Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Manfaat dan Khasiat Kentang

Manfaat dan Khasiat Kentang – Di beberapa negara di Amerika dan Eropa, kentang dijadikan makanan pokok karena kaya akan karbohidrat.

Selain menjadi makanan pokok, olahan kentang juga dapat dengan mudah dijumpai, mulai dari keripik hingga masakan dapur.

Tidak hanya itu, kentang pun diteliti dapat memancarkan arus listrik. Hal itu dibuktikan dengan menyalanya lampu yang telah disambungkan pada kentang.

Sebagai salah satu tanaman umbi-umbian, kentang memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat bermanfaat jika dikonsumsi. Berikut berbagai manfaat dan khasiat yang dimiliki kentang jika dikonsumsi.

  1. Berdiet sehat

Kentang mengandung kalori yang terbilang cukup kecil. Untuk 300 gram kentang yang direbus dengan kulitnya, memiliki kandungan 261 kal.

Tentu hal ini membuktikan bahwa kentang sangat cocok bagi seseorang yang sedang berdiet. Selain itu, kentang pun membuat perut merasa kenyang lebih lama dan dapat mengontrol nafsu makan sehingga dapat menurunkan berat badan lebih efisien lagi.

  1. Menurunkan tekanan darah

Menurut penelitian, kentang mengandung berbagai zat yang mampu menurunkan tekanan darah seperi kalium, magnesium, dan kalsium. Sehingga jika mengkonsumsi kentang akan menurunkan tekanan darah.

  1. Mencegah kanker

Di dalam kentang terdapat vitamin B6 yang berfungsi untuk membentuk sel dalam tubuh, selain itu vitamin ini juga ternyata mampu melawan pembentukan tumor pemicu kanker.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa dnegan mengkonsumsi kentang, Anda dapat mencegah penyakir kanker prostat (bagi laki-laki) dan kanker rahim (bagi perempuan)

  1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Kentang mengandung flavonoid yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah pemicu penyakit kardiovaskular.

  1. Mengoptimalkan fungsi otak

Selain untuk mencegah kanker, kandungan vitamin B6 dalam kentang pun mampu mengoptimalkan fungsi otak dan saraf, seperti membuat otak bekerja lebih cepat ketika berpikir dan juga berkonsentrasi.

  1. Merawat kecantikan

Kentang memiliki berbagai kandungan dan gizi seperti vitamin C, B complex, magnesium, zinc, fosfor, dan kalium yang dapat mengobati masalah kulit dan membuat lebih sehat.

Mulai mengobati jerawat hingga menghilangkan bengkak di sekitar mata, bisa diatasi dengan mengkonsumsi kentang.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Berbagai kandungan mineral dan kalsium dalam kentang juga mampu membuat tulang Anda lebih sehat dan kuat.

Melihat banyaknya khasiat yang dimiliki kentang, ada baiknya jika bisa mengkonsumsi kentang dengan rutin.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Daun Kelor

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme