Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Mengenal Fungsi Kromosom

Mengenal Fungsi Kromosom – Dalam tubuh Kita, terdapat berbagai komponen penting yang memiliki fungsi masing-masing. Salah satu bagian sel yang memiliki peran penting dalam kehidupan Kita yaitu kromosom yang merupakan materi genetik yang memiliki berbagai bahan atau komponen pembentuk suatu kehidupan. Untuk lebih jelasnya seperti apa yang dimaksud dengan kromosom dan fungsinya, simaklah pembahasan materi di bawah ini dengan seksama.

Untitled

Pengertian kromosom

Kromosom dapat dikatakan sebagai batang DNA atau Asam Deoksiribonukleat yang amat padat, merupakan materi genetic yang menyimpan berbagai bahan bangunan pembentuk kehidupan.

Dalam DNA terdapat berbagai macam informasi penting mengenai struktur hewan atau tumbuhan. DNA juga membentuk kelangsungan organisme dalam menjalani dan mengelola berbagai tugas dan aktivitas harian.

Keberadaan kromosom

Dalam sebuah organisme yang memiliki inti sel atau eukariota, kromosom terletak pada bagian nukleus. Mayoritas organisme tersebut memiliki satu buah set kromosom yang berpasangan. Di bagian struktur sel, masing-masing mempertahankan satu set kromosom secara lengkap yang dikenal dengan sebutan diploid.

Dalam sel yang bertugas dalam proses reproduksi seksual seperti sperma dan telur, masing-masing sel hanya mempunyai setengah materi dari jumlah genetic induk organisme yang disimpan dalam bentuk haploid. Dengan kata lain, masing-masing orang tua menyimpan setengah bagian gen dari keturunannya.

Fungsi kromosom

Kromosom memiliki fungsi sebagai media penyimpanan DNA. Secara berkala, kromosom membagi sel dan mereplikasikannya untuk membuat salinan DNA dari organisme baru yang dikandungnya. Keberadaan kromosom sangatlah penting dalam proses reproduksi seksual. Kromosom memungkinkan setiap pasangan organisme menyampaikan materi genetic yang dihasilkan pada keturunannya.

Masing-masing kromosom dibatasi oleh telomere di bagian ujungnya, yakni serangkaian perulangan DNA yang bertugas untuk melindungi dan menjaga kromosom dari kerusakan.

Terkadang, para ilmuwan menganggap bahwa telomere dapat memperoleh informasi mengenai suatu organisme karena tampak dan tampilannya seringkali berubah dari waktu ke waktu dan berhubungan dengan proses penuaan. Pada saat kromosom melakukan tugasnya dalam membuat salinan, telomere juga mampu memastikan bahwa seluruh materi genetic penting sudah berhasil disalin dengan maksimal.

Proses kerja kromosom

Ketika sel membelah, kromosom mengalami proses replikasi. Pada proses pembelahan sel normal secara mitosis, kromosom melakukan fungsinya dalam membuat salinan dari diri mereka masing-masing yang nantinya akan berpasangan satu sama lain. Pada akhir proses pembelahan sel tersebut, ada dua sel yang nantinya memiliki satu set kromosom diploid.

Ketika proses pembelahan sel untuk membuat materi proses reproduksi berjalan, ada juga yang disebut dengan proses meiosis. Pada proses ini, masing-masing divisi akan menghasilkan empat sel yang masing-masing memiliki satu set kromosom haploid. Sel-sel tersebut dikenal sebagai gamet yang nantinya akan dipertemukan dan memiliki kandungan materi genetic penting untuk menciptakan organisme yang baru.

Pada tubuh manusia, kromosom normalnya berjumlah 46 dan terbentuk dalam 23 pasang. Masing-masing pasang kromosom menyimpan informasi yang penting dan berbeda antara satu dengan lainnya. Dan setiap terjadi kerusakan pada salah satu kromosom, hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas proses reproduksi dan menyebabkan masalah yang serius bagi organisme induk.

Biasanya, kesalahan tersebut terjadi pada saat proses pembelahan sel berlangsung, tercipta gap dalam bagan genetic yang terkandung dalam kromosom. Pada beberapa kasus, jumlah kromosom yang abnormal sering muncul dan disebabkan oleh kondisi aneuploidi. Kondisi tersebut memungkinkan adanya resiko yang menyebabkan janin atau organisme dari hasil reproduksi mengalami cacat lahir.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test