Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Ciri, Dan Karakteristik Masyarakat Multikultural

Pengertian, Ciri, Dan Karakteristik Masyarakat Multikultural – Apakah anda mengetahui tentang masyarakat ‘multikultural’

Pengertian, Ciri, Dan Karakteristik Masyarakat Multikultural

Pengertian, Ciri, Dan Karakteristik Masyarakat Multikultural

Apabila anda belum memahaminya maka tepat sekali jika anda membaca artikel kami kali ini yang membahas tentang pengertian, ciri, dan karakteristik masyarakat multikultural.

Pengertian Dari Masyarakat Multikultural

Pada sebuah kehidupan masyarakat di suatu daerah pastilah akan menemukan beberapa kelompok masyarakat yang masing – masing dari mereka mengaplikasikan karakteristik yang berbeda – beda antara satu dengan yang lainnya. Nah, perbedaan yang terjadi pada umumnya berhubungan dengan tingkatan ‘diferensiasi’ dan ‘stratifikasi’ sosial. Kondisi masyarakat seperti inilah yang dimaksud dengan masyarakat multikultural.

Di bawah ini kami berikan beberapa pendapat dari ahli tentang pengertian dari masyarakat multikultural sebagai berikut :

  1. Menurut pendapat dari J. Nasikun menjelaskan bahwa sebuah masyarakat multikultural adalah kondisi di dalam kehidupan bermasyarakat yang memiliki sifat – sifat majemuk dan berstruktural dilengkapi dengan ragam kebudayaan bersifat ‘deverse’ dengan ditandai oleh jarang berkembangnya sebuah sistem dan nilai guna disepakati bersama oleh anggota masyarakat bersangkutan terhadap sistem nilai untuk kesatuan sosial sehingga sering muncul konflik – konflik sosial.
  2. Menurut pendapat J.S. Furnivall menjelaskan bahwa sebuah masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari beberapa elemen yang memiliki kehidupan sendiri – sendiri tanpa / jarang melakukan sistem pembauran antara kelompok satu dengan yang lainnya di dalam bagian kesatuan bidang politik.

Ciri Dari Masyarakat Multikultural

Masyarakat multikultural pada sebuah daerah terhadap kelompok – kelompok di dalamnya sangat mudah dikenali melalui ciri sebagai berikut : mempunyai sebuah struktur budaya yang jumlahnya lebih dari satu, mengandung nilai – nilai dasar terhadap tujuan kehidupan dengan mengusung objek kesepakatan untuk bersama – sama berkembang karena sulitnya untuk berkembang.

Kerap dan rentan terjadi konflik – konflik sosial yang bersifat SARA. Ketiga adalah adanya struktur sosial yang memiliki sifat ‘nonkomplementer’ serta proses integrasi yang berlangsung lambat dan kerap serta rentan terjadi sebuah dominasi ekonomi, politik dan sosial budaya.

Baca Juga :

Karakteristik Terhadap Masyarakat Yang Multikultural

Menurut pendapat dari Pierre L. Va den Berghe adalah seorang pakar ilmu Sosiologi menjelaskan tentang beberapa karakteristik terhadap masyarakat multikultural dengan memprediksi akibatnya di dalam kehidupan sehari – hari dari masyarakat tersebut, sebagai berikut :

  1. Memiliki struktur yang terbagi – bagi ke dalam lembaga yang bersifat ‘non komplementer’.
  2. Kurang mampu mengembangkan ‘konsensus’ yang terjadi diantara anggota dalam masyarakat yang dimaksud terhadap nilai – nilai kehidupan yang bersifat dasar. Pada suatu masyarakat multikultural dengan beragam ras, etnik, dan agama di dalamnya justru menyebabkan rentan munculnya perbedaan persepsi, kebiasaan, pengalaman, serta pengetahuan sehingga cukup sulit untuk memperoleh kesepakatan bersama.
  3. Menurut ‘relatif integrasi sosial’ menjelaskan bahwa sifat – sifat tertentu tumbuh atas paksaan yang saling ketergantungan secara ekonomi.
  4. Adanya dominasi politik terhadap sebuah kelompok atas kelompok – kelompok yang lainnya. Seperti diketahui bahwa masyarakat multikultural terdiri dari kelompok – kelompok yang berbeda – beda dalam hal ekonomi dan politik. Sehingga akan muncul kelompok yang mendominasi politik dimana secara otomatis akan memaksakan kebijakan politiknya terhadap kelompok lain untuk sebuah tujuan besar.

Semoga bermanfaat !

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test