Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Bentuk, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Mobilitas

Pengertian, Bentuk, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Mobilitas – Mobilitas atau gerak dapat diartikan sebagai suatu perubahan yang terjadi dalam suatu sistem.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai mobilitas sosial, mulai dari pengertian hingga faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya mobilitas sosial.

Pengertian Mobilitas

Menurut asal katanya, mobilitas berasal dari bahasa latin yaitu dari kata mobilis yang berarti banyak bergerak atau mudah dipindahkan.

Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Sifat Medan Magnet

Mobilitas Sosial merupakan gerak atau perubahan yang terjadi pada struktur sosial menggunakan pola tertentu untuk kepentingan kelompok sosial tersebut.

Mobilitas sosial seringkali terjadi pada golongan masyarakat terbuka dengan tingkatan sosial yang lebih mudah berubah jika dibandingkan dengan masyarakat tertutup.

Bentuk dan Jenis Mobilitas

Mobilitas sosial terbagi ke dalam beberapa bentuk dengan beberapa jenis mobilitas yang ada didalamnya.

Berdasarkan alat pergerakannya, mobilitas sosial memiliki dua bentuk yaitu mobilitas sosial vertikal dan mobilitas sosial horizontal.

1). Mobilitas Vertikal

Mobilitas vertikal merupakan perpindahan individu yang berasal dari suatu kedudukan menuju ke kedudukan lain, dimana posisi kedua kedudukan ini tidak sederajat.

Mobilitas vertikal kembali digolongkan menjadi dua kelompok yaitu mobilitas vertikal berdasar arah geraknya dan mobilitas vertikal berdasar generasinya

  • Mobilitas Vertikal berdasar arah geraknya.

Mobilitas vertikal berdasar alat geraknya terdiri dari social climbing dan social sinking.

Social climbing merupakan jenis mobilitas sosial dimana kelompok maupun individu mengalami perubahan status dari tingkat rendah ke tingkat yang lebih lebih tinggi.

Sementara Social sinking adalah jenis mobilitas sosial yang berbanding terbalik dengan social climbing, dimana suatu individu maupun kelompok mengalami perubahan derajat dari tingkat  tinggi ke tingkat yang lebih rendah.

  • Mobilitas Vertikal berdasarkan generasi

Mobilitas vertikal berdasarkan generasi yang mengalaminya terdiri dari mobilitas vertikal intragenerasi dan mobilitas vertikal antargenerasi.

Mobilitas intergenerasi adalah jenis mobilitas sosial yang terjadi pada satu generasi yang sama.

Sementara Mobilitas antergenerasi adalah jenis mobilitas sosial yang terjadi antar dua generasi atau lebih.

Dalam artian, mobilitas sosial seseorang maupun kelompok tidak lepas dari peranan generasi sebelumnya.

2). Mobilitas Horizontal

Mobilitas horizontal merupakan perpindahan seseorang yang berasal dari suatu kelompok sosial menuju kelompok sosial lain yang sederajat.

Artinya, kelompok sosial sebelumnya tidak memiliki kedudukan lebih rendah ataupun kedudukan lebih tinggi.

Ciri utama dari mobilitas ini adalah lapisan sosial yang selalu tetap atau tidak mengalami perubahan. Mobilitas sosial terbagi menjadi dua jenis yaitu :

  • Mobilitas Horizontal Intragenerasi adalah mobilitas horizontal yang dialami oleh seseorang maupun kelompok pada suatu generasi tangpa melibatkan generasi lainnya
  • Mobilitas Horizontal Antargenerasi adalah mobilitas horizontal yang terjadi pada suatu kelompok atau individu dengan melibatkan dua generasi atau lebih.

Faktor yang Mempengaruhi Mobilitas

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi mobilitas sosial :

  1. Faktor Reproduksi

Reproduksi merupakan salah satu pendorong terjadinya mobillitas, dimana jika suatu lapisan tidak dapat melakukan produksi sesuai kebutuhan, maka lapisan tersebut akan mengalami perpindahan.

Contohnya : dalam suatu proyek, terdapat kekurangan tenaga ahli sehingga pekerjaan tidak dapat ditangani, akibatnya orang yang tidak ahli akan mengalami perpindahan ke lapisan tenaga ahli tersebut.

  1. Perubahan Teknologi

Perubahan teknologi menjadi salah satu pendorong adanya mobilitas karena dinilai memudahkan dalam beberapa akses seperti transportasi maupun pekerjaan.

  1. Perubahan Kemampuan

Perubahan kemampuan seseorang dipengaruhi oleh pendidikan dan keterampilan. Adanya perubahan keterampilan secara otomotis akan mempengaruhi pula mobilitas sosial.

Misalnya, seseorang yang mulanya hanya bisa bahasa local mulai mengikuti kursus bahasa asing dan mulai menguasai bahasa tersebut. Dengan begitu ia dapat melakukan komunikasi dengan orang asing.

  1. Perubahan Sikap

Adanya perubahan sikap juga dapat mempengaruhi mobilitas sosial, baik mendukung maupun menghambat.

Contoh yang mendukung seperti kemauan diri dalam berubah lebih maju agar dapat sesuai dengan lingkungannya. Sementara contoh yang menghambat seperti sikap masa bodoh dengan lingkungan sekitar dan pasrah dengan keadaan

Demikianlah pembahasan mengenai Mobilitas Sosial dari pengertian, bentuk, jenis dan faktor yang mempengaruhinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga : Pengertian, Manfaat dan Contoh Hukum Pascal

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test