Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Morfologi Tanaman Bayam

Morfologi Tanaman Bayam

Morfologi Akar Bayam

Akar dari tanaman berbagai jenis Tanaman Bayam secara garis besar adalah sama yaitu mempunyai sistem perakaran tungang dan serabut khusus pada bagian atasnya saja. Kemampuan untuk menembus tanah dari akar – akar tersebut adalah hingga mencapai 20 s/d 40 Cm lebih.

Morfologi Batang Bayam

Pada daerah – daerah liar seperti di hutan atau area persawahan, sangat mudah mengenali tanaman Bayam yang termasuk ke dalam kelompok tanaman perdu, yaitu tanaman yang memiliki sifat tumbuh adalah tegak dengan batang tebal dan berserat banyak.

Sebagian batang Bayam memiliki duri dan banyak mengandung air yang mampu tumbuh tinggi di atas permukaan tanah. Percabangan batang – batang Bayam adalah melebar dan akan tumbuh tunas – tunas baru bila rajin melakukan pemangkasan.

Moroflogi Daun Bayam

Daun Bayam berbentuk bulat telur, dimana pada bagian ujung daun berbentuk agak meruncing disertai dengan urat – urat daun tampak jelas.

Warna daun Bayam bervariasi yaitu mulai dari hijau muda, hijau tua, hijau keputih – putihan hingga hijau merah. Panjang daun rata – rata 1,5 s/d 6 Cm dengan lebar daun sekitar 0,5 Cm hingga 3,2 Cm. Tangkai daun memiliki bentuk panjang antara 0,5 s/d 9 Cm.

Morfologi Bunga Bayam

Bayam mempunyai bunga yang berkelamin tunggal tersusun dengan rapi dan bersifat majemuk dengan warna adalah hijau muda. Masing – masing bunga memiliki 5 mahkota dengan rata – rata ukuran panjang antara 1,5 s/d 2,5 mm. Bunga jantan berbulir sedangkan bunga betina berbentuk bulat dan memiliki ketiak batang.

Mahkota masing – masing bunga terdiri dari daun bunga berjumlah antara 3 s/d 5 buah. Benang sari terdiri antara 1 s/d 5 buah dengan bakal buah masing – masing berjumlah 2 s/d 3 buah, dimana kelancaran penyerbukan bunga dibantu oleh angin dan binatang yang hidup di sekitarnya.

Morfologi Buah Dan Biji Bayam

Bunga Bayam berbentuk lonjong dengan warna hijau muda memiliki panjang sekitar 1,5 mm. Biji – biji Bayam memiliki warna hitam mengkilat dengan ukuran panjang antara 0,8 s/d 1 mm. Bijinya berukuran kecil dan sangat halus berbentuk bulat. Beberapa jenis Bayam dikenal memiliki biji berwarna putih dan merah.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang morfologi tanaman Bayam, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca yang baik hati.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test