Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Ciri, Penyebaran dan Penyebab Penyakit HIV

Pengertian, Ciri, Penyebaran dan Penyebab Penyakit HIV – HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan salah satu virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga menjadi lemah sehingga tubuh tidak dapat melawat penyakit dan juga infeksi.

HIV juga salah satu penyakit infeksi menular seksual di mana virusnya di tularkan melalui kontak darah yang telah terinfeksi HIV, misalnya seperti menggunakan jarum suntik bersama-sama, dari mesin tato yang sudah terkontaminasi dan lain sebagai nya.

Virus HIV juga dapat ditularkan melalui ibu hamil ke anaknya yang ada di dalam kandungan.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Kanker Vulva

Ketika virus HIV masuk ke dalam tubuh manusia, virus tersebut membutuhkan waktu selama bertahun-tahun untuk melemahlan sistem kekebalan tubuh hingga akhirnya menjadi penyakit AIDS.

Penyebaran  Penyakit HIV

Penyakit HIV termasuk penyakit menular, di mana penularan nya melalui kontak langsung dengan penderita yakni melalui hubungan seksual yang tidak aman, sering berganti jarum suntik narkotika dan lain-lain.

Seseorang yang telah terinfeksi virus HIV  dapat menularkan virus tersebut ke orang lain terlebih lagi jik orang tersebut positif mengidap HIV maka akan mudah sekali menularkan nya. Oleh sebab itu pengobatan terhadap HIV dapat menurunkan resiko penyebaran virus HIV keorang lain.

Sebenarnya virus HIV tidak dengan mudah tertular ke orang lain karena dalam penyebaran nya tidak melalui udara seperti flu maupun batuk, virus tersebut hiduo di dalam darah dan juga di beberapa cairan tubuh hanya saja cairan seperti urine, keringan atau liur masih tidak dapat menularkan virus tersebut ke orang lain.

Penyebaran virus HIV yang di sebabkan oleh cairan lain yang dapat menularkan penyakit kedalam tubuh ialah:

  • Dinding anus
  • Air susu ibu
  • Darah
  • Sperma
  • Cairan vagina dan termasuk darah menstruasi.

Selain itu, penyebaran virus HIV yang paling utama ialah dari hubungan seksual melalui vagina maupun anal seks tanpa menggunakan pelindun seperti kondom.

Dari transfuse darah yang terinfeksi virus HIV dan jarum suntik yang tidak steril serta dari ibu ke bayi baik saat kehamilan, melahirkan dan juga saat menyusui.

Penyebab Penyakit HIV

  1. Kegiatan seksual yang tidak aman

Pemicu terbesar yang menyebabkan HIV ialah dari melakukan seks bebas dengan orang yang sudah mengidap virus HIV di dalam tubuhnya. Ketika kontak langsung dengan kedua kelamin maka akan mengakibatkan penularan virus yang mengakibatkan virus tersebut akan masuk kedalam tubuh pasangan nya yang sehat.

Oleh sebab itu, untuk menghindarinya dengan menggunakan alat pengaman sehingga cairan tidak masuk kedalam tubuh pasangan dengan menggunakan kondom.

  1. Jarum suntik

Penyebab lain nya yang menjadi virus HIV ialah dari jarum suntik yang tidak steril, media jarum suntik ikut berperan dalam penyebaran virus HIV. Oleh sebab itu, perlu kewaspadaan ketika menggunakan jarum suntik.

  1. Ibu hamil positif HIV

Penyebab terjadi nya penyebaran virus HIV selanjutnya ialah dari ibu hamil. Ibu hamil yang terjangkit HIV dapat menularkan virus tersebut kepada bayinya.

  1. Melalui ASI

Asi juga menjadi penyebab terjadinya HIV oleh sebab itu para ibu harus lebih hati-hati dalam memberikan asupan kepada bayinya.

Virus HIV tidak akan menjangkiti manusia jika melakukan gaya hidup sehat serta menghindari gaya hidup bebas seperti menghindari narkotika, seks bebas dan lain sebagainya.

Untuk meminimalisir penyebaran virus HIV sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan rutin serta banyak olahraga serta makan makanan yang sehat.

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan penyebab Terjadinya Penyakit Lambung Pecah

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test