Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Badan Usaha

Pengertian Badan Usaha – Saat ini, pemerintah tengah berusaha untuk menigkatkan perekonomian dengan meningkatkan iklim usaha.

Investasi dan pengeluaran modal domestik akan membantu peningkatan ekonomi.

Untuk itulah pemerintah juga mendorong para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Dalam mendirikan usaha, perlu dibentuk badan usaha. Badan usaha adalah kesatuan yuridis (hukum). teknis dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan.

Terdapat beberapa jenis badan usaha, dan tentu badan usaha di tiap negara memiliki perbedaan dalam aturan pendirian atau jenisnya. Di Indonesia, badan usaha biasanya berbentuk;

  • Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Pada badan usaha milik negara, modal berasal dari kekayaan milik negara. Badan usaha milik negara juga terdri dari berbagai macam, ada Perum dimana semua modal dan kekuasaan adalah milik negara dan Persero yaitu badan usaha yang dikelola oleh negara dan sahamnya juga dimiliki oleh publik.

Pada Persero, tujuan usaha salah satunya adalah mencari laba. Selain itu, tujuan utama dari perusahaan BUMN adalah melayani kepentingan publik, namun perusahaan BUMN harus tetap mendapatkan keuntungan dari layanan yang diberikan. Peraturan mengenai pendirian, pembubaran serta pengurusan BUMN ercatat pada peraturan pemerintah No 45 tahun 2005.

  • Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Sesuai namanya, badan usaha milik swasta dimiliki oleh swasta baik itu secara modal maupun pengelolaannya. Modal swasta bisa berasal dari modal dalam negeri maupun modal luar negeri.

BUMS terdiri dari beberapa jenis yaitu Perseroan terbatas (PT) yang merupakan usaha yang didirikan dengan perjanjian modal.

Modal pada perseroan terbatas berbentuk saham. Kemudian ada Firma yaitu usaha yang didirikan oleh dua orang atau lebih dan tiap orang dalam usaha tersebut memiliki kewajiban serta hak yang tak terbatas.

Badan usaha swasta yang didirikan oleh dua orang atau lebih dan terdapat sekutu aktif yaitu orang yang menjalankan usaha dan sekutu pasif yaitu orang yang memberikan modal disebut sebagai CV.

Salah satu usaha yang banyak ditemui saat ini adalah perusahaan perseorangan.

Baca Juga :

Perusahaan perseorangan dimiliki oleh satu orang yang bertanggung jawab penuh terhadap pengelolaan perusahaan. Keuntungan dari perusahaan perseorangan adalah hak penuh atas usaha.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test