Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Mengetahui Perbedaan Antara Tahap Anafase dengan Telofase

Mengetahui Perbedaan Antara Tahap Anafase dengan Telofase – Sel menjadi penyusun tubuh makhluk hidup yang terkecil dan saling bekerja sama untuk menunjang kebutuhan kinerja jaringan. Artinya sekumpulan sel yang saling bekerja sama kemudian akan membentuk sebuah jaringan.

Untitled

Kemudian berlanjut kepada sekumpulan jaringan yang saling melengkapi akan membentuk organ tubuh. Gabungan aktivitas antar organ di dalam tubuh akan membentuk sebuah sistem organ hingga mendukung makhluk hidup tumbuh dan bertahan hidup dengan sempurna.

Baca Juga : 4 Tahap Reaksi Biokimia dalam Tubuh Manusia

Mengenal pembelahan sel

Kehidupan suatu makhluk tidak terlepas dari aktivitas sel yang terjadi secara terus-menerus, dan hal ini terjadi jika sel tubuh aktif membelah. Pembelahan sel ini memiliki beberapa tujuan penting, diantaranya adalah sebagai proses reproduksi memperbanyak keturunan.

Kemudian juga bertujuan untuk penyembuhan atau pergantian sel yang telah rusak menjadi sel yang lebih sehat namun mewarisi sifat unggul sel sebelumnya. Pembelahan sel juga bertujuan untuk mendukung pertumbuhan pada individu itu sendiri.

Membahas mengenai pembelahan sel maka Kita akan mengenal jenis-jenis makhluk hidup berdasarkan jenis selnya. Adalah prokariota dan juga eukariota, prokariota memiliki inti sel yang tidak terbungkus oleh membran. Artinya proses pembelahan yang terjadi akan lebih sederhana dan tidak memerlukan banyak faktor pendukung.

Sementara pada sel eukariota akan memerlukan beberapa tahapan penting karena keberadaan genom yang lebih kompleks. Eukariota sendiri memiliki inti sel yang terbungkus oleh membran sel. Membran sel ini akan mencegah adanya penyebaran materi genetik.

Sel eukariota dapat dijumpai pada makhluk hidup seperti sel hewan, sel tumbuhan, sel fungi, dan juga pada sel protista. Adapun bagian-bagian dari sel dalam eukariota antara lain:

  1. Membran sel atau disebut juga sebagai membran plasma yang membungkus sel dan melindungi inti sel sekaligus materi genetik lainnya.
  2. Sitoplasma yang merupakan materi pengisi dan berada diantara inti sel dan membran plasma.
  3. Sitoskleton atau disebut juga sebagai rangka sebuah sel.
  4. Nukleus yang merupakan organel terbesar dan menjadi bagian penentu aktivitas sel itu sendiri.
  5. Ribosom merupakan bagian terkecil dan menjadi lokasi sintesis protein.

Bagian-bagian sel tersebut antara satu makhluk hidup dengan yang lainnya akan berbeda, seperti perbedaan bagian sel antara sel hewan dengan sel tumbuhan.

Tahapan pembelahan sel

Tahapan pembelahan sel untuk bisa mendukung kebutuhan aktivitas tubuh makhluk hidup terbagi menjadi empat. Yakni diawali dari profase, anafase, metafase, dan berakhir pada tahapan telofase yang membentuk inti sel baru. Dari keempat tahapan tersebut ada tahapan yang hampir mirip prosesnya namun sebenarnya berbeda.

Yakni antara anafase dengan telofase, persamaannya adalah adanya pergerakan kromatid menuju kutub yang berlawanan. Meskipun sama namun sejatinya berbeda, apa saja perbedaan tersebut? Berikut adalah penjelasan singkatnya:

  1. Tahap anafase

Tahapan ini ditandai dengan adanya pergerakan kromatid menuju ujung sel dan saling berlawanan. Kemudian terjadinya perubahan berupa saling berpisahnya kumpulan kromatid dan digerakkan oleh benang spindel. Tahapan ini akan berakhir ketika pergerakan benang spindel berhenti dan sudah tidak ada lagi perpindahan kromatid lainnya.

  1. Tahap telofase

Tahap telofase akan terjadi usai perpindahan kromatid berhenti, yakni proses anafase yang sudah berakhir. Kondisi sel menjadi normal kembali seperti sebelum terjadinya perpindahan kromatid, kemudian mulai terlihat inti sel bersamaan dengan nukleus. Perlahan terjadi proses pembelahan, yakni bagian sel yang terbagi menjadi dua. Inti sel yang muncul kemudian membentuk sel baru dengan kromatid yang membawa materi genetik serupa.

Baca Juga : Peran Penting Kromosom dalam Proses Pembelahan Sel

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test