Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Medis

Pengertian, Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Medis – Istilah masuk angin sudah tidak asing lagi di dengar bahkan di Indonesia istilah masuk angin sangat popular sekali.

Masuk angin sendiri merupakan suatu gehala atau keluhan awal dari berbagai macam penyakit yang bervariasi antar setiap penderita. Akan tetapi berbagai penyakit yang di keluhkan hampir selalu di sebabkan karena masuk angin.

Selain itu, gejala masuk angin bisa di artikan sebagai reaksi tubuh terhadap suhu udara yang ada di sekitar sehingga bisa melemahkan daya tahan tubuh dan apabila tubuh tidak bisa untuk mengatasinya maka keluhan atau gejala bisa bertambah.

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan penyebab Terjadinya Penyakit Lambung Pecah

Ciri-ciri Masuk Angin

Ketika tubuh seseorang mulai merasakan kuluhan yang tidak enak seperti masuk angin maka akan mengalami beberapa gejala, berikut adalah beberapa gejala atau ciri-ciri seseorang masuk angin.

  • Tubuh terasa dingin bahkan sampai mengigil
  • Mengalami demam atau meriang yang tidak tinggi
  • Mengalami mual dan perut terasa kembung.
  • Sering bersendawa atau cegukan
  • Mengalami pilek
  • Tubuh menjadi lelah
  • Mengeluarkan keringat dingin
  • Nafsu makan menjadi berkurang
  • Nyeri di bagian belakang kepala.

Penyebab Masuk Angin

Pada umumnya gejala atau keluhan masuk angina biasanya di sebabkan karena terjadinya penurunan daya tahan tubuh yang di picu terhadap paparan udara dingin, mengalami kelelahan atau pola makan yang tidak teratur.

  1. Ketika tubuh terpapar udara dingin, maka tubuh akan bereaksi dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal dengan merapatkan pori-pori kulit atau menggigil sehingga suhu panas pada tubuh akan tetap stabil di saat itu pula pembuluh-pembuluh darah di kulit akan mengalami penyempitan dan panas tubuh tidak keluar dengan berlebihan.
  2. Masuk angin juga bisa di sebabkan karena kelelahan atau kurang istirahat. Karena pada saat seperti itu orang akan cenderung sering menguap supaya kadar oksigen yang ada di dalam paru-paru bisa meningkat untuk menjamin kadar oksigen yang ada dalam darah,. Udara yang masuk berlebihan kedalam saluran pencernaan ketika sedang menguap sehingga perut akan terasa kembung dan bersendara merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan udara tersebut.

Cara Mengatasi Masuk Angin Secara

Gejala masuk angin dapat di rasakan oleh siapa saj. Masuk angin salah satu gejala karena tubuh terpapar udara dingin sehingga untuk mengurangi itu d perlukan penghangat tubuh.

Hal tersubut di perlukan penanganan dengan melakukan berbagai cara seperti memakai baju tebal, meminum air hangat atau air herbal seperti jahe, makan dan juga istirahat.

Di Indonesia cara untuk mengatasi masuk angin dengan melalukan kerokan. Akan tetapi hal itu tidak di anjurkan karena kerokan akan mengakibatkan pelebaran pembulan darah pada kulit.

Biasanya gejala masuk angin bisa sembuh dengan sendirinya apabila keluhan masuk angin segera di tangani, akan tetapi gejala masuk angin juga tidak bisa di anggap remeh.

Karena tidak jarang penyakit masuk angin bisa saja karena adanya gejala awal dari penyakit tertentu.

Oleh sebab itu, perlu waspada dan jika mulai mengalami gejala masuk angin maka bisa di lakukan penanganan.

Keluhan masuk angin patut di waspadai terlebih lagi jika gejala masuk angin di rasakan berlarut-larut bahkan bertambah barat atau parah. Karena masuk angin yang sering terjadi bisa gejala awal dari common cold yang di sebabkan oleh virus.

Oleh sebab itu di perlukan peningkatan daya tahan tubuh sebagai dasar dari pengobatan supaya tubuh bisa menolak penyakit tersebut, cara yang bisa di lakukan dengan peningkatan daya tahan tubuh yaitu dengan banyak minum air putih, istirahat yang cukup, berhenti minum-minuman beralkohol dan merokok. Perbanyak minummultivitamin seperti vitamin C, zinc yang dapat membantu pemulihan

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Kanker Vulva

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test