Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Ciri dan penyebab Terjadinya Penyakit Lambung Pecah

Pengertian, Ciri dan penyebab Terjadinya Penyakit Lambung Pecah – Lambung merupakan organ pencernaan manusia yang bentuk nya seperti kantong yang letak nya di perut sebelah kiri di atas diagfragma.

Lambung berdungsi dalam menyimpan dan mengolah makanan sementara, lambung bersifat asam karena memiliki pH kurang lebih 2 derajat.

Selain itu, di bagian dalam lambung terdapat kelenjar yang menghasilkan getah lambung.

Setiap individu mempunyai ukuran lambung yang berbeda-beda akan tetapi pada umumnya lambung hanya mampu menampung makanan sebanyak 1.5 liter.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Kanker Vulva

Meskipun begitu lambung manusia rentan terhadap penyakit hal itu dari perilaku hidup manusia, penyakit lambung yang biasanya terjadi ialah lambung pecah.

Lambung pecah atau Perforasi gaster merupakan salah satu penyakit yang di sebabkan karena komlokasi serius yang berasal dari tukak lambung.

Tukak lambung sendiri adalah luka yang biasanya terjadi pada lapisan lambung yang di sebabkan dari terkikisnya lapisan  di dinding lambung dan bisa juga terjadi pada dinding duodenum atau bagian pertama usus kecil.

Ciri-Ciri Terjadinya Penyakit Lambung Pecah

Lambung pecah di sebabkan karena tukak lambung yang mengalami luka dan terjadi di dalam lapisan lambung, ciri utama yang bisa di rasakan oleh penderita lambung pecah ialah merasakan nyeri dan perih, merasakan panas pada perut atau lambung biasanya sering terjadi pada malam hari ketika perut kosong.

Berikut adalah ciri-ciri dari penyakit lambung pecah

  • Kehilangan nafsu makan.
  • Gangguan pada sistem pencernaan.
  • Berat badan semakin menurun.
  • Muntah atau mual bahkan bisa sampai muntah darah.
  • Bersendawa secara terus menerus.
  • Perut kembung.
  • Mengalami rasa panas di dada.

Penderita lambung pecah akan semakin parah apabila mengalami ciri-ciri di atas bahkan bisa di bilang penyakit tersebut sudah kronis bahkan tukak lambung tidak menimbulkan gejala sampai timbulnya komplikasi. Gejala yang di sebabkan tukak lambung akan semakin parah apabila terjadi pendarahan didalam dinding lambung ciri-cirinya seperti muntah darah, pada fases terdapat darah atau berwarna hitam.

Selain itu pada beberapa kasus tukak lambung dapat menyebabkan komplikasi yang dapat berakibat fatal mulai dari pendarahan dan kanker serta lambung pecah (perforasi)

Lambung pecah merupakan salah satu komplikasi dari tukak lambung di mana  tukak tersebut pada lambung dapat menembus dan kemudian membentuk lubang sampai ke rongga perut.

Kondisi tersebut dapar menyebabkan keluarnya isi lambung hingga ke luar rongga perut sehingga terjadi rasa nyari yang hebat dan terjadi secara menerus dan dapat menyebab ke seluruh perut.

Oleh sebab itu sangat perlu sekali mengetahui ciri-ciri gejala tukak lambung sebelum terjadi lambung pecah agar bisa di lakukan tindakan medis sebelum menjadi parah dan bertujuan untuk mencegah komplikasi yang lebih serius yang bisa terjadi.

Penyebab Terjadinya Penyakit Lambung Pecah

Penyebab utama yang dari lambung pecah ialah dari tukak lambung yang telah mengalami infeksi dari bakteri Helicobacter Pylori dan juga dari pemakaian obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang berkepanjangan se[erti aspirin atau diclofenaca maupun ibuprofen yang dapat menyebabkan tukak lambung.

Selain itu, aktifitas merokok juga dapat menungkatkan tukak lambung apalagi jika orang tersebut telah terinfeksi oleh bakteri Helicobacter Pylori dan alcohol karena hal itu bisa meningkatkan kadar asam lambung.

Stress dan juga makanan pedas tidak menyebabkan tukak lambung hanya saja bisa memperparah gejala lambung pecah. Oleh sebab itu, sangat perlu sekali melakukan gaya hidup sehat.

Baca Juga : Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Jenis-jenis Penyakit Jantung

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test