Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Penemuan Batu Buaya di Mexico

Penemuan Batu Buaya di Mexico – Dunia memang selalu penuh dengan misteri. Dan terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat memecahkannya.

Seperti misalnya ketika ditemukannya Batu Buaya di Oaxaca, Meksiko, yang memecahkan misteri tentang kota kuno Lambityeco.

Penemuan batu buaya yang sangat terkenal ini seakan-akan menjadi kunci dari terungkapnya misteri tentang kota kuno Lambityeco.

Penggalian yang dilakukan pada tahun 1960 ini pun kemudian berhasil menemukan bukti baru bahwa kota kuno Lambityeco diperkirakan berakhir sekitar tahun 500 SM sampai dengan 850 SM.

Baca Juga : Hormon paling dibutuhkan saat membentuk tubuh

Penggalian yang dilakukan di Del Centro de Matamoros, Oaxaca, di Meksiko ini berhasil mengungkapkan bahwa peradaban manusia yang berada di Oaxaca ini berasal dari wilayah Lembah Tengah yang diketahui sudah ditinggali manusia sejak 11000 SM. Bukti ini diperkuat dengan telah ditemukannya penemuan lain di gua Guila Naquitz yang berada di dekat kota Malta.

Pada gua ini ditemukan sebuah peradaban masyarakat nomaden sejak tahun 5000 SM yang menjalani hidupnya dengan bertani.

Dan penemuan peradaban masyarakat nomaden pada gua Guila Naquitz ini ternyata juga ditemukan di Lembah Tengah yang diperkirakan berusia 2000 SM.

Temuan lain yang berhasil dipecahkan oleh tim adalah bahwa Lembah Tengah pertama kali dihuni oleh bangsa Zapotecs yang merupakan salah satu kekuatan besar pada masa itu yang kemudian mendirikan kota bernama Monte Alban.

Dari data yang ditemukan, Monte Alban pernah dihuni sampai dengan 25000 orang pada kisaran tahun 500 SM sampai dengan 750 SM.

Monte Alban berkembang dengan pesat setidaknya sampai pada akhirnya kekuasaan Mixtecs menyerbu mereka pada tahun 1325.

Batu buaya yang ditemukan diperkirakan merupakan batu terbesar yang ada di Lambityeco yang masih kental dengan konteks Prehispanic.

Hanya saja batu besar ini sempat mengalami beberapa kali pemindahan lokasi karena biasa digunakan untuk ritual keagamaan pada saat itu.

Dan itulah kenapa batu buaya ditemukan bersandar pada bangunan yang lebih baru dimana salah satu bagiannya tersembunyi dari pandangan.

Sebelum ditemukannya batu buaya, terjadi perselisihan bahwa Lambityeco berada pada zaman yang berbeda dengan Monte Alban.

Namun kini, dengan ditemukannya batu buaya, seakan- akan menerangkan bahwa Lambityeco dan Monte Alban adalah dua peradaban yang saling berhubungan.

Baca Juga : Fungsi dan Peranan Penting dari ideologi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme