Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Badai Matahari

Pengertian Badai Matahari – Pernah gak sih kamu dapat WA atau BBM dari teman atau keluarga kamu yang memberi peringatan bahwa akan terjadi badai matahari dan kamu disuruh untuk menjauhi barang elektronik khususnya adalah telepon genggam ?

pernah ?

wah sama ya gaes, makanya itu saya membuat artikel ini untuk meluruskan informasi yang mungkin beberapa informasi sudah menyimpang jauh dan yang baca pun mudah percaya tanpa kroscek faktanya seperti apa, oke kita akan membahas mengenai badai matahari, dimana badai matahari dianggap sebagai sebuah fenomena yang langka dan sangat luar biasa, namun pada kenyataannya tidak begitu karena pada umumnya siklus rata – rata aktivitas dari matahari ini sekitar 11 tahun yang dimulai dari periode aktifitas rendah, yang mana disebut sebagai solar minimum sampai periode dimana aktifitasnya meningkat, yang biasa disebut sebagai solar maksimum.

Fenomena ini terbentuk karena terjadi gejolak di atmosfer matahari yang dipicu karena terbentuknya bintik hitam (sunspot), yaitu titik gelap di permukaan matahari yang disebabkan oleh garis medan magnet yang telah menerobos permukaan dari matahari.

Seperti yang kita ketahui matahari tidak seperti bumi atau planet lainnya, sheingga menyebabkan garis bidang magnetiknya menjadi kacau balau hingga menyebabkan terbentuknya solar flare (lidah api matahari) yang kadang – kadang disertai dengan lontaran massa korona (CME), sehingga peristiwa inilah yang dikenal sebagai solar strom tau badai matahari yang akan memberikan gangguan terhadap system telokomunikasi, navigasi, fungsi satelit, dan system perbankan.

Nah seperti #HOAX yang ada di BBM atau WA, yang mengatakan bahwa badai matahari dapat menyebabkan radisia yang merusak tubuh.

Pada dasarnya radiasi akibat badai matahari tidak menyebabkan gangguan yang seperti itu, gangguannya itu mengintervensi satelit dan juga alat komunikasi kita.

Dimana NASA menyatakan di situs webnya bahwa badai radiasi matahari dapat menyebabkan gangguan operasional sateli dan propagasi radio gelombang pendek, namun tidak mengganggu keadaan manusia di bumi secara langsung.

Beres deh nih artikel, yang mungkin bisa punya dampak yang lebih baik yaitu menambah pengetahuan kita mengenai pengertian matahari dan juga menangkal #HOAX yang beredar dari jaman dahulu kala #lebay juga nih yang nulis hahaha, oke semoga bermanfaat ya informasi dan ilmu yang ada di dalam artikel ini, terimakasih.

Baca Juga : Macam-Macam Tenaga Eksogen

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test