Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Ciri, jenis, Kekurangan dan Kelebihan Pasar Oligopoli

Pengertian, Ciri, jenis, Kekurangan dan Kelebihan Pasar Oligopoli – Pasar oligopoly merupakan jenis pasar yang terdapat beberapa produsen atau penjual di suatu pasar yang banyak pembeli nya.

Selain itu pasar oligopoly juga adalah jenis pasar di mana terdapat persaingan yang tidak sempurna karena banyak barang yang di jual secara homogen atau susah untuk di bedakan meskipun produsen nya berbeda-beda.

Oligopoly berasal dari dua kata yakni oligos yang berarti banyak dan juga poliin tang berarti menjual, jika di sambung ialah banyak yang menjualnya.

Selain itu di dalam pasar oligopoly banyak terdapat produsen yang biasanya menguasai pasar. Pada umumnya berjumlah lebih dari dua.

Baca Juga : Pengertian, Konsep, Sejarah Dan Ciri Sistem Ekonomi Campuran

Tindakan produsen yang berkuasa dapat mempengaruhi penjualan yang merek yang punya sehingga keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari persaingan.

Oleh sebab itu, mereka lebih banyak melakukan promosi, perubahan harga, pengenalan produk dan lain sebagainya sering di lakukan yang bertujuan untuk menjauhkan konsumen dari perusahaan lain agar tidak membeli produknya.

Pada persaingan tersebut biasanya selalu membuat harga yang tercipta terhadap yang di jual sama. Karena jika terjadi harga yang menurun maka produsen lain nya akan ikut menurunkan harga barang nya sehingga konsumen tidak berpaling kepada produsen yang menjual barang dengan harga yang lebih murah.

Di dalam pasar oligopoly untuk produsen baru biasanya akan sulit masuk untuk tumbuh dan berkembang, hal itu di karenakan konsumen lebih tetap menggunakan produk dari perusahaan yang lain, karena mereka sudah percaya dan menganggap produknya sama saja dan juga produsen lainnya selalu membuat kebijakan yang bisa merugikan produsen baru.

Contoh pasar oligopoly ialah industi sabun, industry rokok, industry baja dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Pasar Oligopoli

  • Pasar di kuasai oleh banyak produsen
  • Barang-barang yang di jual bersifat homogen sehingga sulit di bedakan untuk kualitasnya akan tetapi coraknya bisa berbeda
  • Harga barang yang selalu sama antar produsen
  • Jika terdapat salah satu kebijakan oleh penguasa maka akan mempengaruhi kebijakan produsen yang lain
  • Harga barang selalu mengikuti dari produsen yang terbesar
  • Produsen baru akan sulit masuk kedalam pasar oligopoly
  • Inovasi baru serta promosi ialah salah satu strategi dalam pasar monopoli.

Jenis-jenis Pasar Oligopoli

  1. Pasar Oligopoli Murni

Pasar oligopoly murni merupakan salah satu jenis pasar oligopoly yang menjual barang-barang yang bersifat identic sehingga sangat sulit untuk di bedakan dari produsen satu dan produsen lainnya baik dari segi corak atau kualitas.

Kebanyakan orang yang mengenali produk tersebut ialah dari merk nya yang ada di produknya.

  1. Pasar Oligopoli Terdiferensiasi

Pasar oligopoly terdiferensiasi merupakan salah satu jenis pasar yang menjual barang-barang yang bersidat homogeny sulit di bedakan hanya saja bisa di bedakan dengan melihat coraknya, seperti sepeda motor yang bisa di lihat dari bentuknya.

Kekurangan dan Kelebihan Pasar Oligopoli

  • Kelebihan pasar oligopoly
  • Inovasi produk adalah factor yang sangat penting di dalam pasar, karena untuk mengembangkan produk terus di lakukan inovasi sehingga bisa tercipta produk yang berkualitas.
  • Harga produk di sesuaikan dengan keinginan konsumen, jika memiliki harga yang mahal maka konsumen akan beralih ke produsen lain.
  • Banyak pilihan produk yang bisa di beli.
  • Kekurangan pasar oligopoly
  • Sulit sekali masuk untuk produsen baru, sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi yang lambat di karenakan persaingan hanya terjadi di antara beberapa produsen saja.
  • Terdapat kebijakan produsen penguasa akan mempengaruhi produsen lainnya
  • Banyak menggunakan modal dalam melakukan promosi sehingga sangat boros dalam sumber daya ekonomi.

Baca Juga : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Valuta Asing (Valas)

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test