Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Aturan Dan Tatacara Lempar Lembing

Pengertian Aturan Dan Tatacara Lempar LembingRitaelfianis.com – Cabang-cabang olahraga di Indonesia bnyak sekali terdiri atas bermacam-macam cabang seperti lari, berenang dan lain sebagainya.

Ada salah satu cabang olahraga yang pernah sekali dijadikan mata pelajran pada saat masih dibangku sekolah seprti lempar lembing.

Disetiap sekolah sekolah di Indonesia pasti diajarkan tentang cabang olahraga ini.

Namun tahukan apa itu lempar lembing?

Lempang lembing merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan alat semacam tombak dengan ujungnya yang sangat tajam disalah satu sisi.

Cara menggunakannya pun cukup mudah dengan dilempar menggunakan tanah untuk mendapatakan hsil lemparan jarak jauh.

Akan tetapi cara menggunakan lembing sendiri memiliki beberapa aturan yang harus diketahui dan terdapat beberapa teknik khusus yang harus diketahui, agar lemparan yang dihasilkan tepat dnegan jarak yang sangat jauh.

Teknik yang harus diketahui dalam lempar lembing ialah beberapa posisi dari tubuh.

Berikut adalah tahapan-tahapan yang perlu diketahui dalam olahraga lempar lembing yaitu awalan, lemparan dan juga akhiran yang semua memiliki penjelasan berbeda-beda sebagi berikut :

1). Awalan

Yang pertaman ialah awalan, yang dimaksud dengan awalan adalah gerakan dari awal ketika akan melempar lembing.

Cara yang dilakukan dalam tahap awalan dengan berlari menuju batas tolakan.

Awalan sangat penting sekali karena awalan ialah bagian pertama yang bertujuan untuk membangun kecepatan dalam gerakan yang diperluka untuk melempar.

Selain itu awalan sangat menentukan terhadap lemparan apakan dekat atau jauh.

Selanjutanya tahap awalan yang terakhir ialah dengan melakukan langkah silang atau cross step pada bagian akhir itulah bisa melakukan beberapa langkah seperti :

  • Jingkat atau hop step
  • Langkah silang kebelakang rear cross step
  • Langkah silang didepan atau rear cross step

2. Lemparan

Setalah melakukan tahap awalan dengan baik, tahap selanjutnya adalah melakukan tahapa melempar lembing, ada beberapa tahap dalam melempar lembing yang harus diperhatikan seperti:

  • Posisi badan

Pada tahap awalan dan juga tahap lemparan harus memperhatikan posisi badan, dengan posisi badan yang tegak, serta kaki kiri yang harus lurus kedepan dan kaki kanan kebelakang lutut yang ditekuk serong.

Selain itu berat badan harus berada diantara kaki kanan, dan badan harus serong kebelakang.

Lembing yang sudah siap harus dipegang dengan tangan kanan yang lurus kebelakangdan ujung pada lembing harus berada disamping kemudian ekor lembing tersebut berada dibelakang nyaris dekat dengan tanah.

  • Langkah kaki

Selanjutnyalangkah kaki dalam proses melempar lembing sangat penting karena untuk menentukan kemampuan seseorang dalam berlari dengan cepat dan harus digaris lurus.

3. Akhiran

Tahap akhiran ialah gerakan dalam melepaskan lembing. Gerakan dalam pelepasan lembing sangat penting karena satu lemparan yang baik ialah bahu, lengan atas dan juga tangan harus bergerak secara berurutan.

Selain ketiga tahapan tersebut terdapat beberapa teknik dalam melakukan lempar lembing  yang harus diperhatikan yaitu:

  • Membawa lembing

Teknik dalam membawa lembing sangat penting untuk diketahui dan patut untuk dikuasai.

Namun dalam hal membawa lembing sebenarnya bisa dengan berbagai cara apapun, hanya dalam membawa lembing tidak boleh mengurangi kecepatan dalam berlari.

  • Berlari lempar lembing

Ketika berlari untuk melempar lembing harus diperhatikan, seperti ketika melangkah sambil berlari kebatas tolakan.

Hal ini sangat penting seklai karena memiliki tujuan untuk melatih kecepatan gerakan tubuh.

  • Melempar lembing

Ketika seseorang berlari untuk melempar lembing maka harus perhatikan arah lemparannya, jangan sampai focus menjadi terbelah dua sehingga arah lemparan tidak tepat.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis-jenis Gaya Renang

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test