Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh dari Komunis

Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh KomunisPengertian Komunis ialah sebuah paham maupun pemikiran yang memusatkan kepemilikan bersama atas alat produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal yang mempunyai tujuan agar terwujudnya masyarakat yang makmur.

Selain itu, masyarakat komunis juga tidak memiliki kelas dan semua orang di anggap sama dalam bahasa nya menyama ratakan semua.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Ciri Ketahanan Nasional

Ciri-Ciri Komunis

  • Komunisme mengajarkan tentang teori penjuangan seperti proletariat dalam melawan tuan tanah dan kapitalis.
  • Komunis memiliki doktrin the permanent atau continuosus revolution atau revolusi terus menerus, dan revolusi tersebut menjalas hingga ke seluruh dunia, sehingga komunisme di sebut go internasional.
  • Komunis memiliki program dalam kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat agar mampu tercapai. Masyarakat komunis pada umumnya tidak mempunyai kelas social sehingga semua orang sama saja di mata komunis.
  • Komunisme memiliki sistem politik satu parti yakni partai komunis seperti pada partai Indonesia, partai komunis Vietnam dan lain sebagai nya.
  • Hukum dan Negara akan lenyap bahkan tidak di butuhkan lagi oelh ideology komunis tersebut.
  • Di mana trasisi komunis yang di bantu negra di bawah diktaktor proletariat dan seluruh hak miliknya di hapuskan serta di ambil alih kemudian berada di bawah kendali Negara komunis.
  • Perubahan atas sistem kapitalimes harus dicapai dengan cara melakukan revolusi secara berkala serta pemerintahan oleh diktaktor sangatlah di perlukan ketika masa transisi pemerintahan.
  • Memiliki karakter ateis yang tidak mempercai adanya Tuhan serta berpendapat bahwa Tuhan itu tidak ada.

Dalam ideology komunisme mempunya nilai positing yng menganggap bahwa semua orang itu sama, dan dalam arahan nya komunisme memiliki program tercapai nya masyarakat yang sejahterah dan makmur.

Selain itu, didalam masyarakat komunis tidak ada kelas-kelas serta banyak mengajarkan teori perjuangan kelas. Seperti proletariat dalam melawan tuan tanah dan juga kapitalis. Karena ajaran nya tersebut banyak orang yang tertarik untuk menganut ideology komunis.

Hal tersebut bukan hanya propaganda ajaranya, akan tetapi mmeiliki tindakan-tindakan nyata dalam mencukupi kebutuhan material mereka sehingga tercapailah kesejahteraan masyarakat.

Contoh positif nilai komunisme ialah:

  • Republic Rakyat Cina yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 1 milyar lebih tidak pernah mengalami kelaparan dan juga kesengsaraan.
  • Komunisme yang ada di cina mampu dalam memenuhi janji dan juga mampu dalam mensejahterakan rakyatnya sehingga komunisme di cina laku keras serta kini telah mengalami liberalism.
  • Didalam ajaran nya RRC mengadakan paham liberalisme seperti hal nya kebebasan  di dalam beribadah dan beragama.
  • Sehingga komunisme asli sudah tidak ada lagi, melainkan adanya komunisme yang sudah berevolusi dan sudah menyeatu dengan demokrasi.

Meskipun memiliki nilai positif, komunisme juga memiliki nilai-nila negative yaitu:

  • Nilai negative dari ideology komunisme ialah bersifat atheis (tidak menganggap Tuhan itu ada) sehingga mereka yang menganut komunisme membuat norma hidup yang tidak di atur oleh agama, sehingga mereka hidup mereka bebas tanpa adanya larang di dalam agama.
  • Kurangnya menghargai sesama manusia sebagai individu yang berarti orang yang mengganggap hidup orang lain sederajat dan juga sama dalam kedudukan nya.
  • Komunisme tidak menghargai HAM

Contoh dari Komunis

Salah satu contoh komunis ialah  salah satu Negara yakni Korea Utara yang menganut paham atteisme yang merupakan tida mempunyai agama, bakan di seluruh wilayah korea utara smeua nya tidak memiliki agama dan terjadi secara merata.

Baca Juga : Pengertian, Sejarah, Ciri, Kelebihan Dan Kekurangan Fasisme

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test