Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Morfologi Tanaman Bengkoang

Morfologi Tanaman Bengkoang – Tanaman umbi – umbian atau Bengkoang / ‘Pacchyrrhizuz Erosus L. Urban Sin P. Bulbosus L. Kurz P. Angulatus Rich Ex D.C. Dolichus Erosus L.’ adalah salah satu tumbuhan umbi – umbian yang aslinya berasal dari Mexico dimana disana tanaman ini dikenal dengan nama ‘Jicama’. Dalam Bahasa Inggris tumbuhan ini disebut dengan istilah ‘Yam Bean’.

Selanjutnya disebarkan hingga ke kawasan Asia oleh orang – orang dari Spanyol dilanjutkan ke Filipina dan terakhir dari negara – negara Asia mampir ke Indonesia.

Termasuk ke dalam kelompok tanaman herba melilit, memanjang dan membelit condong pertumbuhan ke arah kiri. Mampu mencapai ketinggian pohon rata – rata 5 s/d 6 m.

Batang – batang tanaman ini pada umumnya berbulu. Mempunyai daun yang bersifat ‘trifoliate’ dengan kondisi letak daun saling bergantian dengan anak – anak daun berbentuk bulat telur.

Berbeda dengan daun yang terdapat pada tanaman lain, daun dan biji tanaman Bengkuang memiliki kandungan zat racun yang cukup besar.

Bunga yang baru muncul berwarna putih atau ungu kusam. Merupakan tipe buah polong berbentuk pipih dengan rata – rata panjang polong kisaran 8 s/d 14 Cm. Dalam polong mengandung biji berjumlah 4 s/d 12 buah berwarna cokelat dengan diameter sekitar 1 Cm.

Seperti halnya daun, biji dari tanaman Bengkoang bersifat beracun. Dimana akar tunggang di dalam tanah lama – kelamaan akan berkembang menjadi umbi – umbi berukuran besar.

Seperti diketahui bahwa umbi Bengkuang jenisnya bervariasi bergantung terhadap ‘kultivar’ yang mampu mencapai diameter antara 5 s/d 30 Cm sedangkan kulit umbi berwarna cokelat muda dengan daging berwarna putih. Rasa umbi Bengkoang segar – segar manis dan mengandung banyak air.

Nah umbi inilah yang dapat dijadikan sebagai buah meja atau bahan membuat salad dan rujak hingga skala besar bisa bermanfaat untuk bahan membuat kosmetik.

Baca Juga :

Demikian kami mengulas dengan singkat tentang morfologi tanaman Bengkoang, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test