Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Ciri, Jenis Dan Cabang Seni Tradisional

Pengertian dari “Seni” secara harafiah adalah:

  • Segala sesuatu yang bersifat halus dan lembut, kecil dan mungil, ataupun segala sesuatu yang sifatnya merdu di telinga.
  • Segala sesuatu yang berarti untuk menciptakan suatu cita ataupun karya yang berkualitas.
  • Segala sesuatu untuk menciptakan sesuatu maha karya yang benilai tinggi ataupun untuk melahirkan seorang pencipta yang berbakat.

Secara benang merahnya, pengertian dari “Seni” dapat diartikan sebagai suatu mahakarya yang dilahirkan oleh seorang pencipta yang berbakat, dimana mahakarya tersebut mengandung nilai keindahan dan mampu menyentuh kalbu setiap penikmatnya.

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan Macam-macam Syair

CIRI

Ciri-ciri dari Seni Tradisional secara harafiah adalah:

  • Memiliki lingkup budaya didalam lingkungan sekitar yang dapat menunjang keberadaannya.
  • Memiliki pencerminan budaya sekitar, sebagai refleksi dinamika kehidupan masyarakat tersebut.
  • Merupakan bagian dari kehidupan masyarakat tertentu.
  • Memiliki filosofi yang berkaitan dengan aktivitas kebudayaan didaerah tersebut.

JENIS

  1. Seni Primitif

Seni primitif merupakan suatu seni yang lahir dari suatu bentuk kebudayaan. Seni ini masih asli dan belum mendapatkan pengaruh dari budaya luar. Keberadaannya tercipta dan terus berkembang sejak masa prasejarah dimulai.

Peninggalan dari hasil karya yang pertama kali ditemukan adalah berupa binatang buruan dan lukisan yang digambarkan dengan menggunakan cap tangan.

  1. Seni Klasik

Seni klasik merupakan suatu seni yang sudah mengalami perubahan seiring dengan perkembangan jamannya.

Selain sudah mengalami perubahan, perkembangannya  juga telah mengalami penyempurnaan karena adanya pengaruh budaya luar.

Seni klasik sudah lahir dan berkembang sejak masa Hindu-Budha. Penemuannya berupa barang-barang seni pada bagunan-bangunan kuno di zaman Hindu-Budha.

Selain itu peninggalan seni klasik tercermin juga dari bentuk bangunan-banugan kuno yang berada di Romawi dan Yunani.

CABANG

Dilihat dari media pengungkapannya, seni terbagi atas beberapa cabang yaitu:

  1. Seni Rupa

Seni rupa merupakan cabang seni yang melahirkan karya seni dengan media abstrak yang tetap dapat ditangkap oleh indra penglihatan dan dirasakan dengan indra peraba.

Seni ini dapat diungkapkan melalui media bahan, warna, garis ataupun bentuk. Perkembangannya dimulai sejak zaman prasejarah.

Benda-benda yang yang ditemukan dan bernilai seni rupa tradisional seperti perhiasan emas dan perak, senjata tradisional, tembikar dan anyaman serta lukisan.

  1. Seni Musik

Seni musik merupakan suatu karya seni yang diciptakan dengan menggunakan media yang dapat ditangkap oleh indera pendengaran. Seni musik dituangkan melalui berbagai media suara.

  1. Seni Tari

Seni Seni tari merupakan suatu karya seni yang diciptakan dengan menggunakan media yang dapat dilihat oleh indra penglihatan. Media yang digunakan menggunakan gerakan tubuh.

Salah bentuk peninggalan dari seni ini adalah tari tradisional yang dilahirkan dengan cara menyatukan semua gerakan olah tubuh yang dapat mengandung suatu makna tertentu.

  1. Seni Sastra

Seni sastra merupakan sesuatu karya seni yang dapat berbentuk tulisan ataupun cerita. Didalam cerita tersebut mempunyai nilai seni dan budaya yang dapat menyiratkan suatu keindahan tutur bahasa sebagai cara untuk menyampaikan makna tertentu.

  1. Seni Teater

Seni teater merupakan suatu karya seni dimana penyampaian pesan yang tersiratnya menggunakan bahasa gerak, kata, suara, dan rupa.

Peninggalan dari seni ini adalah teater tradisional yang merupakan bentuk pertunjukkan seni bagi masyarakat dari suatu tempat tertentu. Teater tradisional pengaruhnya sangat kental dengan adat istiadat dari tempat teater itu berasal.

Selain itu teater ini juga sangat sarat pengaruhnya dari situasi sosial masyarakat dan struktur geografis daerahnya.

Demikianlah artikel mengenai pengertian,ciri, jenis dan cabang seni tradisional yang ada didalam masyarakat kita.

Semoga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan….!

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan Macam-macam Tari Tradisional

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test