Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Modal Sosial adalah

Modal Sosial adalah – Modal sosial merupakan konsep yang berkaitan dengan jaringan sosial. Konsep ini dianggap sebagai sesuatu yang bisa menyelesaikan berbagai masalah di kehidupan masyarakat masa kini.

Modal sosial adalah bagian dari kepercayaan, norma-norma, atau jaringan yang memfasilitasi kerja sama atau koordinasi masyarakat yang harmonis dan kondusif.

Konsep ini diartikan sebagai kapabilitas masyarakat atau bagian dari masyarakat untuk melakukan suatu kerjasama.

Berikut adalah beberapa pengertian modal sosial menurut beberapa ahli:

  • Coleman (1999)

Modal sosial adalah kemampuan masyarakat untuk bekerjasama demi mencapai tujuan bersama kelompok dan organisasi.

  • Burt (1992)

Modal sosial adalah kemampuan masyarakat untuk berhubungan satu sama lain dan menjadi kekuatan penting dalam bidang ekonomi dan bidang eksistensi sosial lainnya.

  • Prusak L (Field, 2010:26)

Modal sosial adalah hubungan yang terjadi karena adanya kepercayaan, saling pengertian, dan nilai bersama yang mengikat anggota masyarakat untuk melakukan aksi bersama secara lebih efisien dan efektif.

  • Hasbullah (2006)

Modal sosial adalah sumber daya aktual atau tersirat yang berkembang pada individu atau kelompok karena adanya kemampuan untuk memiliki jaringan yang bisa bertahan lama dalam hubungan berdasarkan pengetahuan dan timbal balik.

  • Partha dan Ismail (2009)

Modal sosial adalah hubungan yang tercipta dan norma yang membangun kualitas serta kuantitas hubungan sosial dalam masyarakat sebagai perekat yang menjaga kesatuan sosial anggota kelompok secara bersama-sama.

Ada 3 buah komponen atau unsur inti dari modal sosial, yaitu kepercayaan (trust), nilai atau norma (norms), dan jaringan (networks):

1) Kepercayaan (Trust)

Kepercayaan merupakan keyakinan yang mengekspresikan iman terhadap cinta kasih orang lain atau prinsip abstrak. Kepercayaan memiliki fungsi untuk mengurangi bahaya yang berasal dari aktivitas tertentu.

2) Nilai atau norma (Norms)

Nilai adalah suatu gagasan mengenai sesuatu yang baik atau tidak. Sedangkan norma merupakan  seperangkat aturan yang berlaku dalam kehidupan sosial atau bersama yang mengandung sangsi moral maupun sangsi fisik.

Baca Juga :

3) Jaringan (Networks)

Jaringan adalah ikatan antar orang atau kelompok yang dihubungkan oleh adanya hubungan sosial dan diikat oleh kepercayaan.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test