktor ini akan membuat seseorang bergabung dengan kelompok yang memiliki pandangan serupa.

Pembentukan kelompok sosial diawali dengan kontak sosial serta komunikasi sosial yang dapat menimbulkan proses sosial pada interaksi sosial.

Jika diartikan secara harfiah, kontak sosial berarti sama-sama menyentuh.

Menyentuh dalam ilmu sosial bukan hanya sentuhan fisik tapi juga merupakan tindakan yang dapat memberikan kesadaran akan saling berhubungan antara pihak satu dengan pihak lainnya.

Sementara pada komunikasi sosial, komunikasi sendiri dapat diartikan sebagai suatu proses penyampaian informasi antara satu pihak dengan pihak lainnya.

Umumnya, komunikasi yang sering ditemukan adalah komunikasi verbal atau berbicara dengan menggunakan cara yang dapat dipahami oleh kedua belah pihak. Contoh bahasa pada suatu negara tertentu.

Dengan adanya kontak sosial dan komunkasi kelompok sosial dapat terbentuk. Melalui kontak sosial dan komunikasi seseorang akan menemukan dasar-dasar tertentu dalam membentuk sebuah kelompok sosial

Syarat Pembentukan Kelompok Sosial

Dalam pembentukan suatu kelompok sosial, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, berikut ini adalah syarat dala pembentukan kelompok sosial

  1. Masing-masing anggota kelompok sosial harus memiliki kesadaran bahwa dirinya termasuk baguan kelompok yang bersangkutan
  2. Setiap anggota kelompok memiliki beberapa kesamaan faktor sehingga timbul hubungan yang lebih erat. Kesamaan faktor itu diantaranya adalah : persamaan nasib, persamaan tujuan, ppersamaan ideologi, persamaan kepentingan, persamaan fisik dan persamaan lainnya.
  3. Adanya struktur sosial, kaidah yang berlaku, dan pola perilaku yang diterapkan dalam kelompok sosial tersebut
  4. Setiap kelompok sosial memiliki sistem dan selalu proses

Itulah penjelasan mengenai Pengertian, Ciri, Proses dan Syarat Pembentukan Kelompok Sosial. Semoga informasi ini memberikan anda wawasan tambahan seputar kelompok sosial yang mudah ditemukan di sekitar kita. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Latar belakang dan Faktor Penyebab Perubahan Sosial


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test